Skip to toolbar

Home » Kesehatan » Manfaat Kelapa Ijo untuk Wanita dan Cara Mengolahnya Menjadi Minyak Sehat

Manfaat Kelapa Ijo untuk Wanita dan Cara Mengolahnya Menjadi Minyak Sehat

Pada artikel kali ini saya akan memberikan manfaat kelapa ijo untuk wanita. Kelapa memang banyak manfaatnya terlebih lagi banyak ditemukan dimana-mana, selain itu kelapa ijo juga bisa dijadikan minyak yang menyehatkan lho.

Kelapa Ijo

Kelapa hijau mudah ditemukan di berbagai negara tropis, termasuk Indonesia. Di hari yang panas seperti ini, biasanya Anda bisa menyegarkan tubuh dengan segelas es kelapa muda. Namun selain rasanya yang enak dan segar, air kelapa muda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat air kelapa muda sudah tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan banyaknya minuman sehat yang menggunakan air kelapa muda sebagai bahan utamanya. Selain itu, Anda bisa mendapatkan minyak sehat dari kelapa, lebih mudah menggunakan mesin pembuatĀ  minyak kelapa. Di bawah ini adalah manfaat dan cara mengubah kelapa menjadi minyak.

Manfaat Kelapa Ijo untuk Wanita

1. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

ISK adalah infeksi yang biasanya dihadapi kebanyakan wanita. Air kelapa dapat membunuh bakteri penyebab infeksi saluran kemih atau penyakit lainnya. Minum air kelapa dua kali sehari jika Anda juga menderita infeksi vagina.

2. Pertahankan Asupan Air

Air kelapa adalah salah satu minuman terbaik untuk banyak manfaat kesehatan bagi wanita. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Air kelapa bisa menjadi minuman yang sangat ampuh saat dehidrasi. Tidak membuat tubuh Anda terhidrasi, minuman ini juga mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari air kelapa tidak hanya untuk wanita tetapi juga untuk pria. Air kelapa memiliki kandungan kalori rendah, yang meningkatkan waktu Anda merasa kenyang.

Air kelapa tidak hanya menghilangkan racun dari tubuh, tetapi juga membersihkan sistem dan meningkatkan kandungan oksigen dalam sel darah. Merupakan minuman rendah lemak yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL dan membakar lemak dalam tubuh.

4. Baik untuk Kulit

Air kelapa bisa menjadi resep perawatan kulit wanita. Air kelapa dapat melembabkan kulit dan membersihkannya dari dalam ke luar. Konsumsi minuman ini secara teratur dapat membuat kulit lembut dan bercahaya.

5. Mengatasi Rasa Panas pada Organ Kewanitaan

Infeksi pada vagina dapat menyebabkan sensasi terbakar pada organ kewanitaan. Minum air kelapa bisa menjadi cara yang sangat mudah untuk mengatasi hal tersebut.

Beberapa di antaranya bermanfaat bagi kesehatan yang bisa didapatkan wanita dari air kelapa. Cobalah untuk mengkonsumsinya secara teratur untuk menghilangkan rasa haus dan tetap bugar.

Cara Membuat Minyak Kelapa

Bahan-bahan

  • 1 buah kelapa tua
  • Air kelapa muda secukupnya

Cara membuat

  1. Kupas dan ambil daging kelapanya terlebih dahulu.
  2. Gosok kelapa dengan tangan menggunakan sisi parutan yang tipis. Tambahkan sekitar 1-3 gelas air ke kelapa parut (cairan ekstra akan membantu saat memeras santan).
  3. Peras santan dari kelapa parut dengan tangan. Kemudian saring santannya.
  4. Tuang santan ke dalam panci besar dan biarkan memanas. Tapi jangan sampai santannya mendidih.
  5. Cukup hangatkan dan matikan api. Dan jangan mengaduk campuran. Biarkan santan dingin.
  6. Setelah dingin dengan sendok, keluarkan lemak dari atas dan tambahkan ke wajan.
  7. Aduk perlahan selama proses ini. Biarkan puding kelapa mendidih, lalu kecilkan api menjadi sedang dan didihkan selama sekitar 45 menit.
  8. Dalam proses ini, penampilan akan berubah. Noda bening (minyak) dan limbah kental berwarna abu-abu kecokelatan akan muncul.
  9. Minyak akan terus terpisah dari limbah yang disiapkan.
  10. Saring minyak melalui saringan atau gunakan mesin peniris minyak centrifuge untuk memisahkan minyak.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga bermanfaat.