Skip to toolbar

Home » Gaya Hidup » Contoh Pekerjaan Sampingan Karyawan

Contoh Pekerjaan Sampingan Karyawan

Banyak karyawan yang memiliki usaha sampingan selain dari pekerjaan utamanya. Alasan kebutuhan yang banyak menjadi pemicu banyaknya karyawan yang memulai usaha sampingannya, untuk membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bahkan jika usaha sampingan yang dirintis tersebut sukses, bisa jadi jumlah penghasilan dari usaha sampingan tersebut lebih dari gaji yang didapat sebagai karyawan.

Namun tak sedikit karyawan yang beranggapan untuk membuka usaha sampingan dibutuhkan modal yang besar. Faktanya tak semua usaha sampingan membutuhkan modal yang besar, ada banyak usaha yang hanya membutuhkan modal kecil, namun dapat menghasilkan omset yang besar jika dikelola dengan baik. Berikut beberapa pekerjaan sampingan karyawan yang dapat kamu jadikan ide peluang usaha.

bekerja

Jualan pulsa elektrik dan kuota internet

Pekerjaan sampingan yang satu ini tentunya menjanjikan, mengingat di masa sekarang ini hampir semua orang memiliki ponsel. Bahkan dalam satu rumah, hampir semua penghuninya memilikinya. Memiliki hp tentu membutuhkan pulsa, hal inilah yang membuat bisnis ini banyak dilirik oleh para pengusaha, termasuk karyawan yang ingin memiliki pekerjaan sampingan. Selain itu, banyaknya masyarakat yang saat ini beralih menggunakan android, menjadikan kuota internet sebagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Bila modal yang kamu miliki tidak cukup besar, maka kamu cukup menggunakan satu hp untuk proses transfer ke nomor-nomor pelanggan. Pulsa elektrik memudahkan penjualnya, karena tidak memiliki bentuk fisik. Sehingga dimanapun kamu berada, kamu dapat bertransaksi langsung dengan para pembeli.

Membuka jasa laundry

Di zaman yang serba praktis ini, apapun bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Salah satunya adalah membuka jasa laundry. Banyaknya masyarakat yang memiliki waktu yang terbatas dalam menyelesaikan pekerjaan rumahnya, salah satunya mencuci baju dan menyetrika, sehingga lebih memilih cara yang praktis dengan mempercayakan pakaiannya ke pihak laundry.

Tak hanya karyawan, mahasiswa, pelajar, bahkan para ibu rumah tangga pun saat ini banyak yang lebih memilih laundry untuk mengurus pekerjaan rumah tangga yang satu ini. Sehingga usaha laundry menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan yang perlu kamu coba. Modal yang kamu butuhkan pun tidak terlalu besar, ketika nanti usaha sudah mulai berjalan dengan baik, kamu dapat menambah modal untuk memperbesar usahamu.

Baca juga : cara daftar gojek

Membuka toko online

Di zaman yang serba instan dan canggih ini, orang lebih memilih melakukan transaksi jual beli secara online, karena mudah dan praktis. Berjualan secara online adalah salah satu pekerjaan sampingan yang dapat kamu pilih. Kamu dapat membuka toko online di market place, berjualan di website sendiri, atau media sosial. Apabila kamu tidak memiliki modal yang banyak, kamu juga dapat memilih menjadi reseller dari distributor-distributor produk yang akan kamu pasarkan.

Selain beberapa pekerjaan sampingan diatas, masih banyak pekerjaan sampingan yang dapat kamu pilih untuk menambah pundi-pundi rupiah di tabunganmu. Seperti berjualan aneka kue dan aneka kuliner jalanan, berjualan aneka makanan untuk sarapan, menjadi jasa penerjemah bagi kamu yang menguasai banyak bahasa asing, membuka steam motor, menjadi makelar properti, menjadi blogger, youtuber, atau influencer, membuka jasa desain grafis, dan masih banyak lagi.