Skip to toolbar

Home » Pendidikan » Pengertian Inovasi, Ciri & Tujuannya

Pengertian Inovasi, Ciri & Tujuannya

Jika kita mendengar istilah inovasi tentu sudah tidak asing lagi yah.. Inovasi dan inovatif itu pada hakikatnya memiliki arti yang sama, hanya saja jika inovatif itu menyifati kata dari inovasi tersebut.

Nah lalu apasih yang dimaksud dengan inovasi itu??? langsung saja kita bahas di penjelasan berikut ini:

Pengertian Inovasi, Ciri & Tujuannya

Berikut ini penjelasan mengenai inovasi, ciri dan juga tujuannya:

Pengertian Inovasi

Inovasi merupakan bentuk pengembangan suatu produk atau benda yang sudah ada sebelumnya, sehingga akan lebih memiliki manfaat atau nilai yang lebih baik.

Arti lain dari inovasi adalah bentuk pembaharuan terhadap sumber daya yang mempunyai manfaat atau kegunaan yang lebih baik.

Jadi pada intinya adalah bahwa inovasi merupakan suatu proses peningkatan fungsi dari suatu benda atau sumber daya agar memiliki nilai fungsi yang lebih baik dan juga lebih mudah.

Inovasi juga tentu akan terus menerus berkembang, karena seperti yang kita ketahui bahwasanya manusia ingin selalu menemukan kemudahan-kemudahan dan juga memperbarui segala sesuatu yang masih bisa terus dioptimalkan fungsinya.

Ciri – Ciri Inovasi

Ada beberapa ciri yang harus kalian ketahui dari inovasi ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Inovasi memiliki ciri khas yakni memiliki perbedaan baik itu dari segi ide maupun ciri yang berbeda.

2. Memiliki ide yang belum pernah ada sebelumnya, sehingga dengan berinovasi ini dapat memunculkan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya atau belum terungkap.

3. Dalam melakukan suatu ide-ide tersebut dilakukan secara terencana dan juga tersusun dengan baik.

4. Ide – ide yang sudah dijalankan tersebut tentu memiliki tujuan. Jadi inovasi memiliki tujuan tertentu dalam mengembangkannya.

Tujuan Inovasi

Inovasi tentu memiliki tujuan tertentu, tujuan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengganti Produk dengan Lebih Baik

Tujuan inovasi yang pertama adalah dengan mengganti produk yang sudah ada atau kurang efisien dan efektif menjadi lebih baik lagi yakni menjadi lebih efektif dan juga efisien.

2. Meningkatkan Kualitas yang Lebih Baik

Tujuan selanjutnya adalah meningkatkan kualitas agar menjadi lebih baik dan lebih bernilai.

3. Untuk Menciptakan Pasar Baru

Dengan adanya inovasi baru yang memiliki fungsi, manfaat, dan nilai yang lebih tinggi, tentu akan menciptakan peluang baru di pemasaran masyarakat.

Sumber Lengkap: https://www.pendidik.co.id/

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Inovasi, Ciri & Tujuannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua. Terimakasih 🙂