Skip to toolbar

Home » Uncategorized » Bagaimana Sih Langkah Awal Menjadi Seorang Penulis Handal? Berikut Penjelasannya

Bagaimana Sih Langkah Awal Menjadi Seorang Penulis Handal? Berikut Penjelasannya

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kamu tempuh untuk menjadi penulis yang handal. Tapi untuk menjadi seorang penulis yang profesional tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Menjadi penulis tidak hanya perlu pengetahuan yang luas, namun ada beberapa langkah yang harus kamu tempuh agar bisa menjadi seorang penulis yang benar-benar jago. Berikut langkah awal menjadi seorang penulis :

Langkah Awal Menjadi Seorang Penulis Handal

1. Banyak Membaca Karya Orang Lain

Dengan banyak membaca membuat kamu mendapat banyak pengetahuan. Kamu juga mendapat kosa kata baru dan lebih peka terhadap tulisan asing. Dengan membaca karya orang lain, kamu mengetahui mekanisme penulisan yang baik dan benar untuk dijadikan sebuah inspirasi.

2. Perbanyak Menulis

jadi begini, diibaratkan sebuah pisau jika tidak diasah maka tidak akan menjadi tajam bukan? Yap, sama saja seperti menulis. Semakin banyak kamu berlatih menulis maka kamu menjadi lebih jago kedepannya. Tips dari saya, menulis lah sesering mungkin supaya mempertajam gaya penulisanmu.

Kamu juga harus pintar-pintar menganalisis dari jurnal, buku, koran, media online dan lainnya sebagainya. Sebagai bahan latihan menulis dengan baik.

3. Niat Belajar Tinggi

Ada banyak sekali hal yang harus penulis pelajari. Hal yang sepele seperti tanda baca, penempatan kata dan hal kecil lainnya itu merupakan hal yang penting. Jadi ada baiknya kamu sering-seringlah merangkai kalimat dan menggunakan tanda baca yang benar.

4. Catat Ide-Mu

Manusia itu kadang bahkan sering sekali melukapan sesuatu, apalagi hal yang tidak disukainya. Jadi dalam menulis sebuah buku, ada baiknya kamu mencatat semua ide atau gagasan yang baru saja terlintas dalam pikiran. Itu akan memudahkanmu suatu saat.

5. Perbanyak Teman

Sekarang ini jamannya digital, apa-apa pasti media sosial dan serba online. Banyak sekali grup atau komunitas penulis yang bisa kamu masuki untuk mendapat ilmu baru. Maka tidak ada salahnya untuk bergabung, coba saja dulu. 

6. Jangan Pernah Putus Asa

Jika kamu menumui jalan buntu dalam menulis atau sudah capek-capek menulis tapi tidak ditolak oleh penerbit, janganlah berputus asa. kalau kamu tidak bisa menerbitkan karya mu kan masih bisa di upload ke blog pribadi.

Atau bisa juga ke wattpad, google playbook atau media penerbit lainnya. Cobalah untuk terus menulis dan menghasilkan karya yang layar penerbit perhitungkan.

Semoga apa yang saya tulis diatas bisa beranfaat buat kamu yang baru ingin menjadi seorang penulis profesional. Terimakasih