Home » Rumah » Penyebab Harga Perumahan Jakarta Tinggi Dan Naik Setiap Tahunnya

Penyebab Harga Perumahan Jakarta Tinggi Dan Naik Setiap Tahunnya

Benarkah harga rumah dijual di Depok dan Jakarta cenderung tinggi? Mengapa demikian. Tentu saja, jika dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia harga perumahan di Jakarta memang tinggi dan secara bertahap tiap tahun mengalami kenaikan.

Meskipun di daerah lain juga mengalami kenaikan, namun tak bisa dipungkiri bahwa mayoritas properti yang dinilai tinggi adalah di daerah Jakarta. Itulah mengapa memiliki hunian apalagi di lingkungan perumahan adalah hal yang recomended bagi siapa saja baik untuk dihuni sendiri ataupun dijadikan sebagai aset investasi.

Sebenarnya, apa yang membuat properti jenis perumahan ini mengalami kenaikan yang ideal dari tahun ke tahun? Ternyata inilah alasannya:

  • Lahan semakin terbatas sementara penduduk semakin bertambah

Penyebab-Harga-Perumahan-Jakarta-Tinggi-Dan-Naik-Setiap-Tahunnya

Bangunan dapat terus menerus bertambah dari waktu ke waktu. Namun, tidak halnya pada suplai tanah. Sementara populasi penduduk semakin bertambah dan setiap mereka membutuhkan tempat tinggal maka hal itulah yang menyebabkan harga perumahan Jakarta cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Dengan demikian, semakin banyaknya permintaan hunian yang ada akan semakin memperbanyak kelangkaan hunian dan menimbulkan tingginya harga properti apalagi di Jakarta.

  • Inflasi nilai properti

Harga-harga barang di tiap tahunnya cenderung akan mengalami peningkatan termasuk pada produk tanah dan bahan-bahan bangunan. Hal inilah memberikan pengaruh yang tajam terhadap harga perumahan. Jika pembelian properti terus ditunda, kenaikan setiap tahunnya akan memberatkan anda nanti dalam hal finansial.

  • Perilaku investor-investor properti

Para investor properti memiliki ketajaman insting bisnis yang menguntungkan untuk masa mendatang. Dengan dana yang dimiliki, biasanya mereka mencari peluang saat ekonomi mengalami penurunan dengan membeli properti standar.

Dengan bekerja sama dengan developer dan jajarannya, mereka mengolah bahan mentah menjadi perumahan dengan desain dan tampilan yang menarik untuk menggaet masyarakat agar tertarik membelinya. Tentu saja mereka memperoleh keuntungan dari penjualan tersebut.

  • Semakin banyak kelas menengah

Diprediksi kedepannya penduduk khususnya di Indonesia sendiri mengalami perkembangan dalam sektor perekonomiannya. Hal ini didukung oleh pendidikan yang diperoleh serta perkembangan daya pikir yang semakin maju.

Sementara itu, kemudahan pembelian perumahan juga semakin mudah karena umumnya developer bekerjasama dengan BANK sehingga bagi yang belum mampu membeli secara tunai ada solusi lain seperti dengan cash bertahap atau KPR.

Oleh karena harga perumahan Jakarta dan Depok diprediksi selalu mengalami kenaikan bahkan di tiap tahunnya, langkah untuk membeli jenis properti ini sebaiknya jangan ditunda.

 

Skip to toolbar