Desain Ruang Multimedia Menarik Penambah Motivasi Belajar Siswa

Desain Ruang Multimedia Menarik Penambah Motivasi Belajar Siswa

Ruang multimedia merupakan ruangan yang berisi berbagai peralatan elektronik seperti komputer sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar. Ruang multimedia digunakan oleh guru dan siswa dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan teknologi. Ruangan ini memiliki fungsi yang cukup penting tetapi terkadang kurang mendapat perhatian dari segi tata ruang dan desainnya.

Sekolah sebenarnya dapat memaksimalkan fungsi ruang multimedia sekolah dengan desain yang menarik dan tidak biasa sehingga menambah motivasi peserta didik. Dinding ruangan dapat menggunakan wallpaper dinding murah apabila bosan dengan cat dinding.

Pilihan Warna Dinding Ruang Multimedia

Warna menjadi unsur penting penambah suasana dalam sebuah ruangan. Ruang multimedia yang digunakan sebagai sarana pembelajaran seharusnya mampu menumbuhkan motivasi. Motivasi yang tinggi pastinya akan berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Ruangan dengan warna yang cerah diyakini bisa memunculkan perasaan senang dan ceria.

Semangat dan kegembiraan dapat ditularkan melalui pilihan warna yang digunakan dalam ruang multimedia. Pilihan warna yang cenderung netral justru terkesan suram dan malah sedikit horror karena ruangan luas dan agak sepi.

Selain warna yang cerah, dinding sebuah ruangan juga bisa menggunakan wallpaper. Wallpaper dinding dapat digunakan untuk memperindah ruangan. Berbagai pilihan gambar yang disediakan menjadi salah satu keunggulan benda yang satu ini. Terkadang beberapa perusahaan atau toko juga menawarkan desain custom terkait gambar yang akan dipilih.

Tata Ruangan

Ruangan multimedia biasa didesain dengan penataan sesuai ruang kelas. Penataan ini bertujuan agar dapat menampung seluruh peserta didik. Meja dilengkapi dengan komputer dan menghadap kedepan. Didepan kelas biasa disediakan sebuah papan tulis dan dilengkapi dengan meja guru. Ruangan juga dilengkapi dengan pengeras suara maupun speaker yang dapat digunakan dalam berbagai hal.

Ruang multimedia tidak hanya digunakan pada saat pelajaran komputer tetapi juga bisa digunakan pada saat pelajaran Bahasa. Oleh karena itu, ruangan multimedia pada sebuah sekolah dibuat lebih luas sehingga dapat digunakan dalam berbagai keadaan.

Keindahan dan kenyamanan sebuah ruangan memang tidak boleh diabaikan. Semua hal harus diperhatikan agar mampu memberikan kontribusi yang maksimal. Tata ruang, desain dinding menjadi dua hal yang penting.

Ketika sebuah ruangan menggunakan wallpaper dengan maka akan perlu memanfaatkan lem wallpaper pada saat pemasangan.  Penggunaan lem sebaiknya tidak asal-asalan karena dapat mempengaruhi keawetan dari wallpaper itu sendiri. Gunakan lem khusus yang banyak disediakan ditoko bangunan dengan harga yang beragam. Maksimalkan ruangan belajar agar dapat menunjang dan menambah prestasi belajar siswa. Rencanakan semua hal sebelum melakukan. Sebuah hal yang dilakukan tanpa melalui perencanaan yang matang sama saja merencanakan kegagalan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah informasi mengenai desain sebuah ruangan agar mampu berfungsi sebagaimana mestinya.

Skip to toolbar