Skip to toolbar

Home » Pendidikan » S1 Psikologi, Bisa Kerja Dimana Saja!

S1 Psikologi, Bisa Kerja Dimana Saja!

Lulus S1 psikologi bisa kerja dimana saja! Itu mungkin yang akan terlintas di pikiran Anda, ketika hendak masuk ke jurusan psikologi. Pada dasarnya ada cukup banyak lowongan yang dapat Anda ikuti, ketika masuk ke jurusan Psikologi. Hanya saja ada yang memang diperuntukkan bagi para S1, namun ada juga yang membutuhkan keahlian khusus, seperti S2. Lalu jenis pekerjaan apa saja yang dapat diikuti oleh para lulusan S1, antara lain :

1.  Personalia / HRD

Salah satu jenis lowongan pekerjaan yang cukup banyak diminati oleh para lulusan S1 psikologi adalah HRD atau yang dikenal dengan istilah personalia. Ini adalah salah satu bidang dalam sebuah perusahaan yang tugasnya mengatur para karyawan atau staff yang memang bekerja di perusahaan tersebut.

Jadi wajar saja, apabila ada cukup banyak bidang yang dapat Anda masuki, ketika masuk ke departemen HRD tersebut. Misalnya saja staff recruitment, staff Compensation and Benefit, dan yang lainnya.

Satu yang jelas, dalam staff tersebut, lulusan psikologi, dapat mengamalkan ilmu, dalam meningkatkan kemampuan SDM yang ada, dengan menganalisis sifat, dan kemampuan dari apra SDM itu sendiri.

2.  Guru BK / BP

Lalu prospek kerja psikologi berikutnya adalah jadi guru BK atau yang juga disebut dengan guru BP. Pada dasarnya setiap sekolah membutuhkan seorang Guru BK atau BP. Fungsi dari guru tersebut adalah memberikan layanan konseling, terhadap para siswa yang memang mengalami kesulitan belajar, atau beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Itu sebabnya lowongan pekerjaan yang satu ini terbilang cukup banyak. Terutama sekolah swasta, pasti mempunyai guru yang dimaksud. Adanya guru konseling ini sendiri, tidak hanya ada pada sekolah dengan tingkat SMA atau yang sejajar, bahkan SMP dan yang sejajar, SD, hingga PAUD pun membutuhkan guru tersebut.

3.  Peneliti

Tidak hanya di Gokampus saja Anda dapat meneliti, berbagai macam kampus yang ada di Indonesia, beserta kelebihan dan kekurangannya. Di beberapa fasilitas publik, seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), atau LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), atau bahkan jajaran pemerintah, juga membutuhkan seorang peneliti, yang dapat meneliti, hal-hal tertentu.

Tentunya para lulusan S1 Psikologi, sudah tidak asing dengan kegiatan penelitian. Itu sebabnya, ini akan jadi salah satu pilihan jenis pekerjaan yang tepat.   

4.  Terapis anak berkebutuhan khusus

Bagi Anda yang termasuk penyabar, dan senang terhadap anak-anak, maka jadi seorang terapis untuk anak berkebutuhan khusus, dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan. Saat ini ada cukup banyak anak yang menderita kebutuhan khusus, seperti autisme, dan yang lainya.

Yang jadi masalah adalah, seseorang yang dapat mendukung tumbuh kembang, dan terapis untuk anak tersebut, tidak banyak. Lulusan psikologi S1 termasuk ke dalam orang yang mampu dan dapat menjadi seorang terapis, mengingat ada beberapa metode kuliah yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

5.  Head Hunter

Bisa dibilang ini adalah salah satu profesi yang belum terkenal, namun cukup diminati belakangan ini. Ini adalah salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda yang lulus jurusan Psikologi. Dalam hal ini, Anda akan bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang sedang melakukan recruitement, dan mencari kandidat karyawan dan karyawati yang berkualitas, dan pastinya layak untuk dipekerjakan.

Walaupun memang, untuk dapat menjalankan posisi seperti ini, Anda harus mempunyai pengalaman yang cukup. Terutama dalam menilai dan menganalisa orang. Menjadi seorang staff di perusahaan yang dimaksud, sambil terus mengasah kemampuan menganalisa dan menilai para calon karyawan yang cocok, sedikit banyak membantu karir Anda akan tetap cemerlang.

6.  Asisten psikolog forensik

Untuk jadi seorang psikolog forensik sendiri, Anda membutuhkan pengetahuan khusus. Tapi untuk jadi seorang asisten psikolog forensik, pastinya S1 psikologi dapat melakukannya. Seperti namanya, maka tugasnya menjadi seorang asisten dari dokter forensik.

Terutama dalam membantu mengidentifikasi pola dan perilaku manusia, berdasarkan karakter tubuh, dan kondisi tubuh orang tersebut.

Dari penjelasan diatas, tentunya dapat disimpulkan, bahwa ada cukup banyak pekerjaan yang dapat dijalankan oleh seorang S1 psikologi. Selain beberapa jenis pekerjaan yang baru saja disebutkan ada juga jenis pekerjaan lainnya, seperti menerjemahkan buku Psikologi, membuat buku psikologi, dan masih banyak jenis pekerjaan lainnya.