Skip to toolbar

Home » Teknologi » Tips dan Cara Menghilangkan Iklan di HP dengan Sangat Mudah

Tips dan Cara Menghilangkan Iklan di HP dengan Sangat Mudah

Tak jarang ditemui momen ketika sedang mengakses browser pada smartphone yang digunakan, secara tiba-tiba ada iklan yang muncul. Kondisi ini tentu mengganggu aktivitas browsing yang dilakukan karena tidak efektif alias terganggu karena iklan tersebut. Sehingga tak jarang banyak pengguna smartphone yang mencari cara menghilangkan iklan di HP.

Selain mengganggu, munculnya iklan secara tiba-tiba juga membuat smartphone yang digunakan rentan terkena malware atau virus.

Beberapa ciri yang bisa dikenali ketika smartphone terkena virus adalah muncul iklan, halaman Google sering berganti-ganti, dan munculnya peringatan mengenai virus yang mulai menyerang ponsel.

Ciri-Ciri Adanya Iklan karena Malware

gambar malware

Salah satu alasan mengapa ketika mengakses browser pada smartphone secara tiba-tiba muncul iklan adalah karena adanya malware.

Ponsel dalam keadaan terkena malware bisa dibilang sudah tidak lagi nyaman untuk digunakan, tetapi bukan berarti smartphone tersebut tidak lagi bisa untuk dipakai sehari-hari.

Malware merupakan program yang sengaja dibuat dengan tujuan merusak, menggandakan, mencuri, menyembunyikan, menghapus, dan mengubah data. Selain itu, program ini bahkan bisa menghabiskan paket data dan juga daya baterai pada smartphone.

Program ini juga bisa disebut dengan virus yang menyebabkan ponsel Android kerap mengalami masalah.

Lantas bagaimana cara menghilangkan iklan pada ponsel Android yang sudah terkena virus atau menghilangkan malware tersebut.

Sebelum itu, perlu diketahui terlebih dahulu terkait beberapa ciri yang biasa ditimbulkan virus tersebut pada perangkat ponsel Android yang dipakai, berikut ini beberapa ciri tersebut.

1. Pemakaian Data Internet Boros

Pada umumnya malware dibuat untuk mencuri data dari pengguna ponsel, baik itu kontak, nomor, kartu kredit, dan lain sebagainya.

Ketika program ini berhasil mencuri data tersebut, secara otomatis data akan dikirim melalui internet tanpa sepengetahuan si pemilik ponsel. Hal inilah yang membuat kuota data internet yang terdapat di ponsel tersebut cepat habis dari biasanya.

Untuk kamu pemakai internet menggunakan pulsa yang dipaketkan, jika kelebihan pulsa bisa lakukan dan ketahui cara transfer pulsa disini.

2. Performa Ponsel Android Lambat

Malware atau virus ini tak pandang bulu menyerang ponsel berbasis Android, mulai dari yang merek terkenal seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Sony dan Vivo hingga menengah ke bawah seperti Advan, Evercross, LG dan lain sebagainya.

Program tersebut bisa membuat lambat performa dari smartphone tersebut yang ditandai dengan ponsel tiba-tiba menjadi panas.

3. Baterai Cepat Habis

Anda pastinya pernah mengalami kondisi ketika smartphone yang baru saja dicas tiba-tiba baterai sudah habis. Kondisi ini perlu diwaspadai, meskipun masih bisa diperbaiki dengan berbagai cara menghemat baterai.

Namun, apabila kondisi tersebut masih berlanjut, bisa jadi baterai yang cepat habis karena adanya malware pada ponsel.

4. Kerap Terputus Ketika Melakukan Panggilan

Ciri selanjutnya ponsel yang terkena malware bisa dikenali dengan kondisi sinyal buruk dan ketika Anda melakukan panggilan terputus-putus padahal sinyal bagus, hal ini dikarenakan malware yang terdapat di dalam ponsel.

Kondisi ini bisa terjadi pada berbagai merek smartphone, termasuk Sony Xperia, Note 5, Oppo a37, a6 dan yang lainnya.

Malware yang lebih berbahaya bisa tersemat dalam aplikasi lain, nantinya dari aplikasi ini akan turut menyebarkan virus. Selain itu, potensi virus menyebar ke aplikasi lain juga semakin tinggi dan bisa berakibat dari rusaknya smartphone tersebut. Kondisi ini memang sangat mengkhawatirkan, untuk mengatasi program tersebut terdapat beberapa cara menghilangkan iklan di HP Android.

Cara Menghilangkan Iklan di HP

Iklan yang muncul secara tiba-tiba saat mengoperasikan ponsel tentu sangat mengganggu, namun hal itu tak perlu dikhawatirkan lagi.

Terdapat beberapa cara yang bisa diandalkan untuk melenyapkan iklan di smartphone, terutama jika munculnya iklan itu disebabkan program malware. Berikut ini beberapa metode yang bisa Anda terapkan.

1. Bantuan Aplikasi Anti Malware

Aplikasi pihak ketiga memang menjadi salah satu andalan bagi para pengguna smartphone baik itu Android maupun iOS.

Termasuk salah satunya dipakai sebagai cara menghilangkan iklan di Android, Anda bisa memanfaatkan aplikasi UC Browser yang memang memiliki fitur menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul, caranya sebagai berikut.

  • Instal aplikasi UC Browser, setelah itu masuk ke dalam aplikasi, pilih ikon tiga garis, masuk ke menu setting atau pengaturan dan pilih Add-ons.
  • Kemudian pilih Ad Block, aktifkan Ad Block dan Powerful Ad Blocker yang fungsinya untuk memblokir semua jenis iklan yang masuk selama Anda melakukan browsing memakai aplikasi ini.

2. Block Pop Up di Google Chrome

Addblock Pop-Up

Google Chrome yang terdapat pada smartphone memiliki fitur yang bisa diatur sesuai keinginan, termasuk dipakai untuk menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul. Dengan menggunakan fitur ini, Anda juga tidak perlu melakukan rooting terhadap ponsel yang digunakan. Berikut ini beberapa langkah untuk menerapkan cara menghilangkan iklan di HP tanpa aplikasi.

  • Masuk ke aplikasi Google Chrome pada ponsel, pilih opsi, tab tiga titik pada pojok kanan atas dan pilih Settings atau pengaturan.
  • Pilih Site Settings, pilih Pop Ups lalu pilih Blocked, atau ketika sudah masuk menu Settings pilih setelan situs, tab pop up dan pilih diblokir.

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi AdBlock Browser

Jika bukan pengguna Chrome dan tidak mau kesulitan karena iklan yang muncul secara tiba-tiba di ponsel, AdBlock Browser bisa diandalkan untuk itu.

AdBlock Browser merupakan aplikasi yang memang dirancang untuk memblokir iklan pada ketika mengakses browser. Selain itu cara penggunaan aplikasi ini juga tidak sulit.

Anda hanya perlu memasang aplikasi ini, setelah itu iklan yang kerap muncul ketika Anda mengakses browser langsung hilang. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa melakukan instalasi lewat Play Store.

4. Bantuan Security Setting di Android

Teknik selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul adalah melalui security setting pada ponsel. Cara ini termasuk metode khusus bagi Anda pengguna ponsel Android yang tidak mau ribet melakukan instalasi aplikasi khusus yang fungsinya untuk memblokir iklan.

  • Untuk memblokir iklan melalui security settings bisa langsung dengan mematikan pengaturan yang memungkinkan Anda memasang aplikasi dari luar Play Store.
  • Masuk ke Security Settings, pilih opsi ‘Tidak mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak jelas’.
  • Jika cara tersebut berhasil dilakukan, maka secara otomatis perangkat yang Anda akan langsung memblokir iklan.

Meski pengaturan di atas sudah diubah, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal ini terkait upaya optimasi agar ponsel terhindar dari malware dan iklan di perangkat ponsel, berikut beberapa hal tersebut.

  • Perbaharui aplikasi jika tersedia pembaruan di Google Play Store, setiap pembaruan aplikasi yang ada disertai dengan peningkatan dan keamanan, serta perlindungan terhadap data pengguna.
  • Periksa semua izin aplikasi sebelum Anda mengunduh aplikasi yang diinginkan, jika izin tidak berkaitan maka Anda bisa mencari aplikasi lain.
  • Ketika Anda mengakses internet melalui WiFi selalu pastikan ponsel Anda menggunakan VPN, fungsinya adalah untuk melindungi data dari program virus yang berbahaya seperti malware.