Skip to toolbar

Home » Bisnis » Bisnis Jasa Percetakan dengan Untung Maksimal

Bisnis Jasa Percetakan dengan Untung Maksimal

Peluang untuk jadi pebisnis sukses bisa dilakukan dari jenis bisnis apapun. Salah satunya adalah bisnis jasa percetakan. Walaupun mungkin bagi sebagian orang melihat percetakan adalah sebuah usaha yang rumit, namun bisnis ini cukup prospek dengan laba yang cukup tinggi.

Apa Itu Jasa Percetakan?

Secara umum yang dimaksud dengan jasa percetakan adalah suatu proses atau kegiatan industri yang memiliki kegiatan utama memproduksi tulisan dan gambar secara massal. Cara kerjanya menggunakan kertas dan tinta yang dicetak pada sebuah mesin cetak.

Peluang Bisnis Jasa Percetakan

Kebutuhan masyarakat akan percetakan memang menunjukkan peningkatan. Hal ini terlihat dari mulai banyaknya jasa percetakan baru di beberapa wilayah. Jenisnya juga cukup beragam, mulai dari offset, sablon, percetakan besar, digital printing, bisnis jasa cetak foto, hingga home printing.

Dari jenis – jenis percetakan diatas, pekerjaan dalam jasa percetakan yang paling umum adalah cetak undangan, cetak buku, cetak sablon kaos, cetak brosur, termasuk juga cetak desain poster.

jasa percetakan

Langkah-Langkah yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha

Setidaknya ada lima langkah yang telah dirangkum dalam artikel ini dalam memulai bisnis, apa sajakah langkah – langkah tersebut. Simak informasinya berikut ini:

1. Membuat Rencana Bisnis

Sebelum memulai usaha, wajib bagi Anda untuk membuat bisnis plan jasa percetakan. Lakukan survey atau analisa semua hal yang berkaitan dengan bisnis percetakan. Contohnya adalah bahan baku, modal, produk, kelebihan, dan kelemahan usaha.

2. Lakukan Rincian Modal

Modal merupakan faktor utama sebuah usaha. Anda harus benar-benar menghitung secara rinci apa saja yang dibutuhkan untuk usaha tersebut. Misalnya harga mesin cetak, komputer, bahan baku, dan lainnya.

3. Pahami Proses Produksi

Menjadi seorang pebisnis di dunia percetakan, berarti Anda harus paham tentang proses cetak. Carilah materi atau teman yang bisa menjelaskan tentang dasar-dasar produksi percetakan. Selain itu, penting juga untuk mengikuti perkembangan peralatan cetak terbaru.

4. Lokasi

Pemilihan lokasi harus tepat. Artinya jangan membuka usaha percetakan di tempat yang sepi atau jauh dari aktivitas masyarakat. Lokasi yang ideal adalah di kawasan perkantoran atau bisnis, bisa juga di dekat sekolah atau universitas. Lokasi yang strategis juga memudahkan pemasaran produk.

5. Lakukan Analisis

Tujuan dari analisis ini adalah untuk lebih memahami bisnis yang akan dijalankan. Pada awal usaha jangan sering menolak pelanggan agar bisa melihat pola konsumen. Berikan pelayanan terbaik dan catat semua kegiatan yang dilakukan sebagai evaluasi dan analisis.

Tips Membangun Bisnis Jasa Percetakan

  • Cari informasi selengkap mungkin, termasuk modal usaha.
  • Pada tahap awal, pesaing adalah kawan.
  • Pahami proses percetakan.
  • Buatlah perencanaan bisnis.
  • Promosikan jasa percetakan.
  • Jangan menolak order.
  • Pertahankan kualitas.
  • Pantang menyerah dan jangan putus asa.

Sebuah usaha jika memiliki strategi bisnis jasa percetakan yang benar, maka akan memberikan keuntungan yang maksimal. Yang perlu Anda ingat adalah pada awal usaha harus melakukan perencanaan dengan matang. Pahami lingkungan dan sekitar usaha, sambil menganalisa pasar.

Demikianlah informasi tentang bisnis jasa dibidang percetakan, bagi kamu yang membutuhkan informasi ini semoga bisa jadi referensi yang baik. Simak lebih banyak artikel tentang bisnis pada postingan lainnya.