Kemenhub Siapkan Edaran GeNose di Kereta Inaani Blog

Kemenhub Siapkan Edaran GeNose di Kereta

Kemenhub Siapkan Edaran GeNose di Kereta. Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan penggunaan GeNose untuk penumpang kereta api jarak jauh untuk tes Covid-19 baru berlaku pada 5 Februari 2021 live22 mendatang.

Saat ini, Kemenhub sedang mempersiapkan surat edaran (SE) terkait penggunaan GeNose untuk penumpang kereta jarak jauh.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan pihaknya akan segera menerbitkan SE tersebut. Hanya saja, ia belum bisa memastikan kapan tepatnya SE akan terbit.

“SE secepatnya. Tapi kalau penggunaan GeNose baru akan mulai 5 Februari 2020,” ucap Adita kepada Media, Selasa (26/1).

Baca Juga : Pemerintah Siapkan Rp73 Triliun untuk Vaksin Covid-19 Gratis

Kemenhub Siapkan Edaran GeNose di Kereta

Kemenhub Siapkan Edaran GeNose di Kereta

Ia menyatakan penumpang kereta api jarak jauh nantinya dapat menggunakan GeNose dan tes RT-PCR atau rapid test antigen untuk tes Covid-19. Hal tersebut akan menjadi syarat bagi penumpang dalam berpergian.

“Khusus untuk kereta api jarak jauh ya (GeNose dan Rapid Test Antigen),” imbuh Adita. Namun, untuk perjalanan menggunakan bus, penumpang akan menggunakan tes acak. Artinya, bisa menggunakan Rapid Test Antigen joker388 dan GeNose.

Terketahui, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memperbolehkan penumpang kereta api jarak jauh pada wilayah Pulau Jawa menggunakan GeNose untuk tes covid-19. Aturan itu tertuangkan dalam Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2021.

“Khusus untuk perjalanan dengan menggunakan kereta api pada luar wawasan satu aglomerasi, selain menggunakan RT-PCR dan rapid test antigen atau GeNose test,” bunyi protokol nomor 3 huruf c angka IV SE Nomor 5 tahun 2021.

Baca Juga : Harga Batu Bata Merah Berbagai Ukuran

SE tersebut mengatur pelaku perjalanan laut atau kereta api antarkota wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19. Surat keterangan negatif Covid-19 berlaku jika pengambilan sampel terlakukan maksimal prediksi togel tiga hari sebelum perjalanan.

“Surat edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 26 januari 2021 sampai dengan tanggal 8 Februari 2021 dan akan terevaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan,” bunyi akhir surat edaran itu.

Itulah pemberitahuan dari Kemenhub mengenai pernyataan penggunaan GeNose penumpang kereta api jarak jauh untuk tes Covid-19 yang akan berlaku pada 5 Februari 2021 ini yang dapat kami berikan.