Home » Teknologi » Pecinta Fotografi Wajib Tahu Perbedaan Antara Kamera Mirrorless dan DSLR Berikut Ini

Pecinta Fotografi Wajib Tahu Perbedaan Antara Kamera Mirrorless dan DSLR Berikut Ini

Saat memulai mendalami bidang fotografi, entah itu sebagai hobi atau pun profesional, tentu akan menemukan beberapa hal, seperti jenis kamera yang umum digunakan. Seperti kamera DSLR dan Mirrorless. Tapi, tahukah kamu apa sih sebenarnya perbedaan dari kamera Mirrorless dan DSLR? Jika belum, maka simak artikel di bawah ini.

Dahulu, jika kita bertanya pada seseorang yang telah lebih dahulu mendalami bidang ini tentang rekomendasi kamera terbaik untuk digunakan, maka mayoritas dari mereka akan langsung menjawab untuk menggunakan kamera DSLR. Namun, akhir-akhir ini, jawaban kamera Mirrorless juga mulai banyak bermunculan.

Tentu saja, kedua kamera ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang menarik untuk kita ketahui. Berikut perbedaannya yang telah kami ringkas.

1. Berdasarkan Berat Kamera

Perbandingan Kamera DSLR dan Mirrorless

Jika dilihat dari beratnya kamera, DSLR cenderung lebih berat dengan ukuran yang lebih besar juga. Sementara umumnya Mirrorless memiliki ukuran yang kecil, serta ringan. Jelas kamera Mirrorless akan lebih nyaman dibawa karena ringan. Ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu dalam memilih kamera.

Namun, tentu saja dalam dunia fotografi, kita tidak hanya memotret menggunakan bodi kamera saja, melainkan juga menggunakan lensa. Dengan bodi kecil, akan sedikit membingungkan jika harus menggunakan kamera mirrorless dengan lensa berukuran besar dan akan lebih nyaman bila menggunakan DSLR.

Akan tetapi, tidak kamera Mirrorless juga memiliki bodi kecil. Pada kelas high end, beberapa kamera Mirrorless juga memiliki ukuran bodi bongsor seperti layaknya DSLR. Hmm, jadi bingung kan harus pilih yang mana?

2. Kualitas Gambar yang Dihasilkan

Tentu ini adalah salah satu faktor yang paling jadi pertimbangan. Dari dua jenis kamera ini, keduanya sama-sama telah mendukung sensor kamera terbaik saat ini, yaitu full frame dan APS-C. Hanya saja, untuk beberapa seri kamera Mirrorless, masih ada yang menggunakan jenis sensor micro berukuran 4/3. Jadi, pastikan kamu jeli ya dalam pemilihan.

Selain itu, kedua jenis kamera ini juga telah mendukung untuk menghasilkan foto berformat RAW atau foto mentah. Sehingga tentu ini akan memudahkan apabila kamu mengimport foto tersebut ke dalam aplikasi edit foto pc untuk disesuaikan kembali agar lebih maksimal dan sesuai selera kamu.

3. Jenis Pilihan Lensa

Bagi yang mendalami fotografi secara profesional, tentu menggunakan jenis lensa adalah sesuatu yang akan terbiasa dilakukan, karena setiap momen akan membutuhkan jenis lensa berbeda. Untuk parameter satu ini, kamera DSLR akan lebih direkomendasikan.

Saat ini kamera DSLR memiliki dukungan jenis lensa yang jauh lebih banyak, baik untuk focal length, maupun diafragma dari lensa. Dibandingkan dengan DSLR, kamera MIrrorless saat ini masih mendukung beberapa lensa tertentu saja, dan masih bertambah seiring waktu.

Namun, kelebihan dari kamera Mirrorless adalah kamu bisa menggunakan lensa DSLR, tetapi harus ditambah dengan adanya adapter khusus. Sebaliknya, kamera DSLR tidak bisa menggunakan lensa dari kamera Mirrorless.

4. Daya Tahan Baterai

Disini kita akan mengkomparasi ketahanan dari baterai untuk penggunaan memotret untuk satu kali charge baterai. Untuk kamera DSLR, kamu bisa memungkinkan untuk memotret dalam range 600 hingga 800 foto. Bahkan untuk beberapa seri tertentu, ada yang bisa mencapai hingga 1000 foto.

Dibandingkan dengan DSLR, kamera Mirrorless memiliki ketahanan baterai dibawah lawannya, yaitu hanya mampu mengambil foto dengan rata-rata 300 hingga 400 foto. Jadi, untuk poin ini DSLR jauh lebih unggul.

Dari empat poin perbandingan di atas, semoga dapat membantu kamu yang ingin memilih dari dua jenis kamera tersebut atau sekedar menambah pengetahuan. Oh iya, dari segi harga, umumnya DSLR memiliki harga dibawah dari kamera Mirrorless. Jadi, kamu juga bisa menyesuaikan budget ya.

Sumber: https://teknolagi.id/

 

Skip to toolbar