Skip to toolbar

Home » Berkebun » Merawat Tanaman Buah Lemon Lokal agar Tumbuh Lebat

Merawat Tanaman Buah Lemon Lokal agar Tumbuh Lebat

Buah lemon merupakan jenis jeruk-jerukan yang biasanya dimanfaatkan untuk penyedap rasa masakan. Agar memberikan sensasi menyegarkan karena rasa buahnya yang masam. Buah lemon juga saat ini telah diketahui banyak dimanfaatkan sebagai buah pendamping diet. Karena dengan mengkonsumsi buah lemon rasa lapar akan dapat tertunda.

Serta kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah lemon juga mampu untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh sehingga anda akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Buah lemon juga diketahui mengandung antioksidan yang baik dapat mencegah terjadinya resiko kanker di dalam tubuh. Berbagai macam manfaat yang terdapat pada buah lemon ini membuat banyak orang mulai membudidayakan pohonnya.Salah satu yang dicari untuk dibudidayakan oleh masyarakat adalah bibit lemon lokal.

Bibit lemon lokal memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan jenis lemon import. Ukuran buah lemon lokal jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis lemon import. Warna kuning pada buah lemon lokal juga berbeda. Karena warna kuning lemon lokal lebih pudar, tidak secerah warna kuning pada lemon import.

Untuk dapat menumbuhkan buah lemon dengan baik, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan dalam merawat bibit lemon lokal :

Melakukan Penyiraman

Sama seperti tanaman buah pada umumnya. Bibit lemon lokal juga membutuhkan perawatan seperti halnya penyiraman. Penyiraman dapat dilakukan setiap dua kali sehari pada waktu pagi dan juga sore hari atau juga saat malam setelah waktu maghrib. Jika tanaman tidak disiram media tanam akan mengering dan membuat bibit menjadi layu bahkan bisa menyebabkan kematian bibit. Tetapi jika melakukan penyiraman secara berlebihan juga tidak baik bagi bibit. Karena dapat menyebabkan perakaran pohon menjadi busuk dan akhirnya mati.

Penyiangan

Penyiangan juga harus dilakukan secara rutin, dengan melakukan penyiangan nutrisi akan terserap sepenuhnya oleh bibit lemon lokal. Lakukan penyiangan setiap 4 minggu sekali saat musim hujan. Saat musim kemarau lakukan penyiangan setiap 6 minggu sekali. Anda bisa mencabuti gulma dan juga rumput liar yang biasanya mengambil nutrisi dari bibit.

Penggemburan Tanah

Tanah juga harus rutin digemburkan agar penyerapan nutrisi bisa lancar. Penggemburan tanah yang baik juga bisa menghindarkan terjadinya pemadatan tanah yang jika disiram air akan menggenang karena tanahnya padat. Lakukan penggemburan tanah menggunakan cangkul, namun pastikan agar cangkul tidak melukai perakaran bibit. Jika perakaran bibit terluka anda harus memberikan perhatian khusu agar bibit tidak layu dan mati.

Pemupukan

Pemupukan adalah hal yang penting untuk merangsang bibit tumbuh dengan baik dan berbuah banyak. Lakukan pemupukan secara bertahap bergantung pada usia bibit. Jika bibit berusia satu tahun berikan pupuk kandang setiap 6 bulan satu kali. Jika sudah berumur 2 tahun keatas intensitas pemberian pupuk bisa ditingkatkan menjadi 3 kali dalam satu tahun atau setiap 4 bulan sekali. Anda juga bisa menggunakan pupuk anorganik asalkan disesuaikan dengan takaran yang ada di dalam kemasan. Memberikan pupuk terlalu berlebihan malah akan memberikan efek yang buruk bagi tanaman. Biasanya rasa buah akan menjadi kurang maksimal.

Demikianlah kiat-kiat dalam merawat bibit lemon lokal. Jika anda tertarik untuk menanam bibit lemon ini segera dapatkan di toko-toko pertanian terdekat yang ada disekitar tempat tinggal anda. Terimakasih sampai jumpa di artikel-artikel lainnya dan happy gardening pembaca sekalian.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/jual-bibit-lemon-lokal.htm