Home » Wisata » Tips Travel Backpacker ke Jogja

Tips Travel Backpacker ke Jogja

Berbicara mengenai travelling ini memang sangat menyenangkan. Terlebih untuk orang-orang yang senang melakukan solo travelling. Bepergian keluar kota sendirian itu seru, penuh tantangan dan tentunya bisa memberikan pengalaman baru.

Selain itu, kita pun tidak usah berdiskusi dengan siapa dan mau kemana tempat-tempat yang akan didatangi. Solo traveller ini bebas bepergian kemanapun selagi diri kita suka dengan tempat yang hendak dikunjungi.

Pertanyaannya, apakah solo travelling ini berbahaya untuk diri kita? Tentu saja tidak. selagi kita mau tertib dalam melakukan perjalanannya maka semuanya akan baik dan aman-aman saja.

Lantas, seperti apa tips solo traveling ke jogja yang harus dilakukan oleh pemula? Berikut ulasannya.

1. Buat Agenda Liburan 4 Hari di Jogja

Agar bisa menikmati suasana liburan di kota pelajar yang mengesankan, sebelum melakukannya kamu harus membuat agenda liburan di Jogja selama 4 hari.

Jika bingung kapan waktu yang tepat untuk pemberangkatannya., kamu bisa melihat kalender dan menentukan waktu yang tepat untuk mengambil cuti selama 4 hari. Jika tidak ada cuti sama sekali, kamu bisa datang ke Jogja ketika hari libur nasional.

2. Menggunakan Pesawat

Menuju Jogja itu mudah kok, banyak juga jasa transportasi yang dapat kamu gunakan. Misal seperti Kereta Api, Pesawat Terbang, Bus, dan Travel.

Walaupun ada banyak transportasi yang bisa mengantarmu ke Jogja, namun alangkah baiknya ketika ingin mengunjungi kota Jogja ini lebih baik menggunakan pesawat. Kenapa? Karena menggunakan pesawat ini bisa menempuh perjalanan cepat dan juga aman.

3. Cari Tempat Penginapan yang Cocok

Sebelum berangkat menuju kota Jogja, alangkah baiknya kamu mencari dulu penginapan yang lokasinya strategis. Kenapa? Supaya dapat diakses oleh mobilitas. Ada berbagai macam tempat penginapan di Jogja yang bisa kamu jadikan sebagai tempat istirahat.

Untuk mencari tahu informasi penginapan tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Traveloka, dan Pegi-Pegi.

Pilihlah tempat penginapan sesuai dengan budget yang kamu bawa, dan juga pilihlah penginapan yang nyaman dan tentunya aman untuk digunakan sebagai tempat istirahat.

4. Menggunakan Transportasi Umum

Di Jogja, ada tiga jenis transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi kota Jogja. Diantaranya seperti Angkot, Kendaraan Sewa dan Transportasi Online.

Diantara ketiga transportasi tersebut, pilihlah salah satu sesuai dengan apa yang sedang kamu butuhkan.

5. Membuat Agenda Kunjungan

Sebelum berangkat berlibur ke Jogja, solo traveler harus membuat agenda kunjungan. Misal seperti ini. Sesampainya di Jogja pada hari pertama, tempat wisata apa saja yang akan kamu kunjungi? dan seterusnya.

Kenapa harus membuat agenda kunjungan? Karena, nantinya hal ini bisa memberi kemudahan bagi kamu para solo traveller.

Jika semua sudah disiapkan dalam agenda, ketika sudah tiba di Kota Jogja, kamu tidak akan merasa bingung lagi tempat wisata seperti apa yang harus dikunjungi di hari pertama. Bukan begitu? Sangat menguntungkan bukan?

6. Ramah Tamah kepada Penduduk Setempat

Perlu kamu ketahui, sebenarnya ramah tamah kepada penduduk setempat ini bukan hanya berlaku terhadap seseorang yang sedang melakukan perjalanan Solo Traveller saja, melainkan dalam kehidupan sehari-hari pun harus selalu menerapkan perilaku seperti ini.

Namun, hal ini bisa kamu jadikan sebagai tips ketika sedang melakukan solo travelling ke Jogja.

7. Berbaur dengan Orang Setempat

Kenapa ketika melakukan perjalanan solo travelling ini, kita harus berani berbaur (Bersosial) dengan orang tempatan? Karena untuk mendapatkan teman baru, pengalaman baru, relasi baru, dan keluarga baru.

Jangan pernah takut berbaur dengan orang lain yang tidak kamu kenal, apalagi ketika berada di luar kota. 

Dengan kemauan kita berbaur dan berperilaku baik terhadap orang-orang, hal tersebut bisa berdampak baik juga untuk kita.

8. Mencicipi Kuliner Khas Jogja

Nah ini, bagian ini jangan sampai kamu lupakan ketika sedang melakukan perjalanan solo travelling ke daerah kota Jogja.

Perlu kamu ketahui, kuliner-kuliner khas Jogja ini sangat enak dan lezat, maka dari itu kamu harus mencobanya satu persatu.

 

Skip to toolbar