cara live di tiktok

Cara Live Streaming di Tiktok

Live steaming memang akhir-akhir ini digandrungi anak muda, mungkin salah satu diantaranya adalah kalian?. Termasuk juga live streaming atau siaran langsung yang dilakukan menggunakan aplikasi Tiktok.

Aplikasi Tiktok saat ini sudah menyematkan fasilitas berupa siaran langsung. Fasilitas tersebut tidak sembarangan akun boleh mempergunakannya. Harus akun-akun tertentu yang bisa melakukan live streaming di Tiktok.

Terlebih lagi Tiktok memberikan syarat untuk penggunanya yaitu Follower harus sekian ribu. Mungkin saja alasan Pihak Tiktok memberikan syarat adalah karena kalau pengikut kalian cuma sedikit, mau siapa yang nonton?, sedangkan kalau pengikut Tiktok kalian banyak maka akan ditonton banyak orang.

Namun ada juga lho yang sudah memenuhi syarat follower banyak tapi tidak bisa ngelive. Nah untuk solusinya, kalian bisa ikuti langkah-langkah yang berhasil kami kutip dari TeknoHow.

Cara Mengatasi Tiktok Tidak Bisa Siaran Langsung

Berikut ini langkah-langkah yang harus kalian terapkan:

1. Pastikan Follower Banyak

Sebelum memulai, pastikan terlebih dahulu bahwa pengikut kalian memang sudah banyak. Katakanlah pengikut kalian ada 500 ribu, maka kalian bisa lanjut.

Oke deh kalau 500 ribu terlalu sulit, minimal pengikut 100 ribu biar kalian bisa mengikuti langkah-langkah ini.

Nah untuk pengikut yang jumlahnya masih dibawah 100 ribu, mohon menunggu hingga 100 ribu ya, biar bisa merasakan siaran langsung dengan aplikasi Tiktok.

2. Pastikan Umur Sesuai Syarat

Pihak Tiktok memberikan persyaratan yang wjaib dipenuhi penggunanya, termasuk kalian. Apabila kalian masih dibawah umur 16 tahun maka kalian tidak diperbolehkan untuk live streaming.

Nah jika kalian sudah dirasa umurnya diatas 16 tahun, sah-sah saja bersiaran langsung menggunakan Tiktok.

3. Buka Pengaturan Tiktok

Setelah kalian memenuhi persyaratan yang telah kami sebutkan tadi, selanjutnya kalian buka aplikasi Tiktok.

Didalam aplikasi Tiktoknya kan ada Profil, nah ketuk dan masuk pada profil kalian. Selanjutnya pilih menu Pengaturan (Pasti kalian sudah tau letaknya dimana).

Bagi kalian yang belum tahu, letaknya ada di ikon titik tiga sudut kanan atas layar hp. Ketuk ikon tersebut nantinya bakal mengarah ke tampilan menu Pengaturan Tiktok.

4. Laporkan Masalah

Melaporkan kepada pihak Tiktok akan sangat membantu akun kalian supaya ada tombol atau fasilitas Live Streaming. Nah untuk itulah berikut cara melaporkan masalah terkait fitur live streaming Tiktok tidak bisa:

  1. Ketuk opsi Laporkan Masalah
  2. Teruskan pada menu Siaran Langsung
  3. Selanjutnya pilih menu Menonton Siaran Langsung
  4. Kemudian pilih lagi pada menu Lainnya
  5. Setelahnya ketuk menu yang bertuliskan “Masih Ada Masalah”
  6. Nantinya akan muncul formulir, disini kalian tinggal mengisikan formulir dan bukti screenshot bahwa akun kalian sudah memenuhi syarat streaming namun tak kunjung bisa menggunakan fitur tersebut
  7. Langkah terakhir tinggal ketuk tombol “Laporkan” untuk mengirim pesan kepada tim Tiktok

Cara Live Streaming Di Tiktok

Selepas kalian sudah berhasil mengatasi akun Tiktok yang tidak bisa menggunakan fitur Live. Selanjutnya adalah menggunakan fitur tersebut. Nah bagi kalian yang belum tau caranya, berikut cara live streaming di Tiktok:

  1. Buka aplikasi Tiktok
  2. Ketuk menu berikon (Plus +)
  3. Kemudian cari menu Live, umumnya berada dideretan menu-menu lain dipaling bawah dekat tombol recording
  4. Lalu tekan tombol bertuliskan “Mulai Siaran Langsung”

Secara otomatis kalian sudah menyiarkan secara langsung kegiatan atau hal-hal lain kepada pengikut kalian. Jadi live streaming akan terus berjalan sesuai keinginan kalian. Sewaktu ingin berhenti, kalian tinggal tekan tombol “Akhiri Siaran Langsung”.

Nah mudah kan cara mengatasi Tiktok tidak bisa live streaming ini. Apabila masalah ini masih tak kunjung reda, sebaiknya restart ponsel dulu deh.