Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis Dari Layanan Let’s Encrypt

Istilah SSL mungkin masih asing bagi sebagian orang. Tapi, kalau kamu pernah melihat tulisa HTTPS dan bukannya HTTP, maka sebetulnya kamu sedang mengakses sebuah website yang dilapisi sertifikat keamanan SSL.

cara-mendapatkan-sertifikat-ssl

Pada dasarnya Secure Socket Layer atau SSL merupakan protokol keamanan yang dibuat oleh Netscape Communication. Bertujuan untuk mengamankan pertukaran data yang dilakukan melalui jaringan internet. Biasanya jasa pembuatan website akan memberikan pilihan penambahan protokol keamanan tersebut untuk kamu pilih.

Apakah keuntungan Menggunakan SSL?

  • SSL Dapat memberikan protokol keamanan untuk mengamankan pertukaran data di halaman website. Setiap data diproses secara tereknripsi sehingga tidak bisa dibaca dengan mudah oleh sembarangan user tanpa otoritas
  • Selain itu, SSL juga bisa meningkatkan kualitas SEO, karena ternyata Google telah menyatakan bahwa HTTPS telah menjadi pertimbangan dalam menentukan ranking website pada laman hasil pencarian.
  • SSL juga bisa didapatkan sesuai budget pemilik website, mulai dari setidaknya 100 Ribu. Namun demikian, sertifikat SSL juga bisa didapatkan dengan gratis jika tahu caranya.

SSL Gratis dari Layanan Let’s Encrypt

Let’s Encripe adalah salah satu otoritas sertfikat atau CA yang berupaya memberikan sertifikat SSL gratis pada seluruh pengguna jaringan internet di seluruh dunia tanpa dibatasi. Sertifikat yang diberikan oleh Let’s Encrype akan berlaku selama tiga bulan.

Sertifikat SSL dari Let’s Encrype hadir dengan fitur auto renewal, untuk memudahkan pemilik websit agar tidak harus mensubmit ulang sertifikat untuk perpanjangan. Auto renewal akan langsung melakukan pembaruan setelah tiga bulan. Secara keseluruhan, SSL gratis dan Let’s Encrype ini terbilang memuaskan. Kalaupun ada kekurangan, itu karena layanan sertifikat SSL ini tidak mendukung browser lama.

Jika kamu ingin mendapatkan sertifikat SSL gratis dari Let’s Encrype, maka kamu bisa menggunakan layanan hosting yang menyertakan layanan SSL gratis. Atau bisa juga menggunakan meminta jasa pembuatan website Jakarta yang telah menyertakan paket layanan SSL gratis dalam paket pembuatan website mereka. Tentu saja hal ini bisa menghemat budget yang kamu miliki untuk membangun situs website yang terenkripsi.

Skip to toolbar