Home » Rumah » Kesalahan dalam Membasmi Hama

Kesalahan dalam Membasmi Hama

Hama adalah hewan yang sangat mengganggu. Maka sebelum hewan tersebut hadir di rumah Anda, sebaiknya Anda lebih menjaga lingkungan tempat tinggal Anda. Karena hama seperti tikus, kecoa sangat menyukai tempat yang kotor dan tidak terawat. Bila hewan tersebut sudah terlanjur hadir di rumah Anda, langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan bahan-bahan alami pada saat membasmi hama tersebut. Bahan alami tersebut memang tidak dapat membasmi hama secara tuntas. Jika Anda membasmi hama tikus dengan menggunakan racun misalnya, terkadang tidak dapat membasmi tikus hingga tuntas. Berikut beberapa kesalahan dalam membasmi hama.

  • Menggunakan alat dan metode yang tidak tepat

Dengan ilmu dan keahlian yang tidak mumpuni yang kita miliki karena kita tidak memiliki keahlian dalam membasmi hama, terkadang kita salah dalam menggunakan racun. Racun yang digunakan tidak sesuai dengan hama yang ingin dibasmi. Metode pembasmian yang tidak tepat juga hanya dapat mengurangi jumlah populasi hama tanpa membasmi hama sampai tuntas.

  • Resiko yang muncul

Bila Anda mengendalikan hama dengan cara Anda sendiri, sebaiknya Anda berhati-hati karena Anda berisiko menyakiti diri sendiri atau lingkungan dengan bahan kimia atau peralatan yang seadanya.  Ada jenis hama yang hanya dibasmi dengan bubuk racun. Penggunaan bubuk racun bila digunakan secara tidak tepat baik secara takaran maupun teknik penggunaan, dapat membahayakan kesehatan seperti potensi keracunan pada makanan dan minuman, atau risiko keselamatan kerja terutama bila menggunakan bubuk racun di area sensitif seperti di dapur dan area istirahat.

Sebaiknya sebelum munculnya hama dan anda gunakan jasa anti rayap / jasa pembasmi hama lainnya, lebih baik Anda melakukan pencegahan dengan cara lebih sering membersihkan rumah untuk menghindari datangnya kecoa. Lebih sering membakar atau membuang sampah untuk menutup perkembang biakan llat dan nyamuk. Memperbaiki pipa bocor atau yang sudah mulai rusak untuk mencegah jalan masuk hama ke dalam rumah. Seperti kata pepatah,mencegah datangnya hama lebih mudah daripada membasmi hama ketika sudah bersarang di rumah Anda. Belum lagi kesalahan dan resiko yang timbul ketika Anda membasmi hama dengan cara Anda sendiri.

 

Skip to toolbar