Jangan Sampai Salah! 3 Tips Membeli Semen Yang Berkualitas

Tips Membeli Semen Yang Berkualitas

Semen termasuk material bangunan wajib agar bangunan dapat berdiri dengan mencampurkan semen pada pasir sebagai adukan. Misalnya untuk pemasangan dinding, pemasangan keramik dan lain-lain. Tak heran produsen semen bermunculan karena tidak pernah sepi konsumen, apalagi bagi peekrja kontruksi pasti membutuhkan semen dalam jumlah banyak untuk menyelesaikan kontruksinya.

Tips Memilih Semen Secara Tepat

Mengingat kegunaannya banyak, saat membeli semen diusahakan memilih semen yang berkualitas agar tidak mempengaruhi kekokohan bangunan. Pasalnya semakin siginifikan suatu barang dijual membuat banyak orang tak bertanggung jawab meniru dan memproduksi semen yang kualitasnya kurang sehingga membuat kecewa konsumen. Untuk itu, di bawah ini ada 3 tips membeli semen yang berkualitas, antara lain:

1. Memiliki Logo SNI

Tips pertama sebelum membeli semen harus memperhatikan apakah semen tersebut memiliki logo SNI atau tidak. Umumnya, semen yang berkualitas memiliki logo SNI pada kemasan lantaran semen tersebut sudah diuji kelayakan dan keamanan produk dan sudah beredar luas dipasaran. Tentunya semen yang memiliki logo SNI mampu berkolaborasi dengan besi ulir ketika dilakukan bar bender yang menggunakan tenaga listrik.

2. Memperhatikan Kemasan Semen

Mengingat semen dikirim ke berbagai daerah dalam jumlah banyak dan  menggunakan kendaraan, terkadang ada kemasan semen yang berlubang sedikit akibat goresan benda tajam. Memang hal itu tidak disengaja para pekerja, tetapi adanya lubang kecil pada kemasan semen membuat udara masuk dalam kemasan sehingga membuat semen menggumpal. Tentu hal itu membuat kualitas semen menjadi kurang lantaran adanya gumpalan, maka saat membeli diusahakan meneliti apakah kemasan semen berlubang atau tidak.

3. Memilih Semen Usia Baru

Terkadang penjual semen menyetok banyak semen agar tidak kalah saing, padahal menyetok semen terlalu banyak membuat kualitas semen berkurang dan kerekatannya berkurang. Usahakan memilih semen usia baru agar tidak mempengaruhi proses pembangunan, terutama bagi proyek kontruksi yang mewajibkan memilih semen usia baru lantaran proses kontruksi berkaitan erat dengan penyediaan besi ulir yang membutuhkan pemotongan bar bender sehingga saat pengerjaan kontrusinya tidak ada kendala.

Skip to toolbar