Skip to toolbar

Home » Wisata » 2 Kebun Anggur Terbesar yang Ada di Indonesia

2 Kebun Anggur Terbesar yang Ada di Indonesia

Anggur merupakan tanaman buah yang biasanya diolah menjadi berbagai macam produk makanan dan minuman. Buah yang berasal dari keluarga vitaceae ini memang banyak disukai oleh orang baik saat dimakan secara langsung maupun setelah diolah menjadi berbagai macam olahan. Banyak orang yang membudidayakan buah yang satu ini baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk tujuan komersial.

Biasanya pembudidayaan anggur yang ditujukan untuk komersial ditanam pada wilayah perkebunan. Perkebunan anggur di Indonesia saat ini sudah banyak. Salah satunya berada di wilayah Palu, Sulawesi Tengah.

Kebun Anggur Pua Mbaso

Kebun anggur Pua Mbaso merupakan kebun anggur terbesar yang ada di wilayah Sulawesi Tengah. Dengan Luas lahan sekitar 8 hektar, pengelola kebun anggur ini mengatakan bahwa semuanya diperuntukan untuk budidaya anggur. Kebanyakan jenis anggur yang ditanam pada kebun Pua Mbaso ini merupakan jenis anggur import yang laku di pasaran.

Pada tahun 2020 lalu, salah satu kebun anggur terbesar di Indonesia ini dibuka untuk wisata yang bisa didatangi oleh masyarakat umum. Sejak saat itu mulai banyak wisatawan yang berada di dalam kota palu maupun yang berasal dari luar kota, berkunjung ke perkebunan ini untuk sekedar berswafoto dan juga membeli beberapa anggur.

Harga anggur yang ditawarkan di kebun anggur Pua Mbaso adalah Rp. 100.000 per kg buah. Anda juga bisa memetik sendiri buah anggur mana yang menarik perhatian anda. anda juga bisa melakukan swafoto di tempat yang strategis. Kebun anggur Pua Mbaso memiliki pemandangan tempat yang cukup cantik. Dengan latar foto buah anggur dan dedaunan anggur akan membuat foto anda menjadi lebih estetik.

Jika anda berkunjung pada saat musim buah, anda harus rela untuk bersiap berebut buah yang akan dibawa pulang. Dalam satu hari kebun anggur Pua Mbaso bisa menjual buah anggur sebanyak 80 kg. Pengelolanya menegaskan bahwa kebun anggur Pua Mbaso ini akan terus ditingkatkan hingga menjadi tempat agro wisata terbesar di kota Palu.

Kampung Anggur Jogja

Satu lagi kebun anggur terbesar yang pernah ada berbentuk sebuah perkampungan. Dimana setiap rumah menanam setidaknya satu jenis anggur di halaman depan rumahnya. Kampung anggur yang terletak di daerah bantul Yogyakarta ini awalnya hanya perkampungan biasa yang warganya aktif menanam.

Setelah itu selang beberapa waktu warga mulai menanam anggur untuk pembudidayaan. Sejak dahulu warga kampung anggur ini konsisten dengan menanam bibit anggur ninel. Anggur ninel merupakan anggur import, yang berhasil dikembangkan di daerah Ukraina.

Anda bisa membeli anggur ninel yang ditanam oleh warga ini dengan harga satu kilogram anggur sekitaran Rp. 100.000. atau jika anda berminat untuk membudidayakan anggur ninel, anda bisa membeli bibitnya di pemukiman warga. Banyak juga warga yang menanam bibit anggur ninel untuk dibawa pulang oleh pengunjung agar bisa dibudidayakan di rumah.

Kampung anggur Yogya ini juga dapat dijadikan tempat bagi para pemuda untuk berswafoto, karena anggur yang berhasil tumbuh memiliki warna yang cantik dan menarik sehingga sangat disayangkan jika tidak bisa mengambil foto disana.

Demikianlah dua kebun anggur terbesar yang ada di indonesia, jika anda berminat untuk membudidayakan buah anggur anda bisa mendapatkannya di toko-toko pertanian terdekat. Dan anda juga bisa membuka kebun anggur anda sendiri.

 

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/blog/kebun-anggur-terbesar-di-indonesia