Skip to toolbar

Home » Makanan » 2 Resep Makanan dari Kelengkeng Kateki

2 Resep Makanan dari Kelengkeng Kateki

Kelengkeng kateki merupakan buah kelengkeng yang saat ini sangat populer dan diminati oleh banyak orang. Buah kelengkeng yang satu memiliki rasa yang sangat manis dan juga renyah karena kandungan air di dalam buahnya yang tidak banyak. selain itu ukuran buah kelengkeng kateki juga sangat besar, maka tidak heran jika buah kelengkeng yang satu ini disebut sebagai salah satu jenis kelengkeng unggul.

Bagi anda yang menyukai buah kelengkeng tentu sudah tidak asing dengan buah kelengkeng kateki dan rasanya. Buah kelengkeng ini sangat nikmat dimakan langsung tetapi ada beberapa cara lain untuk memakan kelengkeng. Yaitu membuat buah kelengkeng menjadi berbagai macam olahan makanan yang tentu saja enak dan lezat.

Berikut ini adalah beberapa resep makanan yang bisa dibuat sendiri di rumah dan dihidangkan untuk keluarga tercinta.

Manisan Kelengkeng

Resep yang pertama adalah dengan cara membuat kelengkeng menjadi manisan kelengkeng. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat manisan kelengkeng yaitu :

  • 250 gram buah kelengkeng kateki yang sudah di kupas
  • 2 buah cabe merah dan cabe keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • 3 sendok makan gula jawa
  • 500 milliliter air
  • 1 buah Jeruk nipis
  • Garam secukupnya

Setelah semua bahan-bahan siap langsung kita buat manisan kelengkengnya. Pertama kupas dulu kelengkengnya kemudian pisahkan dari bijinya. Kemudian ulek jadi satu cabe merah, cabe keriting, cabe rawit, garam, dan juga gula jawa. Setelah itu rebus air di dalam panci hingga airnya mendidih. Masukkan bumbu-bumbunya dan kemudian aduk hingga merata, masak lagi hingga air di dalam panci mendidih. Dinginkan air rebusan tersebut, kemudian masukkan kelengkeng ke dalam gelas dan siram dengan air yang campuran bumbu tadi, diamkan kemudian masukkan ke dalam kulkas. Nikmati saat manisannya sudah dingin, saat manisan masih dingin rasanya akan lebih lezat.

Bubur kacang hijau + lengkeng

Selain Makanan orang dewasa buah kelengkeng kateki juga bisa dibuat menjadi makanan bayi, bagaimana cara buatnya? Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat bubur kacang hijau lengkeng :

  • 5 sendok makan kacang merah
  • 1 genggam buah kelengkeng kateki yang sudah kering
  • Jahe sepotong
  • ‘1 sendok makan gula jawa
  • 300 milliliter air

Untuk membuat bubur kacang hijau lengkeng hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencuci bersih kacang hijau dan rendam selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu rebus kacang hijau di dalam panci dengan api kecil sambil diaduk-aduk. Masukkan kelengkeng kering ke dalam kacang hijau, kemudian masukkan jahe, dan gula merah. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk kacang hijau sampai si kacang hancur. Jika sudah selesai blender hingga semuanya halus. Jika buburnya terlalu kental anda bisa menambahkan sedikit air. Maka bubur kacang hijau lengkeng untuk makanan bayi pun sudah siap. Simpan di dalam kulkas atau freezer, untuk menyajikan bubur ini anda bisa mencampurkannya dengan susu formula atau ditim.

Demikianlah ulasan kami mengenai olahan kelengkeng kateki yang bisa anda praktekkan di rumah. Jika anda tertarik untuk mencoba resep tersebut, harap ikuti langkah-langkahnya dan silahkan mencoba.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/jual-bibit-kelengkeng-kateki.htm