Jangan Salah Pilih! Inilah Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Rumah Tropis

Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Rumah Tropis

Bila anda ingin membangun rumah dengan menggunakan bahan kayu, terlebih dahulu pastikan bahwa pilihan anda, benar-benar cocok dengan cuaca yang akan dihadapinya. Bahan material kayu sangat handal untuk bahan bangunan untuk membangun rumah. Ada jenis kayu yang beragam yang cocok untuk daerah dengan curah hujan intens atau ada juga yang tepat untuk daerah yang kering. Bila salah memilih jenis kayu, maka dapat mempengaruhi kualitas kayu menjadikannya mudah rusak.

Material Kayu Untuk Hunian Tropis

Kayu dengan serat dan tekstur indah miliki karakter kuat dan tahan lama. Kandungan minyak didalamnya membuatnya tahan terhadap serangan jamur, rayap dan serangga lainnya. Ketahui jenis kayu sampai rentan harganya untuk dapat menentukan pilihan konstruksi bangunan secara optimal. Berikut adalah beberapa jenis kayu yang serasi untuk Rumah Tropis.

1. Kayu Jati

Pohon Jati tumbuh dengan baik di daerah tropis di Indonesia. Sebagai jenis kayu berkualitas terbaik, kayu jenis ini paling sesuai untuk daerah tropis. Daerah Jawa terkenal dengan penghasil bahan baku kayu jati. Oleh karena itu sangat mudah mendapatkan harga lantai kayu jati disana.

2. Kayu Merbau

Kayu yang sejajar dalam hal kualitas dengan kayu jati ini berwarna coklat kemerahan dengan aksen kuning. Kayu yang memiliki guratan garis putus-putus ini adalah salah satu kayu kuat dari Indonesia yang banyak ditemui dipulau Papua. Daerah tumbuhnya yang terpelosok membuat harga lantai dengan kayu Merbau lebih mahal dibandingkan harga lantai kayu Jati

3. Kayu Kamper

Kayu jenis ini harganya lebih terjangkau. Kekuatannya dibawah jati dan bangkirai. Seratnya yang halus cocok untuk bahan panel jendela. Keawetan dan kekuatannya berada dalam tingkat medium yang cukup kokoh.

4. Kayu Ulin

Kekuatan kayu ini menjadikannya pondasi kayu yang kuat untuk hunian bergaya tropis. Warnanya yang gelap serta ketahanannya terhadap panas dan air menjadikannya pilihan ideal untuk rumah didaerah tropis. Kayu jenis ini membuat rumah terasa sejuk disiang hari dan hangat dimalam hari.

Rumah bergaya tropis rentan paparan sinar matahari terik serta curah hujan tinggi. Oleh karena itu, konstruksinya perlu menggunakan bahan yang kompatibel. Pemilihan kayu yang tepat dapat menjadikan rumah tropis nyaman dengan aksen elemen natural dari penggunaan kayu yang memadai.

Skip to toolbar