Skip to toolbar

Home » Internet » Jenis Kayu Untuk Aquascape

Jenis Kayu Untuk Aquascape

Aquascape sendiri merupakan salah satu kerajinan untuk mengatur tanaman, bebatuan, kayu yang ada di air dan juga aquarium. Tentunya untuk membuatnya supaya bagus dan nyaman dipandang harus dilakukan oleh orang yang profesional sehingga menghasil tampilan yang berkualitas.

Tetapi jika kamu tidak terlalu mahir untuk melakukan kerajinan tersebut kamu bisa untuk membeli, akan tetapi kamu perlu mengeluarkan uang yang cukup lumayan besar karena biasanya untuk satu set aquarium dan juga tanaman di dalamnya dihargai antara 1-2 jutaan tergantung besar ukurannya.

Tentunya dalam membuat aquascape kamu memerlukan kayu yang cocok untuk dipakai supaya hasilnya lebih bagus dan cocok, nah Jenis kayu yang bisa kamu pakai untuk membuat aquascape sendiri ada banyak jenisnya.

Nah jika kamu ingin mengetahui kayu yang cocok untuk membuat aquascape kamu datang ke artikel yang tepat, karena disini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis kayu yang biasa digunakan untuk aquascape.

Nah apa saja sih jenis kayu yang cocok kita gunakan untuk membuat aquascape? Yuk langsung saja simak penjelasan singkat saya di bawah ini. Informasi yang kami buat ini tentunya telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan terupdate sehingga menghasilkan informasi berkualitas juga.

Jenis Kayu Untuk Aquascape

  1. Kayu bakau

kayu bakau

Pertama jenis kayu yang bisa kamu gunakan adalah kayu bakau, kayu bakau sendiri bisa kamu dapatkan di bibir pantai ataupun hutan bakau, jika kamu malas untuk mencarinya kamu bisa membeli dengan harga kisaran sekitar Rp. 50.000 sampai ratusan ribu.

Kelebihan dari kayu bakau sendiri adalah memiliki tekstur yang halus, dan mempunyai sedikit cabang, selain itu kayu bakau juga memiliki runcing di ujungnya.

Namun kayu bakau sendiri memiliki kekurangan yaitu dapat merubah warna air menjadi cepat kuning karena memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi.

      2. Kayu rasamala

pohon rasamala

Siapa sih yang tidak mengenal kayu rasamala ini, pohon rasamala ini sangatlah populer di kalangan para pengrajin aquascape karena memiliki kelebihan yang cukup banyak. Antara lain kelebihannya yaitu memiliki harga yang relatif murah, kuat tahan di air dalam waktu lama.

Selain itu juga memiliki warna kemerah merahan yang cukup diminati konsumen. Sehingga kayu jenis ini sangat cocok kamu gunakan untuk menghias aquarium milikmu.

      3. Kayu Santigi

santigi

Yang terakhir adalah kayu santigi, kayu ini sendiri merupakan kayu sejenis bonsai akan tetapi lebih unik dan lucu sehingga banyak pengrajin aquascape menggunakannya.

Untuk kayu ini sendiri dapat kita jumpai di beberapa Negara yang ada di asia tenggara, seperti Filiphina, Indonesia, Malaysia dan lainnya.

Untuk harganya kayu santigi dibanderol sekitar Rp.90000 sampai ratusan ribu tergantung kualitasnya dan ukurannya.