Skip to toolbar

Home » Makanan » Cara Memilih Kemasan Makanan untuk Bisnis Kuliner

Cara Memilih Kemasan Makanan untuk Bisnis Kuliner

Untuk anda yang memiliki bisnis kuliner, maka selain menyajikan makanan yang lezat dan nikmat, anda juga perlu memilih kemasan makanan secara tepat. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut bagaimana cara memilih kemasan makanan yang perlu anda ketahui.

Perhatikan Bentuk

Cara pertama yang bisa anda lakukan ketika memilih kemasan makanan adalah dengan memperhatikan bentuk kemasannya. Lihatlah apakah kemasan yang anda pilih memang cocok atau tidak terhadap bisnis kuliner yang anda miliki. Jangan hanya memilih karena bentuk kemasannya lucu saja, namun harus pula memperhatikan fungsi kemasan. Ada banyak sekali pilihan kemasan makanan yang ada saat ini, namun lagi-lagi selalu perhatikan dengan baik bentuknya sebelum memilih ya.

Pemilihan Bahan

Hal ini pun sangat penting untuk anda ketahui. Sudah jelas bahwa kemasan makanan perlu disesuaikan juga dengan menu yang akan disajikan. Untuk anda yang berbisnis makanan basah atau yang berkuah, maka sangatlah tepat untuk memilih kemasan yang menggunakan bahan anti air. Sedangkan bahan kemasan aluminium foil sangat cocok dipilih untuk anda yang menjual makanan kering yang memang kedap udara. Dan untuk bahan kertas sendiri, misalnya saja food tray bisa dipilih untuk makanan kering seperti kentang goreng, sandwich, sosis goreng, dan lain sebagainya.

Perhatikan Ukuran

Anda perlu memperhatikan ukuran dari kemasan makanannya supaya sesuai dengan produk. Sudah pasti bahwa kemasan akan lebih bagus dan lebih menarik ketika ukurannya disesuaikan dengan makanan yang ada. Ukuran yang tepat bisa membuat nyaman konsumen saat membawanya. Tentunya hal ini berlaku bagi anda yang mempunyai bisnis kuliner namun tidak makan di tempat. 

Pemilihan Desain Kemasan

Tahukah anda bahwa desain kemasan sangat berpengaruh lho dengan bisnis kuliner. Terlebih lagi dalam pemilihan warna untuk desainnya. Tidak ada salahnya untuk memilih warna kemasan makanan yang natural tetapi tetap terlihat segar dalam menarik perhatian konsumen. Jika sudah, anda bisa memilih informasi apa saja yang ingin dicantumkan pada kemasan. Dapat dikatakan bahwa informasi yang terdapat pada kemasan sangat bermanfaat untuk konsumen. Anda bisa mencantumkan tanggal berlaku produk, kode BPOM, lokasi produksi, komposisi, dan informasi penting lainnya.

Pilih Kemasan Makanan Berdasarkan Pemakaian

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan memilih kemasan makanan sesuai pemakaiannya. Apakah sekali pakai kemudian dibuang atau bisa digunakan berkali-kali. Nah, jika demikian, anda berarti harus memilih kemasan makanan yang ramah lingkungan. Untuk anda yang mempertimbangkan kemasan yang bisa digunakan kembali dengan cara mencantumkan logo bisnis kuliner yang ada di sana sebagai salah satu sarana branding atau pemasaran, maka anda bisa menggunakan kemasan yang bisa bertahan lebih lama.

Pilih Percetakan

Terakhir, maka anda perlu memilih tempat percetakan. Anda bisa memilih hingga menentukan percetakan yang bisa mencetak kemasan makanan yang sesuai dengan keinginan anda, dari mulai bentuk, ukuran, hingga desain yang ditawarkan. Nah, ketika anda bisa memilih percetakan terbaik, tentu saja mereka akan mempermudah anda dalam memilih kategori kemasan makanan yang anda inginkan. Semoga bermanfaat!