Membuat Website Toko Sarung: CodeIgniter CRUD Delete

6.jpg
Nama: Alfindo rizki Subekti
Nim: a11.2018.10951

selamat siang pagi dan malam teman teman, setelah meberikan tutorial insert, update, edit, sekarang saya akan memberikan tutorial CRUD delete pada web stok toko sarung. bagi teman temen yang baru berkunjung kesini silahkan totnton tutorial sebelunnya ya agar kalian mudah memhami Disini.

oke langsung saja kita mulai membuat CRUD deletenya:

1. langkah awal kita menuju ke modelnya untuk membuat fungsi delete nah dimodel ini nantinya akam memproses penghapusan didalam database yang merujuk pada tebel dan dimana data yg akan dihapus(model->modelku.php)

(model -> modelku)

berinama fungsinya dengan hapus yang dimana nantinya di hapus ini akan berisikan variabel $tabel(letak tebel mana yang akan duhapus) dan $where(dimana data yang akan dihapus). lalu pada $toko akam memproses data yang akan dihapus sesuai $tabel, $where.

2. Setelah mebuat model pada fungsi hapusnya, langkah kedua iyalah menuju controlernya. dicontroler ini sebagai penunjuk data mana nih yang akan dihapus (controler->welcome.php)

(controler->welcome.php)

buat fungsi hapus_data dan beri variabel $penunjuk sebagai penunjuk data no berapa yang akan dihapus. lalu buat array penunjuk dengan membuat variabel $dataPenunjuk yang terdapat array ‘no'(‘no’ adalah variabel data dari index pada database) sebagai penunjuk,

lalu simpan pemrosesan ke model(‘modelku’) lalu menunjuk pada model hapus yang didalamnya berisi produc_stok($tabel) dan $dataPenunjuk($where).

untuk redirect untuk merefres saja agar kembali ke base url websire.

3. Setelah selesai mebuat Controlernya sekarang kita akan menuju ke viewnya,diview ini nantinya akan membuat agar data ‘no’ bisa dikirim sesuai kolom tabel bedasarkan no indeknya (view->home.php).

(view->home.php)
<td><a href='<?php echo base_url().'index.php/welcome/hapus_data/'.$dat['no']; ?>'>Hapus</a> 

kita buat agar hapus berada pada kolom indek yang sama dengan menambahkan baris/cell <td>.

hapus ini akan menunjuk ke base url(). pada controler welcome.php -> hapus data dan akan menambahkan indek dengan variabel ‘no’ pada aray $dataPenunjuk yang telah dibuat pada step 2 controler tadi.

Berikut hasil run program:

sebelum dihapus

Data sebelum dihapus

Setelah dihapus

data setelah dihapus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *