Apa Saja Jenis Uang Dan Klasifikasinya?

Apa Saja Jenis Uang Dan Klasifikasinya? – Kali ini Kami akan membahas tentang jenis-Jenis Uang dan juga klasifikasinya. Penukar memiliki banyak jenis yang dikategorikan berdasarkan jenis, manufaktur, dan nilainya.

Berdasarkan fungsi dan kegunaannya

Jika dilihat berdasarkan fungsi dan kegunaannya, uang dapat dikategorikan menjadi uang kartal dan uang giral.

Uang Kartal, yaitu alat pembayaran yang sah dan juga wajib digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi atau jual beli dalam kehidupan sehari-hari. Mata uang juga dikenal sebagai mata uang bersama.

Uang Giral, yaitu uang rakyat berupa titipan atau uang titipan yang bisa atau dapat ditarik atau dibawa sewaktu-waktu.

Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Uang Logam, yaitu terbuat dari logam. Awalnya, koin ini dibuat menggunakan emas atau perak, yang nilainya (nilai intrinsik dan juga nilai cetak) ditentukan oleh kadarnya.

Uang Kertas, yaitu uang terbuat dari kertas.

Berdasarkan Nilainya

Uang Penuh atau bisa disebut (full bodied money), yaitu jika nilai uang yang tercantum sama dengan nilai bahan dari mana uang itu dibuat. Misalnya koin.
Uang Token atau bisa disebut (token money), yaitu jika nilai uang lebih tinggi dari nilai bahan yang digunakan. Misalnya uang kertas.

Selain itu, uang juga berfungsi sebagai alat ukur yang dapat mempengaruhi struktur dan pertumbuhan perekonomian suatu negara. Demikianlah ulasan tentang apa saja jenis uang dan klasifikasinya? semoga bermanfaat.

Sumber: Jasa pembuatan website murah