Ciptakan Horizontal Blind Kain Versimu Sendiri Dengan Tutorial Ini

 Horizontal Blind Kain

Apakah kamu mempunyai keinginan untuk menghias jendela ruangan atau bahkan kamarmu sendiri tetapi budget yang kamu miliki sangat terbatas? Sudah mencoba berkali – kali mencari tirai kain tetapi tidak ada harga horizontal blind per meter yang murah dan pas di kantong. Kalau gitu jangan khawatir, kenapa tidak mencoba untuk membuat blind atau tirai kain dengan tanganmu sendiri? Dengan cara seperti ini tentunya bukan cuma biaya ekonomis yang akan kamu dapatkan, tetapi kamu juga bisa bebas berkreasi dan bereksperimen untuk membuat tirai yang kamu inginkan.

Cara Mudah Membuat Horizontal Blind Kain

Berikut ini adalah langkah – langkah yang dapat kamu ikuti untuk membuat horizontal blind custom kreasi sendiri.

Potong Kayu Untuk Membuat Blind

Pertama – tama siapkan kayu dan jenis kain yang telah dipilih sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Ukurlah lebar dan panjang jendela yang nantinya akan dipasang tirai. Lakukan pengukuran dengan menggunakan meteran untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat. Setelah itu, potong kayu sesuai dengan ukuran jendela kemudian sekrupkan atau pasang kayu tersebut ke kusen jendela. Masih berkutat dengan kayu, kali ini kamu masih perlu memotongnya lagi untuk membuat blind. Untuk mengetahui ukuran setiap blindnya, kamu harus menetukan terlebih dahulu berapa banyak blind yang akan dibuat.

Misalnya jika kamu menginginkan 10 blind sementara ukuran jendela kamu memiliki panjang 1 meter, berikut cara menghitungnya. Sebelumnya kamu perlu mengetahui bahwa jarak di antar setiap blind itu sekitar 3 cm. Berarti untuk menentukan ukuran blind, kamu bisa mulai menghitung total jarak antara blind, yaitu 3 cm x 10 blind = 30 cm. Kemudian 100 cm (panjang jendela) dikurangi 30 cm (total jarak blind) = 70 cm, lalu 70 cm ini dibagi jumlah total blind yaitu 10. Berarti ukuran panjang setiap kayu yang harus kamu potong untuk membuat blind adalah 7 cm. Jika kamu ingin menggunakan cara praktis, carilah horizontal blind murah atau roller blind bahan kain yang sudah rusak atau tak terpakai, kemudian ambil bagian blindnya untuk digunakan kembali.

Potong Kain Yang Diperlukan Untuk Membuat Tirai

Selanjutnya potong kain berdasarkan ukuran jendela yang dilebihkan 3 cm masing – masing pada bagian panjang dan lebarnya. Tujuannya adalah untuk memberi celah atau jarak yang nantinya akan menghubungkan setiap bagian kayu dan supaya kain bisa melipat dengan sempurna. Sesuai perhitungan tadi, jika panjang jendela adalah 100 cm, berarti kamu harus menambahkan 30 cm untuk ukuran kainnya.

Satukan Kain Tirai Dan Kain Pelapis

Berbeda dengan kain tirai yang memiliki bahan tebal dan agak berat, kali ini kamu perlu menyediakan kain yang lebih tipis yang digunakan sebagai pelapis tirai. Potong kain tersebut dengan ukuran yang sama dengan kain tirai kemudian satukan menggunakan jarum pentul supaya menempel, lalu jahit secara perlahan dengan mesin jahit supaya rapih.

Tempelkan Blind Dan Ring Pada Kain Pelapis

Setelah kain tirai dan kain pelapis selesai dijahit dan benar – benar menyatu, kini saatnya kamu menempelkan blind yang terbuat dari kayu. Supaya lebih mudah beri garis pada kain pelapis sesuai ukuran tinggi dan jarak antar blind seperti perhitungan diawal yang telah kamu lakukan. Kemudian tempel blind mengikuti garis – garis tersebut menggunakan lem kayu. Tunggu lem sampai mengering lalu pasangkan ring dengan cara mengikatnya. Kamu bisa menggunakan benang, pita, atau tali yang tidak terlalu tebal untuk mengikatnya. Pasangkan 2 ring pada setiap blind di bagian tengahnya. Setelah itu, hubungkan setiap ring secara vertical dengan menggunakan pita yang nantinya akan berfungsi sebagai penarik horizontal blind kain untuk membuka dan menutup tirai.

Skip to toolbar