Skip to toolbar

Home » Makanan » 5 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kelengkeng Merah

5 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kelengkeng Merah

Anda tentu sudah tahu dan pasti pernah merasakan buah kelengkeng. Buah yang merupakan tanaman jenis lerak-lerakan yang memiliki bentuk buah kecil dan berkulit coklat ini sudah sangat familiar bagi kita orang Indonesia. Mungkin kebanyakan anda mengira jika buah kelengkeng hanya memiliki kulit berwarna cokelat. Tapi tahukah anda ada jenis kelengkeng yang memiliki warna buah bukan coklat melainkan berwarna merah. Buah kelengkeng tersebut adalah kelengkeng ruby longan alias kelengkeng merah.

Mungkin anda belum terbiasa dengan kelengkeng yang satu ini, buah kelengkeng merah bukanlah hasil dari persilangan antara dua atau lebih varietas kelengkeng. Namun, kelengkeng merah berasal dari mutasi genetik dimana keseluruhan bagian dari pohon kelengkeng yang satu ini berubah warna menjadi merah, mulai dari batang, daun hingga buahnya.

Walaupun memiliki penampakan yang berbeda kelengkeng merah juga memiliki berbagai macam keunggulan, salah satunya adalah bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa khasiat yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi buah kelengkeng merah yaitu :

1.    Baik untuk kesehatan jantung

Buah kelengkeng merah diketahui dapat menjaga kesehatan jantung kandungan nutrisi di dalam buah kelengkeng ini diketahui dapat menjaga kesehatan jantung dari dalam tubuh. Karena jantung merupakan organ tubuh yang vital, maka perlu dijaga dengan baik dengan cara mengkonsumsi makanan sehat seperti buah kelengkeng merah.

2.    Mengatasi peradangan

Anda dapat mengatasi peradangan dengan baik jika anda mengkonsumsi kelengkeng merah. Karena pada dasarnya peradangan itu bisa terjadi kapan saja dan karena faktor yang beragam. Banyak hal yang dapat menyerang tubuh anda kemudian menjadikannya meradang. Untuk itu konsumsilah kelengkeng merah untuk membuat masalah peradangan di dalam tubuh anda selesai.

3.    Melancarkan aliran darah

Manfaat yang selanjutnya adalah buah kelengkeng merah dapat melancarkan aliran peredaran darah. Jika aliran darah tersumbat maka dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya. Salah satu cara untuk memperlancar aliran darah adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat serta melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Anda bisa mengkonsumsi kelengkeng merah untuk membuat aliran peredaran darah anda menjadi lancar.

4.    Mengatasi diare

Berbagai macam kandungan nutrisi di dalam buah kelengkeng merah juga diketahui dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab diare. Sehingga jika anda sedang terserang diare anda bisa mengkonsumsi kelengkeng merah . karena kelengkeng merah dapat membunuh berbagai macam kuman penyebab penyakit. Hebatnya lagi kelengkeng merah tidak memiliki efek samping setelah dimakan.

5.    Baik untuk kesehatan organ pencernaan

Sudah di katakan di atas jika dengan mengkonsumsi buah kelengkeng merah anda akan dapat mengatasi masalah diare yang mengganggu. Selain itu juga mengkonsumsi kelengkeng merah secara teratur, dapat membuat organ saluran pencernaan tubuh anda menjadi sehat. Usus beserta organ-organ lainnya akan dapat bekerja secara maksimal dalam mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Demikian ulasan kami mengenai manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah kelengkeng merah. Kelengkeng unggulan yang satu ini juga memiliki rasa buah yang sangat manis dan juga renyah. Sehingga bagi anda yang ingin mencoba mengkonsumsi buah kelengkeng unik ini tidak perlu khawatir dengan rasa buahnya.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/bibit-lengkeng-merah.htm