Mau Menambah Wawasan Tentang Keris? Ke Museum Keris Solo Aja!

 

Ke Museum Keris Solo Aja!

Berkunjung ke kota Solo saat berlibur dengan keluarga menggunakan jasa sewa bus pariwisata, jangan lupa untuk mampir ke museum keris Solo. Museum yang menyimpan ribuan keris dan tombak ini memberikan banyak wawasan bagi pengunjung. Kamu bisa langsung membaca sejarah dari masing-masing keris, hingga melihat proses pembuatannya.

3 Keunikan Museum Keris Solo

Di museum yang terletak di Jalan Bhayangkara nomor 2 Sriwedari tersebut, disimpan sekitar 1211 pedang, keris hingga tombak yang berasal dari berbagai zaman. 409 diantaranya merupakan keris bersejarah, termasuk salah satunya milik Presiden Indonesia Joko Widodo. Apalagi keunikan dari museum yang dibangun tahun 2017 tersebut?

Keris-keris penuh sejarah.

Dari sekian banyak keris, ada beberapa yang memiliki cerita paling menarik. Seperti keris Kyai Brojoseno yang berasal dari zaman Surakarta. Menurut sejarah, hanya keris inilah yang mampu menembus baju perang tentara Eropa yang terkenal sangat kuat dan tebal. Lalu ada keris Kanjeng Kyai Indroputro yang dihiasi emas dan berlian dengan harga fantastis.

Galeri buku tentang sejarah keris.

Membawa anak-anak ke tempat ini, apalagi dari Jakarta dengan menggunakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta akan sangat penting berada di galeri buku tentang keris ini. Disana semua sejarah keris bisa dibaca sembari langsung melihat wujud langsung dari keris tersebut.

Replika proses pembuatan dan tata krama keris.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana proses pembuatan keris, bisa melongok ke lantai tiga museum ini. Ada diorama yang memperlihatkan bagaimana sebuah keris dibuat pada era Borobudur. Lengkap dengan sesajen apa yang wajib ada selama proses pembuatannya. Lalu ada pula patung lelaki berpakaian Jawa lengkap dengan keris yang diletakkan sesuai kegiatan yang akan dikunjungi laki-laki Jawa tempo dulu dan masih dipraktekkan hingga saat ini.

Tak akan sia-sia perjalananmu dengan sewa bus pariwisata ke objek wisata museum keris Solo ini. Karena banyak hal baru yang didapat, mulai dari sejarah keris, hingga seperti apa penggunaannya di masa lalu. Ditambah pula kamu bisa melihat langsung keris termahal hingga tersakti di Indonesia hanya di museum ini.. .

Skip to toolbar