Skip to toolbar

Home » Pendidikan » Konsep Dari Positive Parenting

Konsep Dari Positive Parenting

Kata parenting mungkin sudah sering kita dengar dan bahkan kita sudah tahu makna dari kata tersebut. Namun, pernahkah kalian mendengar kata positive parenting atau ada juga yang menyebutnya disiplin parenting? Bagi yang belum tahu pada kesempatan kali ini akan membahas hal tersebut lebih dalam lagi. Sebagai orang tua yang baik tentu saja harus mengetahui parenting yang tepat untuk anak kita. kita tidak mau bukan, jika kita nantinya terjadi salah asuhan dan menjadi orang tua yang gagal untuk anak kita. Sebagai orang tua tentu saja kita menginginkan yang terbaik untuk anak kita dan melakukan apa saja untuk kebahagian anak kita.

Apa Itu Positive Parenting?

Konsep dasar dari positive parenting yaitu pengasuhan dengan menerapkan sikap yang positive serta disiplin yang didasarkan pada kasih sayang. Metode parenting ini memiliki prinsip yaitu kita lebih menghargai anak dalam setiap proses pengasuhan yang kita lakukan dengan tujuan menjadikan anak lebih bertanggung jawab dan mandiri akan kegiatan mereka. 

Mungkin awalnya kita akan ragu untuk memilih metode ini karena bisanya orang tua akan lebih memberikan hukuman ketika anak melakukan kesalahan. Namun, dengan metode ini tidak ada hal tersebut karena semua harus berdasarkan sikap yang positif. 

Ketika kita masih kecil dan melakukan kesalahan misalnya memecahkan guci kaca maka orang tua akan otomatis dan memberikan kita hukuman. Namun, tindakan tersebut apakah sudah tepat? Dengan melakukan demikian maka anak cenderung menjadi anak yang takut dengan orang tua sedangkan kita juga harus menjadi teman bagi anak kita. karena itulah muncul adanya positive parenting, yang mana daripada memarahi dan menghukum akan lebih baik jika memberikan pengertian dengan menyuruh dia meminta maaf serta bertanggung jawab dengan mengajaknya patungan untuk membeli guci itu. 

Sebagai orang tua kita jangan menjadi orang tua yang otoriter, sebaiknya kita menjadi seorang teman bagi anak kita. Hal inilah yang menjadi penting sehingga anak akan menjadi lebih terbuka dengan kita namun juga menghargai kita sebagai orang tua. 

Demikian, uraian mengenai positive parenting yang harus kalian tahu dan kalian pahami sebagai orang tua. Pilihlah metode yang terbaik untuk anak kalian dan dengan memberikan sikap yang baik maka anak akan mencontoh apa yang kita lakukan. Kita pasti ingin yang terbaik untuk anak kita dan dimulai dengan memberikan asuhan terbaik sejak dini. Maka dari itu, di situs bondanita.com ada berbagai macam artikel yang berkualitas untuk meningkatkan pola hidup anak menjadi lebih baik.