7 Alat yang Mesti Disiapkan Saat Memulai Bisnis Jasa Foto Copy

Jasa foto copy Jakarta maupun kota lainnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas, tidak hanya anak-anak sekolah dan mahasiswa saja, banyak masyarakat luas membutuhkan jasa satu ini untuk menggandakan dokumen penting miliknya.

Bila sekarang ini Anda ingin melakukan bisnis dengan prospek tinggi maka foto copy bisa dijadikan pilihan paling tepat. Akan tetapi sebelum membuka usaha Anda harus tahu peralatan-peralatan apa saja yang harus disiapkan.

7 Alat Wajib Buka Bisnis Foto Copy

1. Mesin Foto copy

Menjadi mesin utama yang harus dimiliki oleh setiap bebisnis foto copy, digunakan untuk membuat salinan di atas kertas dari buku, dokumen dan sumber lainnya. Keberadaan mesin ini pertama kali ditemukan pada tahun 1939 oleh ilmuwan dari Amerika yaitu Chester Carlson.

Adapun cara kerjanya menggunakan energi listrik statis guna menggandakan yang dinamakan xerografi. Adapun jenisnya terbagi menjadi 3 yaitu fotocopy kecil, standar dan besar.

2. Staples atau Stapler

Ialah sebuah benda yang digunakan untuk pengencang dua arah, terbuat dari metal dan memiliki bentuk U. Di sekitar kita benda satu ini sangat mudah dijumpai di mana-mana, selain digunakan di tempat fotocopy juga bisa digunakan di berbagai tempat lain seperti sekolah, warung untuk membungkus makanan, bahkan di rumah kita juga akan menemukan benda satu ini.

3. Mesin Laminating

Mesin ini sebaiknya juga tersedia di fotocopy, karena ada banyak orang yang membutuhkan mesin ini untuk melapisi produk atau dokumen penting. Dengan melaminasi maka produk tidak akan mudah rusak, aman dan bersih.

4. Alat pemotong kertas

Mesin pemotong ini akan memudahkan Anda untuk memotong dan merapikan kertas dalam jumlah yang sedikit maupun banyak. Dengan menggunakan mesin ini maka pekerjaan akan lebih cepat dibanding menggunakan potongan cutter. 

5. Macam-macam ATK

ATK singkatan dari Alat Tulis Kantor, peralatan ATK harus ada dan tersedia di toko fotocopy. Adapun jenis-jenisnya antara lain Daiichi yang digunakan untuk tatanan dokumen hard copi agar rapi, faster ballpoint, bindex box file untuk menyimpan file, binder clip, gunting, pensil, penghapus, tipe-x, penggaris, lem, serutan pensil, papan schedule dan masih banyak lagi jenis lainnya. 

6. Etalase kaca

Benda lainnya yang harus ada di bisnis foto copy ialah etalase kaca yang digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai macam benda yang diperjual belikan. Dengan adanya etalase maka produk yang dijual akan tertata rapi serta mudah ditemukan saat ada pembeli.

7. Alat Penjilidan

Dan alat lainnya yang harus ada di bisnis foto copy ialah penjilidan. Jilid sendiri ialah proses menyatukan kertas-kertas yang sudah tersusun rapi dengan cara menjahit maupun melapisi dengan menggunakan perekat. Penjilidan terbagi menjadi dua, yaitu penjilitan keras, lunak dan spiral.

Hal-hal Lainnya yang Harus Disiapkan

Baik ingin membuka jasa foto copy Jakarta atau di tempat lainnya, selain mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan Anda harus mempersiapkan hal-hal lainnya berikut ini.

Pertama siapkan modal yang dibutuhkan, bisa dengan cara menabung atau hutang terlebih dahulu. yang kedua pilih lokasi strategis, sangat disarankan dekat dengan area pendidikan, perkantoran atau lainnya yang sering menggunakan jasa fotocopy. Selain itu jangan lupa untuk menjalin relasi, berikan pelayanan memuaskan dan jangan lupa untuk membuat rencana bisnis.

Dengan mempersiapkan hal-hal lain di atas maka diharapkan bisnis foto copy yang Anda kelola mendapatkan kesuksesan besar. Karena tidak bisa dipungkiri ada jasa foto copy Jakarta dan kota lainnya mengalami kesuksesan besar, namun ada pula yang mendapatkan kerugian besar akibat tidak mempelajari hal-hal di atas.

Skip to toolbar