Lantai Vinyl: Jenis, Motif, Cara Pemasangan, dan Cara Perawatan

Rumah sudah sepantasnya menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali para penghuninya. Bagaimanapun rumah adalah tempat berbagi suka dan duka bersama keluarga, berlindung dari terik matahari dan hujan, serta menjadi tempat beristirahat yang nyaman di kala lelah.

Oleh karena itu, banyak orang membangun rumah dengan mempertimbangkan segala aspek secara hati-hati. Ambil contoh saja, seperti halnya dalam memilih desain atap, dekorasi ruangan, hingga pemilihan lantai.

Lantai adalah salah satu aspek penting dalam dekorasi interior rumah. Ada berbagai macam jenis lantai yang bisa dipilih sesuai dengan selera, salah satunya ialah lantai vinyl.

Jika Anda tahu lantai parket, maka Anda sudah pasti mengenali juga jenis lantai yang satu ini. Dikarenakan bahan dan visualnya mirip dengan parket, banyak orang yang salah mengiranya.

Dari segi material dan kualitas, keduanya berbeda. Lantai parket lebih mahal, namun lantai vinyl murah harganya dan lebih sering dipilih orang.

Jenis-jenis Lantai Vinyl

Ada beragam jenis lantai vinyl murah yang pasti akan Anda minati. Apa saja itu? Berikut 3 diantaranya.

1. Lantai Vinyl Tile

Jenis lantai ini mirip sekali dengan keramik karena bentuknya yang berupa persegi atau kotak, Selain itu, motifnyapun beragam. Banyak yang menyukai jenis lantai vinyl tile ini dikarenakan sifatnya yang tidak terpengaruh suhu rendah. Anda tidak perlu menggunakan karpet lagi jika cuaca sedang dingin.

2. Lantai Vinyl Roll

Sering disebut juga sebagai karpet vinyl, jenis lantai ini dapat digulung dan dibentangkan dengan mudah. Material bahannya sendiri adalah PVC, sehingga membuatnya lebih awet dibanding karpet. Selain itu pemasangannya sangatlah mudah dan bisa digulung kapanpun sesuka hati.

3. Lantai Vinyl Plank

Jenis lantai yang satu ini adalah yang terbaik. Selain motifnya yang mirip dengan lantai parket, lantai vinyl plank juga sering dipilih sebagai alternatif dari parket yang terbilang mahal. Bentuknya seperti papan kayu dengan metode instalasi yang sama dengan lantai parket.

Motif Lantai Vinyl

Anda tidak akan mudah bosan dengan tampilan natural yang disuguhkan lantai vinyl. Ada beberapa motif yang bisa jadi pertimbangan Anda, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • 1. Motif kayu
  • 2. Motif oak
  • 3. Motif marble, dll.

Cara Pemasangan Lantai Vinyl

Pemasangan lantai vinyl dapat dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan tenaga ahli. Berikut langkah-langkah pemasangannya.

1. Pertama, ukur terlebih dahulu luas area lantai yang akan dipasangi lantai vinyl. Jika sudah diukur, belilah lantai vinyl sedikit lebih banyak dari luas lantai yang akan dipasang, sebagai pencegahan jika terjadi kesalahan ketika pemasangan.

2. Pasang pelapis lantai dan pastikan terpasang dengan baik. Lapisan lantai yang tidak rata dan bergelombang akan mempersulit pemasangan lantai vinyl.

3. Aplikasikan lem perekat kepada lapisan lantai yang telah dipasang. Tunggu beberapa menit sebelum menempelkan lantai vinyl.

4. Pasang lantai vinyl satu persatu dengan hati-hati dan secara berurutan. Tekan dengan kuat saat sudah dipasang untuk memastikan lantai vinyl merekat kuat dan tidak bisa digeser lagi.

5. Setelah semua lantai vinyl dipasang, tunggu selama beberapa jam untuk memastikan lem sudah benar-benar mengering.

Tips Mudah Perawatan Lantai Vinyl

Lantai vinyl murah harganya dibandingkan lantai parket. Hal ini dikarenakan komposisi material kayunya berbeda. Namun walau begitu, lantai vinyl perlu sedikit perawatan khusus agar dapat awet dan bertahan lama. Berikut ini tips-tipsnya.

1. Bersihkan lantai vinyl setiap hari dengan disapu. Mengepel cukup dilakukan beberapa hari sekali saja dan ada baiknya menggunakan obat pel khusus yang ramah lingkungan.

2. Lapisi bantalan empuk pada setiap kaki kursi, meja, dan lemari agar tidak merusak permukaan lantai.

3. Saat memindahkan furnitur, pindahkan dengan cara diangkat dan bukan dengan digeser. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya goresan pada permukaan lantai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar