3 Langkah Praktis Hadirkan Ruangan Bernuansa Sejuk

3-langkah-praktis-hadirkan-ruangan-bernuansa-sejuk

Ruangan yang sejuk tentu menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan. Apalagi di tengah udara panas yang menyerang, ruangan sejuk akan hadir serupa oase yang menyegarkan. Tapi, sebenarnya bagaimana cara untuk menghadirkan ruangan yang sejuk? Temukan jawabannya lewat pembahasan berikut ini ya.

Langkah-langkah Menciptakan Ruangan yang Sejuk

Sejatinya ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk memberikan nuansa sejuk pada ruangan. Namun, kali ini akan dibahas 3 cara dasar yang dapat dilakukan guna membuat ruangan menjadi semakin sejuk.

1.Menghadirkan Bukaan yang Cukup

Cara yang pertama untuk menghadirkan ruangan dengan nuansa sejuk adalah dengan menghadirkan bukaan yang memadai. Maksudnya bukaan adalah tempat udara dapat masuk dan keluar. Tentu nuansa sejuk tidak akan hadir dari ruangan yang justru tidak memiliki banyak bukaan. Malah ini akan menghadirkan kesan pengap.

Salah satu bukaan yang wajib diperhatikan adalah jendela. Pastikan jendela cukup lebar untuk membuat udara lebih mudah keluar masuk. Selain memperhatikan kondisi jendela, jangan lupa juga perhatikan pemilihan gorden yang tepat dan tidak mudah membuat panas.

Tak perlu khawatir masalah harga, pasalnya harga gorden jendela saat ini bervariasi. Jadi dapat disesuaikan dengan budget.

2.Pahami Penempatan Bukaan

Selanjutnya yang harus dipahami adalah penempatan bukaan. Dimana bukaan tersebut tidak boleh asal ditempatkan, karena dikhawatirkan tidak memberikan hasil yang maksimal nantinya. Ada beberapa aturan yang harus dipahami saat menentukan penempatan bukaan.

Contohnya adalah bukaan tidak boleh ditempatkan bersebrangan langsung. Selain itu juga harus memperhatikan arah matahari. Tak hanya itu, sebaiknya juga tidak menempatkan bukaan dalam jarak yang terlalu dekat.

3.Gunakan Material yang Tepat

Siapa sangka jika pemilihan material juga berpengaruh terhadap nuansa sejuk di ruangan nantinya? Salah satunya adalah dengan menggunakan material alami untuk membantu menyerap panas yang hadir.

Ada beragam material alami yang dapat digunakan untuk membuat ruangan lebih sejuk. Seperti halnya penggunaan interior dengan elemen kayu sampai menghadirkan tanaman di dalam ruangan.

Selain itu jangan lupa perhatikan pemilihan unsur kain di dalam ruangan. Mulai dari karpet sampai dengan gorden. Pastikan jika bahan-bahan tersebut menambah kesejukan ruangan. Misalkan dengan memilih karpet atau pelapis lantai yang tidak menyebabkan panas hingga gordenĀ yang tidak terlalu tebal.

Ketiga hal di atas adalah dasar untuk membangun sebuah ruangan yang sejuk. Mulai dari mengatur bukaan sampai dengan pemilihan material. Tentunya hal-hal detail juga harus diatur di sini, seperti penggunaan unsur alami hingga pemilihan gorden jendela yang tepat. Semua untuk menciptakan ruangan yang lebih sejuk.

Skip to toolbar