Tips Menata Berkas Kantor Dengan Cepat , Anti Buang – buang Waktu!

Apakah Anda pernah sulit mencari berkas tertentu karena lupa menyimpan atau terselip di antara berkas-berkas lain? sedangkan saat itu Anda sedang sangat membutuhkannya? Sangat menyebalkan bukan? Dan tentu saja kejadian seperti itu akan merusak mood Anda dan membuat pekerjaan Anda tidak maksimal bahkan tidak selesai.

menata-berkas-kantor

Berkas yang menumpuk sudah menjadi masalah yang lumrah bagi para karyawan kantor. Hal ini dikarenakan seringnya masuk pekerjan dengan posisi masih menyimpan pekerjaan lain. Maka dari itu upaya menata berkas sebaik mungkin sangatlah penting untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Tips Mudah Menata Berkas Kantor

Kerapihan berkas kantor dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut tips mudah menata berkas kantor:

1. Susun berdasar kategori

Berkas kantor pastilah tidak hanya satu perihal saja, maka dari itu kategorikan berkas kantor berdasarkan kriteria tertentu sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Misalnya Anda dapat mengkategorikan berkas berdasarkan hal tertentu atau tanggal masuk berkas.

2. Beri label

Setelah Anda mengkategorikannya, tidak cukup hanya dengan menyimpannya begitu saja di atas meja kerja atau di tempat tertentu, tapi cobalah beri label untuk semakin mudah memisahkan antar berkas berbeda sehingga Anda akan semakin mudah menemukannya.

3. Warna map

Selain menggunakan label, Anda juga dapat memisahkan antar berkas dengan menggunakan warna map yang berbeda. penggunaan warna map yang berbeda khusus untuk berkas yang memiliki perihal yang pasti baik itu hal nya maupun jumlahnya. Karena jika perihalnya banyak dan tidak tentu, menggunakan map berwarna malah akan menyulitkan Anda.

4. Rak khusus

Jika meja kerja Anda termasuk meja minimalis yang akan memberikan kesan sesak dan sempit jika disimpan beban berkas, maka solusinya adalah gunakan rak khusus berkas. Selain berfungsi untuk tidak menggangu meja, rak khusus juga bertujuan untuk menempatkan berkas di tempat khusus sehingga berkas tidak tercecer di mana saja. Hal ini tentu saja akan semakin mempermudah pekerjaan Anda.

5. List

Setelah Anda mengkategorikan berkas menggunakan label maupun warna, langkah yang tidak boleh Anda lewatkan adalah membuat list. List akan berguna ketika kondisi tertentu terjadi seperti label hilang atau lupa warna map berkas tertentu.

6. Meja kantor

Meja kantor juga dapat menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk menyimpan berkas agar rapih. Menyimpan berkas di meja bukanlah di atas meja, melainkan di rak meja. Ya, gunakanlah meja multifungsi yang memiliki banyak rak di bagian bawahnya (kaki meja) untuk menyimpan berkas.

Beberapa produk meja memiliki rak kecil dan rak besar. rak kecil biasanya difungsikan untuk alat-alat kerja seperti gunting, pen, penghapus dan lain-lain. sedangkan rak besar berffungsi untuk menyimpan berkas-berkas. Menggunakan meja jenis ini akan membantu menyelesaikan pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

Skip to toolbar