Dari Mulai Bidang Pendidikan Hingga Politik, Ini Dia Peran Penting Kehadiran Jasa Percetakan

Dari Mulai Bidang Pendidikan Hingga Politik, Ini Dia Peran Penting Kehadiran Jasa Percetakan

Percetakan merupakan satu kemampuan khusus yang dimiliki oleh seseorang dalam membuat salinan dari sebuah gambar ataupun tulisan melalui media dengan permukaan yang datar menggunakan mesin cetak khusus. Percetakan dalam kehidupan sehari-hari cukup banyak dibutuhkan dalam berbagai lini sehingga membuka usaha percetakan merupakan suatu usaha yang potensial dan mendatangkan banyak keuntungan. Adapun produk yang dihasilkan oleh percetakan di antaranya meliputi buku, majalah, kalender, surat undangan, surat kabar, spanduk, serta cetak id card tali lanyard dan masih banyak yang lainnya.

Peran Jasa Percetakan

Jasa percetakan tidak dapat dianggap sepele karena perannya hampir meliputi bidang-bidang yang penting, yaitu:

1. Bidang pendidikan

Dalam bidang pendidikan, percetakan memegang peran yang sangat penting. Sejak abad ke-14 saja percetakan sudah menjadi media komunikasi massa, dan melalui percetakan juga ilmu pengetahuan dapat mudah diakses oleh pelajaran karena adanya percetakan dapat mengabadikan ilmu melalui media kertas baik berbentuk buku tulis maupun buku referensi.

2. Bidang bisnis

Dalam dunia bisnis, kehadiran percetakan memberikan keuntungan bagi setiap orang pemiliki bisnis, misalnya saja Ia mampu mempromosikan bisnisnya melalui spanduk, tali lanyard, dan lain-lain yang dibantu oleh jasa percetakan serta dikemas dengan menarik sehingga konsumen tertarik pada produk maupun layanan yang ditawarkan.

3. Bidang sosial dan lainnya

Percetakan dalam bidang sosial juga tidak kalah penting perannya, hasil dari percetakan bisa digunakan untuk promosi kegiatan atau promosi calon wakil rakyat dalam bidang politik.

Tahapan-tahapan Percetakan

Jasa percetakan dalam memulai bisnisnya tentu harus mengasah kemampuannya terlebih dahulu dalam menguasai percetakan, termasuk tahapan-tahapan di dalamnya. Adapun tahapan-tahapan dalam percetakan di antaranya:

1. Typesetting

Merupakan tahap pertama, yaitu menyesuaikan gambar maupun tulisan dengan desain asli. Tahapan ini di jasa percetakan yang sudah modern seperti digital printing biasanya menggunakan komputer.

2. Image Assembly

Tahap ini merupakan tahap mengatur baik itu posisi maupun yang lainnya pada gambar yang nantinya akan dicetak.

3. Platemaking

Tahap ini merupakan tahapan membuat plat gambar yang nantinya akan dicetak agar gambar yang dihasilkan bagus dan sesuai dengan yang diinginkan.

4. Printing Presses

Tahap ini merupakan tahap di mana plat yang sudah disesuaikan akan dimasukkan ke dalam mesin cetak.

5. Penjilidan

Tahap ini merupakan tahap terakhir yang berfungsi agar hasil percetakan menjadi rapi. Tahap ini khusus untuk jenis-jenis hasil percetakan yang berbentuk buku. Hasil percetakan seperti tiket gelang wristband tidaklah melalui tahapan ini dari layanan Aira production

Skip to toolbar