Musim Penghujan Datang, Pastikan Rumahmu Aman Dengan Langkah Tepat

Musim Penghujan Datang, Pastikan Rumahmu Aman Dengan Langkah Tepat

Memasuki musim penghujan banyak hal yang perlu dilakukan agar rumah tetap menjadi tempat paling nyaman untuk ditinggali. Apalagi di kawasan yang rawan banjir dan bencana yang merupakan imbas dari musim hujan lainnya. lantas apa saja yang harus dilakukan agar rumah tetap aman dan nyaman?

Perhatikan Atap Hingga Saluran Air

 

Masalah yang harus diantisipasi saat musim hujan adalah kebocoran, jadi sebelum musim itu datang pastikan kondisi atap tak bocor, dinding tidak lembab, saluran air lancar, dan ketinggian rumah aman dari banjir.

  • Kondisi Atap

Mengganti atap bocor dengan yang baru, atau memberi lapisan anti bocor pada bagian-bagian yang rentan bocor adalah hal penting dilakukan jelang musim hujan. Jika tidak, maka kebocoran akan mengganggu aktivitasmu di dalam rumah. pastikan untuk melakukan pengecekan dengan detil agar tidak ada bagian atap yang menyisakan kebocoran.

  • Dinding

Dinding lembab merupakan indikasi adanya kebocoran, apalagi jika sudah sampai membuat gorden jendela, kursi, atau bahkan lantai menjadi lembab. Langkah tepat yang perlu dilakukan adalah mengelupaskan bagian lembab, lalu beri cairan anti jamur dan olesi dengan lapisan anti bocor.

  • Saluran Air

Saluran air juga harus diperhatikan, lakukan pembersihan dari sampah-sampah agar ketika hujan turun deras tak mengalami penyumbatan yang akan menyebabkan air meluap dan banjir. Lakukan juga pada saluran wastafel dan kamar mandi.

  • Ketinggian Rumah

Di kawasan rawan banjir, lantai tinggi ketimbang teras adalah salah satu solusi agar banjir tidak masuk ke rumah. jika rasanya lantai rumahmu masih agak rendah, tak ada salahnya meninggikannya agar lebih aman saat musim hujan nanti. Kalau tidak, maka banjir akan membasahi bagian dalam mulai dari lemari, furniture hingga gorden jendela yang menjuntai.

Jadi pastikan rumahmu sudah siap menghadapi musim penghujan sederas apapun, dengan menerapkan empat langkah di atas. Lakukan sesegera mungkin agar dampaknya tak membuatmu kewalahan nantinya. Seperti harus kewalahan menjemur furnitur jika terkena banjir, mencuci gorden jendela dan pintu yang terkena rembesan atap bocor, atau mengepel bekas lumpur di lantai.

Skip to toolbar