Membuat codeigniter Web Service

6.jpg
Nama: Alfindo rizki Subekti
Nim: a11.2018.10951

Selamat siang pagi dan malam teman teman, setelah meberikan tutorial insert, delete, edit, update, Register, Login dan Logout pada web sekarang kita akan mencoba mengunakan web service yg berguna untuk mempilkan data dari database dari website yang berbeda. bagi teman temen yang baru berkunjung kesini silahkan totnton tutorial sebelunnya ya agar kalian mudah memhami .

Web services adalah mekanisme komunikasi dua aplikasi/mesin terlepas dari arsitektur dan teknologi yang digaribawahi.

Layanan web memiliki antarmuka, yang menyembunyikan detail implementasi sehingga dapat digunakan secara terpisah dari platform perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakannya, dan secara terpisah dari bahasa pemrograman yang digunakan.

nah pada saat ini kita bisa gunakan web service sebagai pengambil data dari database server, sehingga kita tidak perlu membuat database sendiri.

berikut saya akan memeberikan contoh bagaimana web service bekerja dari server dulu ya:

disini saya mengunakan website A sebagai servernya yg di alam data server sudah meng encoe database produk miliknya; mekanisme kerjanaya datastok akan mengambil data dari database produk lalu data pada db produk akan di encoe engan json_encode.

dah lalu kita coba run db yg sudah kita buat menjadi json(untuk aplikasi bantuan meampilkan data j son secara rapi silahkan download extensi json view) disana ada data yg idalamnya terdapat data yg sudah diambil dari ata stok.

nah setelah mencoba json pada server sekarang kita akan mencoba mengunakannya pada claient: pertama buat/ gunakan website baru yg bukan server. contoh saya mengunakan web toko sarung:

pertama buat new file terserah namanya apa, lalu buat fungsi index yg berguna untuk mengkoneckan kita ke db sever yg tadi, disini cinten sebagai penunjuk bahwa akan mengambil data pada (“alamat tujuan json server yg kita buat di controler server”); setelah itu encode conten setelah mengambil data lalu kita buat hasil sebagai decode dari conten encode lalu beri status true. setelah sukses mengambil json dari server lalukita coba untuk menampilkannya si view srvice

nah di view service ini harus kita sesuaikan sesuai data dari derver, dilihat data dari servet terdapat no. nama. jumlah. dan harga. setelah selesai coba kita lihat hasilnya

nah data sudah berhasil kita tambilkan di website claient tanpa harus membuat database sendiri

Membuat Website untuk Register, Login dan Logout (CodeIgniter CRUD Session)

6.jpg
Nama: Alfindo rizki Subekti
Nim: a11.2018.10951

Selamat siang pagi dan malam teman teman, setelah meberikan tutorial insert, delete, edit, update sekarang saya akan memberikan tutorial untuk Register, Login dan Logout pada web stok toko sarung. bagi teman temen yang baru berkunjung kesini silahkan totnton tutorial sebelunnya ya agar kalian mudah memhami .

Untuk Register, Login dan Logout nantinya terdapat register sebagai tempat user melakukan pendaftaran akun yang akan masuk kedalam database, kemudian pada login user akan masuk dengan username dan password yang sebelumnya telah siinput si bagian register, jika password dan username cocok maka user bisa mengakses website toko sarung yg sebelumnya telah dubuat, dan teruntuk logout sebagai akses keluar website.

langkah awal 1: untuk tahap pembuatan Register, Login dan Logout pertama kita buat tabel database user dengan 3 kolom (no, user, pass) didalam database stok sarung.

database diatas adalah contoh kolom dan tabel yg sudah dibuat nantinya sebagai penampung username dan pasword untuk melakukan login. setelah selesai membuat databasenya selanjutnya menuju keprogramnya.

langkah ke 2: membuat model dan melakukan setting sassion.

untuk modelnya mengunakan model sebelumnya yaitu model website toko sarung yg nantinya bisa dimanfaatkan untuk membuat Register,login,logout.

nah untuk session bisa kalian set pada config->autoload.php dan tambahkan array “session” agar nantinya kalian bisa mengunakan fitur session.

langkah ke 3: oke dilangkah ke tiga ini kita akan menuju ke view untuk memuat form_daftar, form_login dan logut. untuk sistem kerjanya sama seperti input stok barang dan update.

pertama buat form_daftar.php: untuk form daftar buat untuk menginputkan username dan password. dan set base url nya ke aksi_daftar(fungsi di controler). yg nantinya username dan pasword akan dimasukan ke database user setelah menuju controler fungsi aksi daftar.

kedua buat form_login.php: untuk form login sama seperti form daftar hanya base urlnya yg berbeda.

<a href=”<?php echo base_url().’index.php/welcome/logout’;?>”>logout</a> untuk logout buat link pada view home toko sarung yg nantinya akan menuju fungsi logout yg berada di controler.

Langkah ke 4: setelah meyelesaikan bagin view sekarang ke bagian controlernya.

buat fungsi constructor agar kalian tdiak perlu mengload data ke odel.

buat fungsi aksi daftar pada controlernya, buat data inputan adalah array yang didalamnya terdapat user dan pass(md5 untuk meng enkripsi pasword agar tidak mudah dilacak).

selanjutnya buat aksi login di controler, disini kita pangil dulu user dan pass yg telah dimasukan agar nanti bisa kita cocokan. setelah itu seperti biasa kita buat array penunjuk user dan pass untuk mencocokan user dalam database dan user yg baru diinpukan. setelah itu cek data (gunakan cek data yg ini ya gaes *revisi=$dataCek=count($this->modelku->getData_Khusus(‘user’,$dataPenunjuk)); ) untuk melihat apakah data sudah cocok ada dlm database dan untuk count sebagai penghitung jumplah arraynya bila ada data yang sma maka 1 jika tidak 0.

selanjutnya jika data yg dicek ada(berarti 1) maka user bisa mengakses kedalam website.

HASIL RUN

setelah berhasil masuk

Membuat Website Toko Sarung: CodeIgniter CRUD Update

6.jpg
Nama: Alfindo rizki Subekti
Nim: a11.2018.10951

selamat siang pagi dan malam teman teman, setelah meberikan tutorial insert, delete, edit, sekarang saya akan memberikan tutorial CRUD update pada web stok toko sarung. bagi teman temen yang baru berkunjung kesini silahkan totnton tutorial sebelunnya ya agar kalian mudah memhami .

oke langsung saja kita mulai membuat CRUD Updatenya:

1. langkah awal kita menuju ke modelnya untuk membuat fungsi update nah dimodel ini nantinya akam memproses pengapdetan didalam database yang merujuk pada tebel dan dimana data yg akan diupdate(model->modelku.php)

berinama fungsinya dengan update yang dimana nantinya di Update ini akan berisikan variabel $tabel(letak tebel mana yang akan Update) $data(data yg akan diUpdate) dan $where(dimana data yang akan Update). lalu pada $toko akam memproses data yang akan diupdate sesuai $tabel, $data, $where.

2. Setelah mebuat model pada fungsi Updatenya, langkah kedua iyalah menuju controlernya. dicontroler ini sebagai penunjuk data mana nih yang akan diUpdate(controler->welcome.php)


buat fungsi ambil_dataWhere untuk mengarahkan data yg akan di edit ke form_edit.

buat fungsi update_data dan beri $dataInputan sebagai array untuk meninputkan nama, jumlah, dan harga. lalu buat array penunjuk dengan membuat variabel $dataPenunjuk yang terdapat array ‘no'(‘no’ adalah variabel data dari index pada database) sebagai penunjuk,

lalu simpan pemrosesan ke model(‘modelku’) kemudian pada $dataStok menujuk pada model perbarui data yg didalamnya berisikan produc stok sebagai tabel, $data inputan sebagai $data, dan $dataPenujuk sebagai $where

untuk redirect untuk merefres saja agar kembali ke base url websire.

3. Setelah selesai mebuat Controlernya sekarang kita akan menuju ke viewnya,diview ini nantinya akan membuat agar data ‘no’ bisa dikirim sesuai kolom tabel bedasarkan no indeknya (view->home.php) dan di edit_form sebagai tempat update data.

<td><a href='<?php echo base_url().'index.php/welcome/ambil_data/'.$dat['no']; ?>'>Hapus</a> 

kita buat agar update berada pada kolom indek yang sama dengan menambahkan baris/cell <td>.

Update ini akan menunjuk ke base url(). pada controler welcome.php -> fungsi ambil data dan akan menambahkan indek dengan variabel ‘no’ pada aray $dataPenunjuk yang telah dibuat pada step 2 controler tadi.

setelah membuat penguhung update datanya sekarang buat form_edit sebagai tempat mengupte data.

Berikut hasil run program:

sebelum diupdate

proses edit_form

setelah diupdate

Membuat Website Toko Sarung: CodeIgniter CRUD Delete

6.jpg
Nama: Alfindo rizki Subekti
Nim: a11.2018.10951

selamat siang pagi dan malam teman teman, setelah meberikan tutorial insert, update, edit, sekarang saya akan memberikan tutorial CRUD delete pada web stok toko sarung. bagi teman temen yang baru berkunjung kesini silahkan totnton tutorial sebelunnya ya agar kalian mudah memhami Disini.

oke langsung saja kita mulai membuat CRUD deletenya:

1. langkah awal kita menuju ke modelnya untuk membuat fungsi delete nah dimodel ini nantinya akam memproses penghapusan didalam database yang merujuk pada tebel dan dimana data yg akan dihapus(model->modelku.php)

(model -> modelku)

berinama fungsinya dengan hapus yang dimana nantinya di hapus ini akan berisikan variabel $tabel(letak tebel mana yang akan duhapus) dan $where(dimana data yang akan dihapus). lalu pada $toko akam memproses data yang akan dihapus sesuai $tabel, $where.

2. Setelah mebuat model pada fungsi hapusnya, langkah kedua iyalah menuju controlernya. dicontroler ini sebagai penunjuk data mana nih yang akan dihapus (controler->welcome.php)

(controler->welcome.php)

buat fungsi hapus_data dan beri variabel $penunjuk sebagai penunjuk data no berapa yang akan dihapus. lalu buat array penunjuk dengan membuat variabel $dataPenunjuk yang terdapat array ‘no'(‘no’ adalah variabel data dari index pada database) sebagai penunjuk,

lalu simpan pemrosesan ke model(‘modelku’) lalu menunjuk pada model hapus yang didalamnya berisi produc_stok($tabel) dan $dataPenunjuk($where).

untuk redirect untuk merefres saja agar kembali ke base url websire.

3. Setelah selesai mebuat Controlernya sekarang kita akan menuju ke viewnya,diview ini nantinya akan membuat agar data ‘no’ bisa dikirim sesuai kolom tabel bedasarkan no indeknya (view->home.php).

(view->home.php)
<td><a href='<?php echo base_url().'index.php/welcome/hapus_data/'.$dat['no']; ?>'>Hapus</a> 

kita buat agar hapus berada pada kolom indek yang sama dengan menambahkan baris/cell <td>.

hapus ini akan menunjuk ke base url(). pada controler welcome.php -> hapus data dan akan menambahkan indek dengan variabel ‘no’ pada aray $dataPenunjuk yang telah dibuat pada step 2 controler tadi.

Berikut hasil run program:

sebelum dihapus

Data sebelum dihapus

Setelah dihapus

data setelah dihapus

membuat DB Toko Sarung dengan menerapkan konsep MVC

6.jpg
Nama: Alfindo rizki Subekti
Nim: a11.2018.10951

Oke kali ini saya akan memberikan tutorial bagai mana membuat database toko sarung menggunakan konsep MVC. didatabase ini terdiri dari Tabel cashier dan Tabel produk_stok yang masing masing tabel berisi data tabel produk dengan kolom: no, nama, jumlah, harga dan untuk Tabel cashier dengan kolom: no, id_cashier, nama, hak_akses.

oke langsung saja kita buat database sarungnya terlebih dahulu

(database toko sarung)

langkah awal kitabuat dulu database toko sarung. lalu kita buat 2 tabel yaitu tabel berisikan table cashier yang terditi dari 4 kolom yaitu no, id, nama, hak akses.

lalu kita buat tabel prodic_stok yang terdiri dari 4 kolom yaitu no, nama, jumlaj, harga

setelah membuat databasenya kita akan membuat Toko Sarung dengan menerapkan konsep MVC.

langkah awal untuk menerapkan konsep MVC(method view controler) kita memerlukan framework PHP yaitu CODEigniter yang bisa kalian download di codeigniter.com, setelah mendownload code igniter silahkan ekstrak dan pindahkan file hasil extraksi ke xampp/htdoct lalu rename menjadi toko_sarung setelah itu kalian bisa membuka melalui text editor kesayangan kalain. untuk kali ini saya akan mengunakan text editor visual studio code.

setelah sukses melakukan menginstal code igniternya sekarang kita hubungkan dengan database yang sudh kita buat tadi dengan cara menujuke config lalu cari database.php lalu set

‘username’ => ‘root’,    ‘password’ => ”,    ‘database’ => ‘toko_sarung’,

setelah mengkoneksikan databasenya kita akan membuat 2 fungsi yaitu yang pertama menampilkan data stok sarung yang kedua yaitu fungsi untuk menampilkan cashier.

Yang pertama kita buat fungsi index dan fungsi cashier di controlernya untuk menampilkan data stok darung dan cashier yang telah kita inputkan di database kita tadi:

  1. kita menuju ke controler lalu buat file baru dengan nama yang tertera di ruter ($route[‘default_controller’] = ‘welcome’;) ruter ini nantinya akan mengset tampilan awal kemana kita akan pergi saat membuka website , kali ini saya saya set ruter gunakan welcome.php
  2. setelah itu menuju ke models lalu buat file baru bernama medelku.php yang nantinya untuk select tabel pada database
  3. setelah itu menuju ke view lalu buat file baru dengan nama home.php dan cashier.php

buat fungsi di indek dan cashier di welcome.php

penjelasannya:

  • $this->load->model(‘modelku’); nantinya fungsi yang dibuat akan melanjutkan proses menuju ke modelku.php
  • $dataStok=$this->modelku->getProduk_sarung(); kita buat variabel data stok yang berisikan getProduk_sarung() yang berada di modelku.php
  • $data2=array(  ‘data’ => $dataStok ); lalu buat array dari datastok tadi
  • $this->load->view(‘home’, $data2); proses dari data2 akan dikirim menuju view > home.php

Buat public function getProduk_sarung dan function getCashier di modelku.php untuk menselect mana sajanih tabel dan kolom yang akan ditampilkan di view

lalu menuju ke view dan tampilkan di home.php hasil untuk menampilkan stok toko sarung

Buat di cashier.php hasil untuk menampilkan database cashier toko sarung

hasil output stok dan cashier Toko Sarung:

Perulangan Pada Bahasa C (nested loop)

rewrwer

Looping (Perulangan) Pada Bahasa C

Diposting oleh Komang Anom Budi Utama Selasa, 10 April 2012

Looping adalah sebuah program perulangan statement dengan jumlah tertentu jika kondisi terpenuhi. Perulangan akan berhenti jika nilai yang dimasukan sudah tidak memenuhi syarat yang diberikan.

Macam-macam looping pada C :

  • while loop

Syntax : while (expression) statement

  •  do-while loop

Syntax : do statement while (condition);

Secara fungsional hampir sama dengan while loop, hanya saja condition dalam do-while dievaluasi setelah eksekusi statement, dengan kata lain sedikitnya satu kali eksekusi statement walaupun kondisi tidak terpenuhi.

  • for loop

Syntax : for(initialization;condition;increase) statement;

Fungsinya akan mengulang statement jika condition bernilai benar. Sama seperti while loop, hanya saja for memungkinkan untuk memberikan instruksi initialization dan instruksi increase, sehingga dapat menampilkan loop dengan counter.

Algoritma perulangan for :

  1. initialization, digunakan untuk memberikan nilai awal untuk variabel counter. Dieksekusi hanya sekali.
  2. condition, dievaluasi jika bernilai true maka loop berlanjut, sebaliknya loop berhenti dan statement diabaikan.
  3. statement, dieksekusi bisa berupa instruksi tunggal maupun blok instruksi (dalam tanda {})
  4. increase, dieksekusi kemudian algoritma kembali ke step 2.
CONTOH SOAL LOOPING

1. Jojo merupakan salah satu mahasiswa UDINUS yang megambil progdi Teknik Informatika, suatu hari dia mendapatkan tugas dari salah satu dosen untuk membuat program yang bisa menghitung bilangan faktorial dengan menampilkan bilangan dari faktorial dan hasilnya.

 

Contoh:

Input –> 3

//output

Bilangan faktorial –> 3, 2, 1

Hasil –> 6

2. Dandhy seorang programer yang menguasai bahasa C, suatu ketika dia melihat adiknya kesusahan dalam menghitung suatu bilangan positif dan negatif, salah satu contoh soalnya seperti ini + 2 – 4 + 6 – 8 + 10 – 12 + 14 = . . . .

Dandhy ingin membantu adiknya untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh adiknya. Coba Anda selesaikan masalah tersebut dengan sebuah program dala bahasa c.

 

Contoh :

//output

+ 2 – 4 + 6 – 8 + 10 – 12 + 14 =

Hasil perhitungan bilangan positif dan negatif diatas adalah 8

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int i, bil, hasil=1;

int main ()
{

printf(“=== PROGRAM FAKTORIAL ==”);

printf(“\nMasukkan bilangan faktorial: “);
scanf(“%d”, &bil);

i=bil;
while(i>=1)
{
printf(” %d “,i);
hasil=i*hasil;
i–;
}
puts(” “);
printf(“Faktorial dari %d! = %d\n”, bil, hasil);
puts(“==============================================\n”);

//Kamus:
int a = 1,b=2,jml=0;
do
{
if(a%2==0)
{
printf(” – %d”,b);
jml=jml-b;
}else
{
printf(” + %d”,b);
jml=jml+b;

}
a=a+1;
b=b+2;
} while(a<=7);
printf(” =”);
printf(“\n hasil = %d”,jml);

return 0;
}

Tahapan Bubble Sort dalam Bahasa C

Bubble Sort

bubble-sort1

Bubble Sort adalah algoritma pengurutan paling sederhana yang bekerja dengan bertukar elemen yang berdekatan berulang kali jika urutannya salah.

Proses pengurutan Bubble Sort

Tahapan Bubble Sort Ascending (Kecil –> Besar) :

Tahap pertama adalah pembandingan bilangan yang pertama dengan n bilangan yang lainnya. Apabila ditemukan bilangan yang lebih kecil daripada bilangan yang pertama tadi, maka bilangan tersebut akan ditukar tempatnya sehingga sekarang bilangan yang lebih kecil tersebut akan menempati posisi pertama. Proses pembandingan tersebut akan berlangsung n kali sesuai jumlah data yang ada. Pada akhir proses pembandingkan, maka pada posisi yang pertama akan didapatkan bilangan yang nilainya paling kecil.

Tahapan Bubble Sort Descending(Besar ke –> Kecil) :

Tahap pertama adalah pembandingan bilangan yang pertama dengan n bilangan yang lainnya. Apabila ditemukan bilangan yang lebih besar daripada bilangan yang pertama tadi, maka bilangan tersebut akan ditukar tempatnya sehingga sekarang bilangan yang lebih besar tersebut akan menempati posisi pertama. Proses pembandingan tersebut akan berlangsung n kali sesuai jumlah data yang ada. Pada akhir proses pembandingkan, maka pada posisi yang pertama akan didapatkan bilangan yang nilainya paling besar.

Contoh:
Metode Pertama:
(5 1 4 2 8) -> (1 5 4 2 8), ///Di sini, algoritma membandingkan dua elemen pertama, dan bertukar sejak 5> 1.
(1 5 4 2 8) -> (1 4 5 2 8), ///Tukar sejak 5> 4
(1 4 5 2 8) -> (1 4 2 5 8), ///Tukar sejak 5> 2
(1 4 2 5 8) -> (1 4 2 5 8), ///Sekarang, karena elemen-elemen ini sudah berurutan (8> 5), algoritma tidak menukar mereka.Metode Kedua:
(1 4 2 5 8) -> (1 4 2 5 8)
(1 4 2 5 8) -> (1 2 4 5 8), /// Tukar sejak 4> 2
(1 2 4 5 8) -> (1 2 4 5 8)
(1 2 4 5 8) -> (1 2 4 5 8)
Sekarang, array sudah diurutkan, tetapi algoritma kami tidak tahu apakah sudah selesai. Algoritme membutuhkan satu pass penuh tanpa swap untuk mengetahui bahwa ia diurutkan.Metode Ketiga:
(1 2 4 5 8) -> (1 2 4 5 8)
(1 2 4 5 8) -> (1 2 4 5 8)
(1 2 4 5 8) -> (1 2 4 5 8)
(1 2 4 5 8) -> (1 2 4 5 8)
Jika diperhatikan, pada proses ketiga masih terus berjalan agar tidak ada satupun penukaran pada suatu proses. Proses ini dilakukan untuk verifikasi data. Kelebihan metode ini yaitu metode yang paling sederhana, namun kekurangannya ialah tidak efisien karena jika mengurutkan data yang besar maka akan sangat lama prosesnya.

Program Input data KIP siswa – Bahasa C – (looping,array,shorting,searching)

kartu-indonesia-pintar-kip

Berikut penjelasan sedikit tentang apa itu kip? KIP sendiri merupakan kartu yang ditujukan bagi keluarga miskin dan rentan miskin yang ingin menyekolahkan anaknya yang berusia 7-18 tahun secara gratis. Mereka yang mendapat KIP ini akan diberikan dana tunai dari pemerintah secara reguler yang tersimpan dalam fungsi kartu KIP untuk bersekolah secara gratis tanpa biaya. Program KIP sendiri akan ditujukan pada 15,5 juta keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia  yang memiliki anak usia sekolah 7 hingga 18 tahun baik yang telah terdaftar maupun yang belum terdaftar di sekolah maupun madrasah. Dengan program KIP ini diharapkan angka putus sekolah bisa turun dengan drastis.

NOTASI

/*Judul

Pembuatan program input KIP dengan array, tipe bentukan, sorting, searching.

 

Kamus

type nama

namadpn ← string

namatgh ← string

namablkng ← string

 

type alamat

jalan← string

RT← integer

RW← integer

kecamatan← string

kabupatenkota← string

provinsi← string

type tgl

tgl ← integer

bln ← string

thn ← integer

 

type KIP

namalgkp ← nama

tgllhr← tgl

jnskelamin← string

ibuwali← string

bpkwali← string

alamatrumah← alamat

 

KIP saya[1..10]<–  integer

x,y← integer

cari← integer

 

Deskripsi

saya← KIP

   x← 0

while (x<10) do

   input (namalengkap)

   input (NISN)

   input ( jnskelamin)

   input (alamatrumah RT RW)

   input(kecamatan)

   input(kabupatenkota)

   input(provinsi)

   x← x + 1

 

   x← 0

while (x<10) do

   output (namalengkap)

   output (NISN)

   output ( jnskelamin)

   output (alamatrumah,RT,RW)

   output (kecamatan)

   output (kabupatenkota)

   output (provinsi)

   x← x + 1

 

prosedur bubble sorting()

x ← 0

while (x<jml-1)

{

y← 0

while (y<jml-1)

{

if (saya[y]>saya[y+1]) then

{

temp=saya[y]

saya[y]=saya[y+1]

saya[y+1]=temp

       }

y← y+1

   }

x← x+1

}

 

prosedur caridata()

   x ← 0

while(x <  10)

{

input(cari nama);

 

if (saya[x].n_lengkap==cari nama)

 {

output(ketemu);

 }

else

 {

output(gak ketemu);

 }

x← x+1;

Coding

///Program
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <string.h>
/** Judul
Membuat program input Kartu Indonesia Pintar dengan array, tipe bentukan, sorting, dan searching
**/

///Kamus
int x,y,jumlah_kip,cari,cari_nama_siswa,tampilkan_data,cari_nisn;
int min,i,j;
int ketemu,cariData;

typedef struct
{
int tgl;
int bln;
int thn;
}tgl;

typedef struct
{
char jalan[50];
int RT;
int RW;
char kecamatan[30];
char kabupatenkota[30];
char provinsi[30];
}alamat;

typedef struct
{
char namalgkp[50];
tgl tgllhr;
int NISN[20];
char jnskelamin[20];
char ibuwali[40];
char ayahwali[40];
alamat alamatlgkp;
}KIP;
KIP saya[10];

///Deskripsi
int main()
{
puts(“===============PROGRAM PENGINPUT KIP===============”);
///saya merupakan konektor tipe bentukan yang diberi array
///loop untuk input
printf(“Masukan Jumlah Inputan KIP = “); scanf(“%d”,&jumlah_kip);
x=0;
while (x<jumlah_kip)
{
printf(“Silahkan input data dibawah ini : \n\n”);
printf(“Masukkan Nama Siswa\t\t\t\t : “); fflush(stdin);gets(saya[x].namalgkp);
printf(“Masukkan Tanggal Lahir(dd mm yyyy)\t\t : “); scanf(“%d %d %d”,&saya[x].tgllhr.tgl,&saya[x].tgllhr.bln,&saya[x].tgllhr.thn);
printf(“Masukkan NISN(Nomor Induk Siswa Nasional)\t : “); fflush(stdin); scanf(“%s”,&saya[x].NISN);
printf(“Masukkan Jenis Kelamin (Laki/Perempuan)\t\t : “); fflush(stdin); scanf(“%s”,&saya[x].jnskelamin);
printf(“Masukkan Nama Ibu / Wali\t\t\t : “); fflush(stdin); gets(saya[x].ibuwali);
printf(“Masukkan Nama Ayah / Wali\t\t\t : “); gets(saya[x].ayahwali);
printf(“Masukkan Alamat Rumah\t\t\t\t : “); gets(saya[x].alamatlgkp.jalan);
printf(“Masukkan RT/RW\t\t\t\t\t : “); scanf(“%d %d”,&saya[x].alamatlgkp.RT,&saya[x].alamatlgkp.RW);
printf(“Masukkan Kecamatan\t\t\t\t : “); fflush(stdin); gets(saya[x].alamatlgkp.kecamatan);
printf(“Masukkan Kabupaten / Kota\t\t\t : “); gets(saya[x].alamatlgkp.kabupatenkota);
printf(“Masukkan Provinsi\t\t\t\t : “); gets(saya[x].alamatlgkp.provinsi);
printf(“\n”);
x=x+1;
}

printf(“====================OUTPUT DATA KIP:===========================\n”);
///loop untuk menampilkan data
x=0;
while (x<jumlah_kip)
{
printf(“(data ke: %d)\n\n”,x);
printf(“Nama Siswa\t\t\t\t : %s\n”,saya[x].namalgkp);
printf(“Tanggal Lahir(dd mm yyyy)\t\t : %d %d %d\n”,saya[x].tgllhr.tgl,saya[x].tgllhr.bln,saya[x].tgllhr.thn);
printf(“NISN(Nomor Induk Siswa Nasional)\t : %s\n”,saya[x].NISN);
printf(“Jenis Kelamin (Laki/Perempuan)\t\t : %s\n”,saya[x].jnskelamin);
printf(“Nama Ibu / Wali\t\t\t\t : %s\n”,saya[x].ibuwali);
printf(“Nama Ayah / Wali\t\t\t : %s\n”,saya[x].ayahwali);
printf(“Alamat\t\t\t\t\t : %s.RT %d RW %d\n”,saya[x].alamatlgkp.jalan,saya[x].alamatlgkp.RT,saya[x].alamatlgkp.RW);
printf(“Kecamatan\t\t\t\t : %s\n”,saya[x].alamatlgkp.kecamatan);
printf(“Kabupaten / Kota Provinsi\t\t : %s %s\n”,saya[x].alamatlgkp.kabupatenkota,saya[x].alamatlgkp.provinsi);
printf(“\n\n”);
x=x+1;
}
printf(“\n\n”);
urutkan_data();
cari_data();

return 0;
}

/// Pengurutan data menggunakan metode bubble sort
void urutkan_data()
{
KIP temp;
x=0;
while (x < jumlah_kip-1)
{
y=0;
while (y < jumlah_kip-1)
{
if (strcmp(saya[y].namalgkp, saya[y+1].namalgkp) > 0)
{
temp=saya[y];
saya[y]=saya[y+1];
saya[y+1]=temp;
}
y=y+1;
}
x=x+1;
}
x=0;
while(x<jumlah_kip)
{
printf(“%d. %s \n”,x+1,saya[x].namalgkp);
x=x+1;
}
}

///prosedur untuk mencari sebuah data Sequential Search
void cari_data()
{
puts(“======================================\n”);
printf(“Cari data berdasarkan: \n”);
printf(“1. Nama Siswa\n”);
printf(“2. NISN(Nomor Induk Siswa Nasional)\n”);
printf(“Pilih cara pencarian:”); fflush(stdin); scanf(“%d”,&cari);
switch (cari)
{
case 1:
printf(“Masukan nama yang dicari:”); scanf(“%d”,&cari_nama_siswa);
printf(“\n”);
x=0;
ketemu=0;
while (x<jumlah_kip && ketemu!=1){
if (saya[x].namalgkp==cari_nama_siswa){
ketemu==1;
}else{
x=x+1;
}
}
if(ketemu=1){
printf(“ketemu”);
}else{
printf(“data rak ketemu”);
}
break;
case 2:
printf(“Masukan NISN yang dicari:”); scanf(“%d”,&cari_nisn);
printf(“\n”);
x=0;
ketemu=0;
while (x<jumlah_kip && ketemu!=1){
if (saya[x].NISN==cari_nisn){
ketemu=1;
}else{
x=x+1;
}
}
if(ketemu==1){
printf(“ketemu”);
}else{
printf(“data rak ketemu”);
}
break;
default:
printf(“Maaf, perintah tidak ditemukan. Silahkan coba lagi”);
break;
}

}

 

Sequential Search dalam bahasa c – pemrograman dasar c

Pencarian Beruntun / Sequential Search

oke kai ini saya akan menjelaskan tentang apa itu squential search dan bagaimana cara penggunaannya. Sequential search adalah teknik pencarian data dimana data dicari secara urut dari depan ke belakang atau dari awal sampai akhir, berdasarkan key yang di cari.

Sequential Search dapat dilakukan pada data yang belum terurut mau pun yang sudah terurut. Pencarian dilakukan dengan melakukan penelurusan data satu-persatu kemudian dicocokan dengan data yang dicari, jika tidak sama maka penelusuran dilanjutkan, jika sama maka penelurusan dihentikan, berarti data telah ditemukan.

Langkah pencarian

  • Misalkan terdapat data 89 23 54 26 93 43 64 76 35 58
  • Ingin diketahui apakah pada sekumpulan data terdapat data 43?
  • Maka dilakukan pencarian dengan mencocokan setiap nilai data dari data awal sampai data terakhir dan berhenti bila data sudah ditemukan.

 

Contoh Kode Program Pencarian Beruntun

Berikut ini contoh kode program pencarian beruntun:

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

///judul : contoh searching menggunakan squential search.

///kamus:

int tabInt[10]={24,17,18,15,22,26, 13,21, 16, 28};///10 kolom data yang akan di cari
int ketemu;
int cariData;
int i;

main()

///deskripsi

///searching menggunakan squential search.

{
printf(“Masukkan data yang dicari = “);///cari data sesuai kolom bila tidak hasil salah
scanf(“%d”,&cariData);
i=0;
ketemu=0;
while (i<10 && ketemu!=1)///bila i kurang dari 10 dan ketemu tdk sama dengan 0 maka berlanjut

{
if (tabInt[i]==cariData)///jika data pada tabel ke [i]sama dengan data yang di cari maka berlanjut

{
ketemu=1;
}else{
i++;
}
}
if(ketemu==1) ///jika data ketemu sama dengan 1 data ketemu bila tidak data tidak ketemu

{
printf(“Data %d terdapat pada kumpulan data\n”,cariData );
}else{
printf(“Data %d tidak terdapat pada kumpulan data\n”,cariData );
}
}

begitulah ternik searching menggunakan squential search semoga bermanfaat bagi kalian.

Apa itu Paradigma Pemrograman?

Gambar terkait

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

oke selamat pagi, siang ,sore, malam, teman-teman untuk mengawali karir perdana blog bertemakan coding ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu paradigma pemrograman.  nah postingan kali ini cocok untuk kalian yang masih pemula atau yang udah master mungkin lupa tentang apa itu sih paradigma pemrograman kok gua gak tahu? :v, ok daribanya banyak ngomong mending langsung aja saya jelasin

 

dikutip dari id.wikipedia.org

Paradigma dapat diartikan sudut pandang atau sudut serang dalam suatu persoalan, realitas dsb. Begitu pula dalam pemrograman, ada pendekatan-pendekatan untuk menyelesaikan suatu persoalan yang disebut dengan paradigma pemrograman.

intinya ni teman teman paradigma pemrograman mengibaratkan kita sebagai seseorang yang melihat permasalahan dan bagaimana kita mengatasi permasalahan tersebut secara struktural teman”

 

Paradigma dibagi dalam 4 Jenis Paradigma Pemrograman

Apa saja kah ITU?

1. Paradigma prosedural

2. Paradigma Fungsional

3. Paradigma Deklaratif

4. Paradigma Object Oriented

nah gitu aja ya teman” semoga kalian mudeng, atau malah gak mudeng sama sekali? bila masih bingung bisa tulis kebingungngannya di kolom komentar. bila ada kata kata yang menyinggung atau ada perkataan yang salah mohon di maafkan ya teman”

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

 

« Older Entries