Berapa Luas Rumah yang Ideal untuk Keluarga Kecil?

Besarnya luas rumah sebenarnya tergantung pada kebutuhan masing-masing individu. Ditentukan dari berapa banyak anggota keluarga yang menempati rumah. Dari sana Anda bisa menentukan berapa jumlah kamar tidur yang diingkan beserta luasnya. Jumlah kamar mandi, luas dapur, ruang keluarga, dan ruangan lainnya.

Jika masih bingung Anda bisa survey langsung atau melihat tipe-tipe rumah yang ada di internet. Nah, perlu Anda tahu, tipe rumah tersebut berkaitan dengan luas bangunannya. Contohnya seperti rumah tipe 36 artinya luas bangunan sebesar 36 meter persegi. Berikut penjelasan lengkapnya.

Rumah Tipe 36

Tipe ini memiliki luas bangungan sebesar 36 meter persegi. Biasanya memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, dan 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Luas rumah ini tentu sangat ideal bagi Anda yang baru menikah atau baru memiliki satu anak. Meski tak terlalu besar, interior rumah bisa Anda percantik. Misalnya dengan menambahkan wallpaper dinding di setiap ruangan.

Rumah Tipe 36

Rumah Tipe 45

Memiliki luas bangungan sebesar 45 meter persegi, tipe rumah ini tidak jauh berbeda dengan tipe 36. Dibangun dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, dan ruang ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu, tipe 45 juga dilengkapi dengan carport serta teras yang cukup luas. Hunian yang sangat ideal bagi Anda yang memimpikan rumah minimalis yang tidak terlalu kecil seperti tipe 36.

Rumah Tipe 60

Tipe ini cocok untuk Anda yang memilki anggota keluarga banyak. Umumnya terdiri dari 3 kamar tidur, 1 ruang tamu, 2 kamar mandi, ruang keluarga, serta dilengkapi dengan garasi dan teras. Meski luas bangunan cukup melegakan, tak ada salahnya Anda juga mengatur tata letak ruangan supaya terlihat makin lega. Pilih furniture yang memiliki volume kecil, sesuaikan penataannya, selaraskan warnanya, sehingga menghasilkan padanan yang menarik. Anda juga bisa menambahkan lantai kayu dan memasang wallpaper dinding minimalis supaya ruangan makin cantik.

Kesimpulannya, luas rumah yang ideal untuk keluarga Anda kembali pada kebutuhan dan dana masing-masing. Jangan paksakan membeli rumah yang besar jika dana kurang. Sebaliknya jika tipe 36 atau 40 dirasa kurang, ada baiknya konsultasikan langsung dengan pakarnya supaya diberikan solusi terbaik.

Skip to toolbar