Skip to toolbar

Home » Properti » Jangan Asal, Inilah Tips Membeli Rumah Indent

Jangan Asal, Inilah Tips Membeli Rumah Indent

Membeli rumah inden memiliki banyak sekali kelebihan salah satunya adalah rumah sudah barang tentu baru dan bukan bekas. Namun, membeli rumah inden tentu juga punya risiko yang cukup besar karena Anda tidak tahu pasti bagaimana bentuk rumah yang sesungguhnya. Untuk itu, Anda harus tahu tips membeli rumah indent yang benar.

Tips Membeli Rumah Indent

Untuk Anda yang penasaran, beginilah tips yang bisa Anda perhatikan:

1.    Harus Tahu Track Record Pengembang

Pertama-tama, sebelum Anda berani mengambil rumah tersebut harus mengetahui track record pengembang itu sendiri. Sebagai pengembang perumahan yang sukses tentu saja tidak akan berhenti pada satu lahan saja. Mereka akan membuat perumahan di lahan yang besar sehingga Anda bisa menilainya dari situ. Lihat apakah pengembang memiliki perjalanan bisnis yang meyakinkan atau tidak. Nilai dari proyek-proyek perumahan yang sebelumnya.

Anda berhak khawatir dan curiga apabila si pengembang ini baru pertama kali mengembangkan perumahan. Ya, Anda tak bisa melihat perjalanan sebelumnya sehingga harus benar-benar waspada. Untuk mengetahui lebih detil tentang pengembang terpercaya, anda bisa membaca artikel tips memilih developer .

 

2.    Pastikan sudah Punya Show House

Untuk keperluan kepuasan diri terhadap rumah seharusnya memang pengembang memiliki show house atau rumah contoh yang digunakan sebagai gambaran. Anda bisa berkunjung ke show house untuk melihat bagaimana bentuk rumah itu yang sesungguhnya.

Jadi, walaupun Anda hanya akan membeli rumah dalam bentuk denah, namun sudah ada gambaran langsung seperti apa rumah akan dibuat. Dengan adanya show house juga menjadikan kita makin percaya bahwa pengembang memang serius menggarap bisnisnya ini.

 

3.    Pengembang Harus Punya IMB Asli

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan bahwa pengembang itu memiliki IMB atau Izin Mendirikan Bangunan. Dengan adanya IMB tentu Anda tak perlu khawatir lagi soal pembangunan tersebut.

Namun, Anda juga harus memastikan bahwa IMB itu asli dan bukan hanya sekadar nomor untuk meyakinkan pelanggannya. Untuk itu, Anda bisa mengeceknya di website resmi milik masing-masing daerah.

 

4.    Tetap Pantau PPJB

Berikutnya, Anda juga harus memantau PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli. PPJB ini sangat penting karena di sanalah perjanjian resminya. Anda bisa tahu kapan bangunan rumah Anda selesai.

Selain itu, di PPJB tersebut, Anda juga akan mengetahui konsekuensi apa jika pembangunan tidak selesai sesuai dengan target. Dengan ini, Anda bisa komplain bahkan bisa membawa ke ranah hukum jika memang sangat merugikan.

 

5.    Jangan Beri Uang Tunai, Transfer ke Rekening Pengembang

Tips berikutnya adalah jangan pernah memberi uang tunai kepada para pengembangnya untuk pembayaran DP atau cicilan. Gunakan cara transfer antar bank sehingga di sana terdapat riwayat atau catatannya secara lengkap.

Apabila nantinya ada masalah dengan proses pembayarannya, Anda tinggal membuka riwayat transaksi dan itu riwayat tersebut tidak akan hilang. Bahkan Anda bisa menghubungi pihak bank untuk mencetak bukti jika masih kurang valid.

Selain itu, pastikan juga transfernya ke rekening perusahaan pengembang dan bukan rekening pribadi. Sebaiknya atas nama perusahaan sehingga lebih jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Namun, apabila ke rekening pribadi pastikan rekening itu adalah milik pengembang asli. Bukan orang lain atau bahkan orang yang tidak dikenal.

 

6.    Selalu Pantau Pembangunan Secara Berkala

Setelah itu semuanya sudah selesai, saatnya Anda memantau pembangunan secara berkala. Sesibuk apa pun Anda dengan pekerjaan sebaiknya Anda tetap berkunjung. Pastikan rumah Anda dibangun dan terus memperlihatkan kemajuan.

Jika punya waktu luang yang cukup panjang, Anda bisa kesana dan melihat langsung proses pembangunannya.

 

Itu dia beberapa tips membeli rumah indent yang memang cukup berisiko. Anda harus benar-benar hari-hati karena menyangkut masa depan keluarga. Semoga informasi di atas bermanfaat dan Anda bisa segera menempati rumah impian. Untuk membeli rumah inden secara aman, Anda bisa mengunjungi website perumahan syariah murah.