Cara Melatih Anak Terbiasa Merapikan Kamar Bermainnya

 

Cara Melatih Anak Terbiasa Merapikan Kamar Bermainnya

Kerapian kamar adalah hal yang sangat penting diajarkan kepada anak sejak mereka kecil sehingga anak terbiasa mandiri dan memiliki rasa tanggung jawab. Namun kebanyakan, orang tua sendirilah yang merapikan mainan anak dan bahkan memfasilitasi kamarnya dengan beragam hiasan yang menarik. Salah satunya adalah menghiasi dinding kamar anak-anaknya dengan wallpaper anak anak yang lucu serta pilihan warna yang disukai anaknya.

Cara Melatih Anak Sejak Dini

 

Kebiasaan orang tua menuruti segala permintaan anak, dan merapikan kamar anak pada akhirnya membuat anak semakin manja, dan tidak mau mandiri dalam berperilaku sehari-hari. Mereka terbiasa mengandalkan orang tuanya dalam melakukan segala sesuatu termasuk merapikan kamar. Dengan demikian, orang tua harus belajar melatih anaknya agar terbiasa merapikan kamar sendiri dengan beberapa cara, di antaranya

1.Memberi Contoh Sebelum Menyuruh

 

Banyak orang tua yang menuntut anaknya untuk senantiasa merapikan kamarnya, tanpa tahu cara yang tepat dan mudah dicerna anak. Padahal cara pertama mengajarkan anak mandiri adalah dengan memberinya contoh nyata. Misalnya, ketika selesai memasak, maka ibu merapikan dapur dan menatanya di tempat semula biarkan anak melihat aktivitasnya dan belajar bahwa setelah melakukan sesuatu harus dirapikan kembali.

2.Memberikan Pengajaran Seputar Pentingnya Kerapian

 

Setelah memberikan contoh nyata, selanjutnya orang tua bisa mengajarkan anak secara langsung ketika selesai bermain agar mainan dirapikan. Orang tua bisa ikut membantu merapikan kamar bermain dan ditiru oleh anak. Orang tua juga bisa memasang wallpaper kamar anak dengan gambar halaman bermain yang rapi, lalu orang tua bisa menjelaskan kalau halaman tidak rapi maka tidak enak dilihat.

3.Siapkan Alat Pendukung

 

Cara terakhir yang bisa dilakukan orang tua agar anak terbiasa merapikan kamarnya sendiri adalah dengan menyediakan alat pendukung. Misalnya meletakkan tempat sampah di depan pintu kamar anak sehingga anak terbiasa membuang sampah di tempat sampah. Selain itu, menyediakan lemari khusus tempat mainan anak agar anak tidak kerepotan meletakkan mainannya setelah bermain.

Tiga cara di atas bisa diterapkan pada anak agar anak terbiasa bertanggung jawab dan merapikan kamarnya sendiri setelah beraktivitas atau bangun tidur. Orang tua bisa memberikan imbalan berupa wallpaper anak yang menarik agar anak semakin bersemangat. Banyaknya pilihan wallpaper dan variasi harga wallpaper anak bisa dilihat di pasaran wallpaper yang sudah ada di http://greenwall.co.id/.

Skip to toolbar