Skip to toolbar

Home » Uncategorized » Inilah Ukuran Video yang Pas di Instagram

Inilah Ukuran Video yang Pas di Instagram

Sebelum postingan anda buat, sebaiknya anda memikirkan beberapa hal seperti ide konten yang menarik, kapan waktu yang tepat untuk mempostingnya dan satu hal lagi yang tidak kalah penting yaitu berapa ukuran postingannya.

 

Pentingnya menentukan ukuran video Instagram

Mungkin anda bertanya-tanya lalu apa sih pentingnya menentukan ukuran video IG, apakah hal itu benar-benar penting? Jawabannya jelas, ya. Penting sekali. Hal ini disebabkan oleh fitur instagram yang akan memotong atau menurunkan kualitas video yang diupload agar sesuai dengan rekomendasi instagram.

Hal itu dilakukan oleh instagram agar video tidak terlalu menguras banyak kuota pengguna, ukurannya pas di segala macam jenis ponsel dan bentuk pemerataan seluruh format konten di instagram. Jadi jika anda menginginkan hasil yang berkualitas di postingan instagram maka perhatikanlah ukuran video instagram.

 

Ukuran video instagram

Ukuran video di instagram berkisar antara 320 piksel sampai dengan 1080 piksel. Apabila anda mengupload video yang ukurannya kurang dari 320 piksel, maka instagram akan otomatis melakukan pelebaran ukuran. Sayangnya ini seringkali menyebabkan gambar menjadi tidak bagus.

Namun demikian juga sebaliknya jika anda memposting video dengan ukuran diatas 1080 piksel maka instagram akan melakukan kompresi dan mengecilkan ukuran lebar postingannya. Ini juga akan berdampak terhadap hasil video yang menjadi kurang bagus.

Agar itu tidak terjadi pada anda, sebaiknya anda sedari awal membuat video yang ukurannya pas dengan format instagram karena untuk Instagram stories, instagram live dan IGTV memiliki format optimalnya masing-masing.

 

Rekomendasi ukuran video di Instagram

Ukuran yang dapat dipilih yakni portrait, landscape, dan juga square. Untuk portrait, sebaiknya anda mengupload dengan rasio 4:5 dengan ukuran pixel 1080 piksel kali 1350 piksel. Ini adalah ukuran andalan bagi pengguna smartphone.

Jika anda hendak mengupload dengan landscape, maka ukuran rasionya adalah 1.91:1. dengan ukuran 1080 x 608 piksel. Ini cocok bagi anda yang ingin memperlihatkan video yang luas di umumnya. Terakhir adalah square atau kotak dengan rasio 1:1 maka ukuran pixelnya adalah 1080 x 1080.