Sukseskan Satu Data Indonesia, Bappenas Ajak Semua Pihak

Sukseskan Satu Data Indonesia, Bappenas Ajak Semua Pihak

Sukseskan Satu Data Indonesia, Bappenas ajak semua pihak. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, meminta agar semua pihak mendukung baik dari pusat hingga daerah ikut berpartisipasi dalam joker123 perbaikan tata kelola pembangunan Indonesia.

Sebagaimana aturan Presiden nomor 39 tahun 2019, tentang satu data Indonesia yang menjadi landasan hukum dalam perbaikan tata kelola data.

Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagik pakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

Menurutnya, dengan memenuhi standar, data, metadata, Interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi serta data induk. “Harmonisasi dan penyeragaman empat komponen tersebut perlu dilakukan untuk mempermudah Interoperabilitas baik lintas instansi dan pemerintah daerah maupun lintas lainnya,” kata Suharso dalam Sosialisasi Satu Data Indonesia secara Virtual, Senin (3/8/2020).

Baca Juga : Kartu Prakerja Gelombang Empat Segera Dibuka
Sukseskan Satu Data Indonesia, Bappenas Ajak Semua Pihak

Sukseskan Satu Data Indonesia, Bappenas Ajak Semua Pihak

Mengingat stakeholder satu data sgp Indonesia yang terlibat sangat luas, maka diperlukan penyamaan pemahaman mengenai maksud, tujuan, proses, dan pembagian tugas yang jelas.

Karena itu, dirinya meminta agar semua pihak untuk mendukung kebijakan satu data Indonesia, memetakan persepsi yang sama, memahami kendala yang sama, memahami kendala yang sama, serta masukan dari Kementrerian dan Lembaga tingkat pusat sangat dibutuhkan.

Untuk tingkat pusat ia menyebut pihaknya sebagai salah satu pelaksana, dan lima instansi pusat lainnya sebagai dewan pengarah, seperti kementerian PAN RB, Kominfo, Kemendagri, Kementrian Keuangan, dan Badan Informasi Geospasial.

“Data statistik yang diampu oleh pusat statistik, data geospasial oleh badan live22 Informasi geospasial, data keuangan negara oleh kementerian keuangan, serta penyelenggara di instansi pusat di Kementerian masing-masing sebagai wali data dan produsen data,” jelasnya.

Baac Juga : Cara Cek Saldo dan Cairkan Jamsostek

Melansir Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia, Walidata merupakan unit pada Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan Data yang disampaikan oleh Produsen Data, serta menyebarluaskan Data.

Sedangkan Produsen Data adalah Unit pada Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang menghasilkan Data berdasarkan kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undagan login joker123.

Demikian, Suharso berharap dengan adanya sosialisasi satu data Indonesia 2020 ini instansi pemerintah pusat dan daerah, bahkan semua pihak dapat memperoleh penjelasan yang luas tentang tujuan dan maksud satu data Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *