Skip to toolbar

Home » Internet » Fitur Google Drive yang Wajib Anda Ketahui

Fitur Google Drive yang Wajib Anda Ketahui

Layanan Google Drive merupakan layanan penting bagi pekerja profesional untuk dapat menyimpan pekerjaan kantornya. Cukup dengan device dan koneksi internet anda tidak perlu kembali lagi ke kantor jika tiba-tiba ingin mengakses file yang ada disana. Google drive mempunyai fitur yang berfungsi sebagai media penyimpanan data online anda, berikut beberapa fitur google drive yang dapat dimanfaatkan penggunanya:

1. Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Untuk layanan free license, anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB, namun apabila anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar, anda bisa mengupgrade ke layanan premium, anda akan mendapatkan kapasitas 30gb sampai tidak terbatas.

2. Terintegrasi dengan Produk Lain

pada google drive ada fitur yang sangat penting yaitu fitur integrasi, karena fitur ini dapat terintegrasi bersama macam-macam produk google lainnya seperti google sheet, google doc, ataupun google slide. tanpa harus mendownload filenya anda dapat mengedit kembali file dengan fitur ini, walaupun filenya sudah anda simpan.

3. Sharing & Privasi Hak Akses

fitur menarik lainnya dari google drive adalah kemudahannya dalam berbagi file. pada fitur sharing anda hanya perlu memasukan email partner anda pada form sharing, maka file sudah bisa didapatkan oleh partner anda. Selain fitur tersebut dengan google drive anda juga bisa membagi hak akses bagi partner anda berupa edit file bersama partner anda atau partner anda hanya bisa melihat file anda saja.

4. Revision History

pada fitur google drive yang ini berfungsi untuk dapat melihat history pengeditan file, fitur ini juga dapat merestore file sesuai dengan tanggal waktu dimodifikasi.

5. Mengkonversi dari Pdf ke Text

fitur ini jarang digunakan oleh pengguna google drive, mungkin karena mereka tidak mengetahui adanya fitur ini pada google drive. fitur ini dapat digunakan dengan cara membuka file pdf pada google drive, kemudian untuk mengkonversinya anda tinggal melakukan download as microsoft word.

 

Layanan Google drive merupakan bagian dari paket Google Workspace yang ditawarkan Google, dengan menggunakan layanan google workspace anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 30gb. Jika anda tertarik menggunakan layanan google workspace anda bisa mencari info seperti di perusahaan Eikon Technology selaku partner resmi Google Workspace Indonesia.