Skip to toolbar

Home » Pendidikan » Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa saja manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari? Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang angka atau perhitungan. Matematika tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali hal-hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan erat dengan matematika.

Mengapa Harus Belajar Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari?

Mungkin, sebagian dari Anda pernah bertanya atau sekedar terlintas di pikiran mengapa Anda harus mempelajari kerumitan dari matematika ini. Anda mungkin baru secara resmi diperkenalkan dengan matematika di sekolah atau tempat belajar, yang mana sebagian besar pelajaran matematika hanya bersifat teoritis tanpa penerapan yang pasti.

Manfaat Matematika

Nantinya di sepanjang hidup Anda, pasti Anda akan menyadari bahwa matematika akan ada bersama dalam kehidupan Anda dari Anda lahir hingga Anda tua. Hal ini dikarenakan matematika memiliki arti penting dalam segala hal, mulai dari hal kecil hingga hal besar.

Manfaat Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

Tidak peduli Anda akan bekerja di bidang apa, matematika akan selalu ada dalam kehidupan Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Melatih Kesabaran

Dengan mengerjakan soal matematika yang rumit dan panjang, kesabaran Anda akan terlatih dan Anda tidak akan mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan.

Membantu Berpikir Rasional dan Logis

Terbiasa mengerjakan matematika, otak Anda akan mengimbangi dengan pikiran yang rasional dan juga logis.

Melatih Menjadi Manusia yang Lebih Cermat, Teliti dan Tidak Ceroboh

Menerapkan matematika dalam kegiatan sehari-hari, akan membuat Anda menjadi manusia yang lebih cermat dalam hal apapun dan terhindar dari sikap ceroboh.

Membantu Mengatur Keuangan Sehari-hari dan Jangka Panjang

Apabila Anda sudah mengetahui bagaimana cara menghitung yang benar, maka Anda akan dengan mudah menentukan pemasukan dan pengeluaran dalam keuangan Anda.

Membantu Memulai Bisnis

Pemahaman matematika yang tinggi, dapat membuat Anda mengatur untung dan rugi dalam bisnis yang Anda bangun.

Membantu Memecahkan Permasalahan

Masalah yang rumit sekalipun, bila diselesaikan dengan perhitungan yang tepat pasti akan menemukan jalan keluar dengan mudah.

Membantu dalam Perdagangan

Sudah bukan rahasia umum bila perdagangan sangat memerlukan ilmu matematika. Tanpa pemahaman dalam matematika, Anda tidak akan dapat menentukan untung dan rugi dengan tepat.

Manfaat Penerapan Matematika dalam Keilmuan atau Pekerjaan

Matematika diterapkan dalam berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Terutama di dalam bidang keilmuan tertentu. Matematika dalam kehidupan sehari-hari  tersebut antara lain sebagai berikut.

Dalam Bidang Olahraga

Olahraga amatir maupun olahraga elit, penggunaan matematika akan membuat perbedaan dalam berbagai hal. Khususnya dalam peningkatan kinerja. Ketika teknologi baru mengembangkan alat analisis kinerja, para atlet memfokuskan pelatihan untuk kemajuan.

Dalam olahraga, data yang dianalisis secara langsung adalah :

–          Denyut Jantung Atlet

–          Besar Kekuatan Otot Atlet

–          Kecepatan Atlet

–          Tingkat Kelelahan Atlet

Analisis membantu atlet untuk menghindari cedera, mengoptimalkan pemulihan dari cedera, meningkatkan teknik, membantu atlet mencapai performa optimal sesuai yang ditentukan.

Dalam Bidang Aljabar Bagi Siswa

Penerapan aljabar bagi para siswa adalah sebagai tambahan nilai untuk kelulusan. Selain itu, bagi siswa dapat digunakan untuk mengatur uang saku yang diberikan oleh  orang tua tiap minggu.

Dalam Bidang Aljabar bagi Ibu Rumah Tangga

Penerapan aljabar bagi Ibu Rumah Tangga adalah untuk mengatur segala pemasukan uang dalam rumah tangga, seperti uang gaji, uang saku, uang sekolah, uang listrik, uang belanja, dan lain-lain.

Dalam Bidang Aljabar bagi Pedagang

Penerapan aljabar dapat membantu pedagang dalam menghitung besar kecil dari keuntungan atau kerugian yang sudah diperoleh dalam transaksi. Sehingga, para pedagang dapat menentukan besar kecil dari modal yang dibutuhkan.

Jadi, menjadi mahir dalam bidang matematika dapat membantu Anda dalam mengatur pendapatan dan pengeluaran yang akan diperoleh. Dengan menguasai bidang matematika, Anda sama saja dengan mempersiapkan diri untuk mengatasi kesulitan di masa depan.

Jangan sungkan atau ragu untuk bertanya mengenai matematika kepada siapapun. Jika Anda masih mengalami kebingungan dalam memahami matematika, Anda bisa mencari bantuan dengan mengikuti bimbingan belajar tertentu.

Misalnya saja Edutore by Gramedia. Lembaga yang terpercaya akan membantu Anda dalam mengatasi kesulitan yang Anda alami. Di lembaga ini Anda tidak hanya akan memperoleh materi dasar matematika, tetapi juga Soal SBMPTN Matematika Dasar dan Soal SBMPTN Matematika IPA, soal biologi kelas 10, dan soal biologi kelas 11. Karena itu hal ini akan sangat berguna bagi Anda di masa depan nanti.