Skip to toolbar

Home » Berita » Sejarah Singkat Masjidil Haram

Sejarah Singkat Masjidil Haram

Sejarah Singkat Masjidil Haram. Awal mula sejarah dari Masjidil Haram dari ada nya Ka'bah yang di mulai pembangunan dari jauh sebelum Nabi Adam ada di bumi. Peristiwa Hawa dan Nabi Adam mulai ada di bumi. Mereka berdua di beri maklumat oleh Allah untuk membuat degung di daerah lembah. Lembah tersebut adalah lembah Bakkah. Tetapi gedung tersebut di terjang bandang banjir air pada masa Nabi Nuh sehingga hancur berkeping keeping. Di rentang waktu ratusan tahun kemudian,  Allah memberikan perintah kepada Nabi Ibrahim beserta Nabi Ismail untuk mendirikan sebuah Gedung di area tengah kota Mekkah sebagai area beribadah. Nabi Ismail merupakan anak dari Nabi Ibrahim. Mereka merupakan orang pertama yang berkontribusi untuk ada nya  Hajar Aswad serta Maqam Ibrahim di area Ka’bah. Dari awal ada nya bangunan tersebut di jaga keturunan Nabi Ismail.

Sejarah Singkat Masjidil Haram

Sejarah Singkat Masjidil Haram

Pada Masa Jahiliyah

Masjidil Haram telah menjadi pusat utama dari peziarah yang paling utama, apalagi Ka’bah. Ada orang yang sangat ingin menghancurkan Ka’bah dengan pasukan elite gajahnya. Yaitu Abrahah asal negara Yaman sangat ingi Ka’bah hilang dari muka bumi. Kelanjutan niat Abrahah untuk meluluh lantahkan Ka’bah di halangi oleh banyaknya burung ababil yang membawa batu berapi berasal dari neraka yang mengarahkan langsung ke pasukan elite gajah tersebut. Akibat dari burung ababil itu, para pasukan elite gajah meninggal semua dengan keadaan badan yang mengenaskan sekali ( badan pasukan mayoritas hancur berlubang dan rusak ). Terjadi di tahun gajah untuk kejadian tersebut. Yang merupakan tahun yang sama dilahirkannya Nabi Muhammad di taun 571 M.

Setelah 17 taun dari percobaan meluluh lantahkan bangunan Ka’bah, ternyata ruangan Ka’bah di hancurkan oleh banjir bah yang terjadi di semua area kota Mekkah. Para pejabat Quraisy setuju untuk melakukan pembangunan kembali dengan memakai sumber uang halal. Yang berefek pada ukuran gedung Ka’bah menjadi lebih minimalis dari bangunan sebelumnya. Akibatnya Hijir Ismail tidak berada dalam ruangan Ka’bah. Perselisihan mulai mencuat diantara pejabat Quraisy sejak di taroh batu Hajar Aswad. Semua beradu argument mempermasalahkan siapa orang pertama yang harus menaro batu tersebut. Ditengah perselisihan muncullah Muhammad yang memberikan ide supaya abtutersebut di taro di kain yang di semua ujung di genggam ama semua pejabat Kabilah. Efek dari kejadian tersebut Muhammad mendapatkan gelar Al-Amin.

ilustrasi Masjidil Haram saat masa Rasulullah Nabi Muhammad

Masjidil Haram dari awal di dirikannya Ka'bah hingga zaman awal Islam, area tersebut ada halaman begitu luas dimana di tengah area tersebut ada Ka’bah. Tidak tampak tembok tinggi di sekelilingnya, Cuma ada pemukiman rumah masyarakat Mekkah yang berada di sekeliling area tersebut. Sehingga pemukiman rumah tampak seperti dinding yang melindungi sekeliling Ka’bah.

Diantara pemukiman rumah masyarakat Mekkah ada gang gang yang menuju arah Ka’bah. Gang tersebut di namakan kabilah kabilah yang melewati ataupun berdekatan dengannya. Area Masjidil Haram di masa ada nya Nabi Muhammad sekitaran 1.490 m2 sampai dengan 2.000 m2.

Penulis juga ada informasi lain untuk memilih penjual karpet masjid di bekasi yang paling bisa dipercaya dan sudah banyak rekomendasi. Ikuti terus tulisan terupdate di blog ini.