Skip to toolbar

Home » Pendidikan » Mensegerakan Bersedekah Karena Kita Tidak Tahu Nantinya

Mensegerakan Bersedekah Karena Kita Tidak Tahu Nantinya

Kali ini kami sampaikan buat para pembaca yang kami banggakan. Tema pada halaman ini adalah tentang; Mensegerakan Bersedekah. Baca sampai selesai materinya di bawah ini.

Mensegerakan Bersedekah karena kita tidak tahu nantinya

Jika ada kesempatan seyogyanya segeralah lakukan untuk bersedekah. Bersedekah tidak harus berupa uang saja. Sedekah bisa juga dengan bentuk selain uang. Jadi perkataan baik pun bisa menjadi sedekah.

Mensegerakan Bersedekah

Pengertian Mempersegerakan sedekah juga mengandung arti perbuatan yang sangat baik. Sedekah ialah kebaikan yang harus disegerakan. Tidak sedikit keterangan yang menrengkan tentang bersedekah yang bisa dijadikan landasan oleh kita sebagai ummat muslim. Oleh karenanya jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan. bersegeralah berbuat baik yakni bersedekah pada saat kita lagi ada rezeki. 

Seperti halnya pernah disaksikan oleh sebagian para sahabat, pada saat Rasulullah telah menunaikan sholat asar di Madinah, beliau terburu-buru menuju rumahnya karena ada sesuatu yang menjadi ganjalan bagi hati beliau.

Dalam Keterangan lain

Di antara keterangan tentang mepersegerakan bersedekah itu ialah seperti dalam hadits riwayat Bukhori yang artinya kurang lebih: Aku telah meninggalkan sesuatu di rumah yang mana aku tidak suka jika sesuatu itu sampai terjadi menginap di rumahku dan tentunya aku ingin segera mensedekahkannya.

Bersegera untuk bermacam amal baik

Mempercepat dalam setiap amal kebaikan ini sangat bernilai di hadapan Allah dan rasul-Nya seperti halnya dalam kandungan hadits yang artinya sebagai berikut: Dari Abu Hurairah r.a. bahawasanya Rasulullah ﷺ bersabda: “Percepatlah kalian untuk berbuat amal baik sebelum datangnya beragm fitnah yang diibaratkan seperti potongan dari malam yang gelap”. Boleh jadi pada pagi hari seseorang itu mukmin ternyata sore harinya ia telah menjadi seorang yang menutup diri (yakni kafir). Dia orang menjual agamanya dengan harta keduniaan”. (HR. Muslim).

Dengan demikian kita tidak bisa mendeteksi apa yang akan terjadi sore hari meskipun pada pagi harinya kita telah memperkirakannya. Inilah  ringkasan materi tentang; Mensegerakan Bersedekah karena kita tidak tahu nantinya – Semoga bermanfaat bagi pembaca wallahu a’lam. 

Sumber: https://www.fiqih.co.id/