Skip to toolbar

Home » Komputer » Ini Dia Performa Macbook Pro dan Air 2020, Kamu Wajib Tahu

Ini Dia Performa Macbook Pro dan Air 2020, Kamu Wajib Tahu

Siapa yang tidak kenal dengan MacBook? Perangkat keluaran Apple ini sangat diminati banyak pengguna. Kini MacBook terdapat dua versi yakni Pro dan Air, keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Jika dibandingkan dengan merk lain, keluaran Apple ini cukup unggul terutama dengan inovasi baru. Pada pertengahan tahun lalu, Apple merilis MacBook terbarunya yakni MackBook Pro dan Air 2020.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, keduanya memiliki peningkatan mulai dari segi fitur hingga dapur pacu. Bagi konsumen yang ingin memilikinya penting sekali mengetahui ulasannya sebelum membeli. 

Nah, dibawah ini penulis akan mengulas Macbook Pro dan Air 2020 yakni mulai dari spesifikasi, performa, hingga harga terbaru 2021. Yuk, simak ulasan Macbook 2020 berikut.

Mengenal MacBook Air 2020

MacBook sebagai laptop besutan Apple yang banyak peminatnya terutama dari segi bobot yang ringan dan slim, maka MacBook Air juaranya. Didesain dengan performa lebih rendah dari MacBook Pro, Air sangat cocok untuk pegawai kantoran ataupun pelajar.

Dibanderol lebih terjangkau dari MacBook Pro, menjadikan Air lebih unggul dari segi harga. MacBook Air dirilis pada bulan Maret tahun lalu dengan harga rilis waktu itu Rp. 16 Jutaan.

MacBook Air 2020 memiliki terobosan terbaru dari generasi sebelumnya, membuat spesifikasi dan performa Air terbaru lebih unggul. Laptop ini terdapat dua opsi dari segi penyimpanan yaitu 256GB dan 512GB.

Spesifikasi dan Performa

Performa MacBook Air terbaru ini cukup unggul karena terdapat dua opsi kapasitas penyimpanan dan juga prosesornya. Selain itu, untuk segi grafis juga dibekali dengan teknologi Iris terbaru.

Untuk ospi 256GB, MacBook Air ini dilengkapi dengan processor 1.1GHz dual-core Intel Core i3. Dengan Turbo Boost up to 3.2GHz untuk kustom yang dilengkapi dengan 4MB L3 Cache.

Sedangkan pada opsi 512GB, yang disematkan adalah processor 1.1GHz quad-core Intel Core i5. Lengkap dengan kustom Turbo Boost up to 3.5GHz serta dilengkapi dengan 6MB L3 Cache.

Keduanya dibekali dengan kapasitas RAM 8GB serta menggunakan Intel Iris Plus Grafis. Sehingga performa grafis laptop menjadi lebih cepat, dan tidak berat ketika membuka internet ataupun memutar video.

Dari segi desain Macbook Air sangat ramping dan ringan, serta memiliki ketahanan yang baik. Pasalnya, MacBook ini dibuat dari metal aluminium yang cukup kuat dibandingkan berbahan plastik.

Pada bagian layar menggunakan layar 13,3 inci retina IPS, didukung dengan teknologi True Tone. Layar MacBook Air ini memiliki dimensi 256 x 1600, dengan tingkat kecerahan yang lebih baik.

Selain itu, terdapat juga penambahan fitur seperti Magic Keyboard seperti halnya MacBook Pro 2020. Sebagai pengganti Butterfly Keyboard yang pernah digunakan oleh generasi sebelumnya.

Performa daya baterai mampu bertahan dari 11 hingga 12 jam, apabila digunakan untuk streaming atau terkoneksi internet. Diketahui Air menggunakan jenis baterai lithium polymer 49,9 Watt, lengkap dengan fast charger USB C 30 Watt.

Mengenal MacBook Pro 2020

MacBook Pro 2020 merupakan varian 13 inci dari MacBook yang dirilis Apple pada pertengahan tahun 2020. Laptop ini memiliki tiga model yakni 13 Inci M1, 13 Inci 2 Port, dan 13 Inci 4 Port.

Ketiganya memiliki model yang berbeda, namun dari segi kerampingan hampir sama dengan MacBook Air. Namun, dari segi spesifikasi Mac Pro memiliki keunggulan dibandingkan Air.

Spesifikasi dan Performa

Setiap model memiliki spesifikasi yang berbeda, dari segi performa untuk model M1 menyematkan chip Apple M1. Sedangkan untuk kapasitas RAM 8GB (kustom 16GB), dan untuk penyimpanan dengan SSD 256GB (kustom 512GB/1TB/2TB).

Berbeda dengan model 13 Inci 2 port yang menggunakan prosesor intel 1.4GHz quad-core Intel Core i5 dengan Turbo Boost up to 3.9GHz. RAM yang disematkan sebesar 8GB, dengan memiliki dua opsi penyimpanan 256GB dan 512GB.

Sedangkan untuk model 13 Inci 4 port memakai prosesor intel 1.4GHz quad-core Intel Core i5 Gen-10 (Up to 3.9GHz). Segi penyimpanan model ini lebih besar yakni terdapat dua opsi SSD 512GB (kustom 1TB/2TB/4TB), SSD 1TB (kustom 2TB/4TB), dan RAM 16GB (kustom 32GB).

Dari ketiga model ini, M1 merupakan model yang cukup canggih karena menyematkan teknologi chip Apple M1. Dari segi fitur dan grafis ketiganya dibuat untuk menyasar kalangan profesional.

Akhir Kata

MacBook Pro dan Air terbaru ini memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Mulai dari fitur dan performa sangat membantu sebuah pekerjaan, apalagi sebagai konten kreator atau desainer.

Yang jelas sangat membutuhkan perangkat dengan spek yang tinggi, agar tidak menghambat pekerjaan. Setelah melihat spesifikasi singkat dari kedua MacBook tersebut, Anda tidak akan ragu lagi untuk memilikinya.

Semoga bermanfaat. 

 

Sumber : Gohitzz.com