Apa itu merek dagang?

Tata Cara Pendaftaran Merek Dagang HKI - Faktor Hukum Indonesia


Merek dagang dapat berupa kata, frasa, simbol, desain, atau kombinasi dari hal-hal ini yang mengidentifikasi barang atau jasa Anda. Begitulah cara pelanggan mengenali Anda di pasar dan membedakan Anda dari pesaing.

Kata “merek dagang” dapat merujuk pada merek dagang dan merek layanan. Merek dagang digunakan untuk barang, sedangkan merek layanan digunakan untuk layanan.

Merek dagang:

  • Mengidentifikasi sumber barang atau jasa Anda.
  • Memberikan perlindungan hukum untuk merek Anda.
  • Membantu Anda menjaga dari pemalsuan dan penipuan.


Kesalahpahaman yang umum terjadi adalah memiliki merek dagang berarti Anda memiliki kata atau frasa tertentu secara hukum dan dapat mencegah orang lain menggunakannya. Namun, Anda tidak memiliki hak atas kata atau frasa secara umum, hanya atas bagaimana kata atau frasa tersebut digunakan dengan barang atau layanan Anda secara spesifik.

Misalnya, Anda menggunakan logo sebagai merek dagang untuk bisnis pertukangan kecil Anda untuk mengidentifikasi dan membedakan barang atau jasa Anda dari barang atau jasa lain di bidang pertukangan. Ini tidak berarti Anda dapat menghentikan orang lain menggunakan logo serupa untuk barang atau jasa yang tidak terkait dengan pengerjaan kayu.

Kesalahpahaman umum lainnya adalah meyakini bahwa memilih merek dagang yang hanya menggambarkan barang atau jasa Anda itu efektif. Merek dagang yang kreatif dan unik lebih efektif dan lebih mudah dilindungi. Baca lebih lanjut tentang merek dagang yang kuat.

Memiliki merek dagang vs. memiliki merek dagang terdaftar

Anda menjadi pemilik merek dagang segera setelah Anda mulai menggunakan merek dagang Anda dengan barang atau jasa Anda. Anda menetapkan hak dalam merek dagang Anda dengan menggunakannya, tetapi hak tersebut terbatas, dan hak tersebut hanya berlaku untuk wilayah geografis tempat Anda menyediakan barang atau jasa. Jika Anda menginginkan hak nasional yang lebih kuat, Anda harus mengajukan permohonan untuk mendaftarkan merek dagang Anda kepada kami.

Anda tidak diharuskan untuk mendaftarkan merek dagang Anda. Namun, merek dagang terdaftar memberikan hak dan perlindungan yang lebih luas daripada merek yang tidak terdaftar.

Misalnya, Anda menggunakan logo sebagai merek dagang untuk perhiasan buatan tangan yang Anda jual di pasar petani setempat. Saat bisnis Anda tumbuh dan Anda berkembang secara online, Anda mungkin menginginkan perlindungan lebih untuk merek dagang Anda dan memutuskan untuk mengajukan pendaftaran federal. Mendaftarkan merek dagang Anda dengan kami berarti Anda menciptakan hak nasional atas merek dagang Anda.

Menggunakan simbol merek dagang TM, SM, dan ®
Setiap kali Anda menggunakan merek dagang Anda, Anda dapat menggunakan simbol dengannya. Simbol tersebut memungkinkan konsumen dan pesaing mengetahui bahwa Anda mengklaim merek dagang tersebut sebagai milik Anda. Anda dapat menggunakan “TM” untuk barang atau “SM” untuk layanan meskipun Anda belum mengajukan permohonan untuk mendaftarkan merek dagang Anda.

Setelah Anda mendaftarkan merek dagang Anda pada kami, gunakan ® dengan merek dagang tersebut. Anda dapat menggunakan simbol pendaftaran di mana saja di sekitar merek dagang, meskipun sebagian besar pemilik merek dagang menggunakan simbol dengan cara superskrip atau subskrip di sebelah kanan merek dagang. Anda hanya dapat menggunakan simbol pendaftaran dengan merek dagang untuk barang atau jasa yang tercantum dalam pendaftaran merek dagang federal.

Lindungi merek Anda dari semua persaingan dan dalam kondisi apa pun. Hubungi Jasa Merek Dagang di payungpaten.com