Universitas Negeri di Jawa Barat

Universitas Negeri di Jawa Barat

Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Bandung. Berkembangnya Sejarah membuktikan bahwa Provinsi Jawa Barat adalah sebuah Provinsi pertama yang dibentuk di wilayah Indonesia. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Bagian barat laut provinsi Jawa Barat berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta, ibu kota negara Indonesia. Jawa Barat merupakan Provinsi yang paling besar jika di bandingkan dengan Provinsi-Provinsi yang berada di Pulau Jawa. Dengan Luas wilayah  daratan 3.710.061,32 hektar dan jumlah penduduk pada tahun 2011 mencapai 46.497.175 jiwa. Provinsi Jawa Barat juga telah banyak mendapatkan beberapa Penghargaan dan Prestasi. Sudah 107 Penghargaan dan Prestasi yang sudah di torehkan di Provinsi ini. Selain Pariwisata, Seni Budaya Sumber Daya Alam dan Industri Kreatif Jawa Barat juga termasuk Provinsi Pusat Pendidikan selain kota Yogyakarta dan Jakarta tepatnya di Kota Bandung yang merupakan Ibukota dari provinsi ini. Jawa barat juga salah satu provinsi yang mengedepankan pendidikannya. Kota yang sudah terkenal dengan Modenya ini juga banyak memiliki Perguruan Tinggi yang sudah di bilang sangat maju. Adapun perguruan tinggi terfavorit mulai dari perguruan tinggi negeri sampai perguruan tinggi swasta. Para calon mahasiswa di jawa barat bahkan di luar jawa barat yang menginginkan untuk kuliah di Universitas Negeri di Jawa Barat ataupun universitas swasta.

Universitas Negeri di Jawa Barat

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik 2017

Universitas Negeri di Jawa Barat

Dengan perkembangan perguruan tinggi (PTN) yang sangat pesat karena penggalakan pembangunan di sector pendidikan, perguruan tinggi negeri terus melakukan perbaikan mulai dari mutu pendidikannya ataupun kualitas pendidikannya. Dengan daya bersaing yang sangat tinggi antar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta membuat daftar peringkat perguruan tinggi di Indonesia selalu berganti – ganti. Untuk mendapatkan banyak mahasiswa yang belajar di kampus, perlu adanya keunggulan tertentu yang pastinya berbeda dengan kampus lainnya. Di jawa barat sudah banyak perguruan tinggi negeri yang memiliki keunggulan tertentu, sehingga banyak perguruan tinggi negeri di jawa barat yang menjadi kampus terfavorit, bahkan mahasiswa yang ada di kampus tersebut tidak berasal dari jawa barat saja melainkan dari seluruh Indonesia. Berikut adalah daftar Universitas Negeri di Jawa Barat yang menjadi favorit calon mahasiswa :

Daftar Universitas Negeri di Jawa Barat

  1. Institute agama islam negeri syekh nurjati, Cirebon
  2. Institute pemerintah dalam negeri sumedang
  3. Institute pertanian bogor
  4. Institute teknologi bandung
  5. Politeknik kesehatan kemenkes bandung
  6. Politeknik manufaktur bandung
  7. Politeknik negeri sukabumi
  8. Sekolah tinggi kesejahteraan social
  9. Sekolah tinggi pariwisata bandung
  10. Sekolah tinggi seni Indonesia bandung
  11. Sekolah tinggi teknologi tekstil
  12. Sekolah tinggo transportasi darat
  13. Universitas Indonesia
  14. Universitas islam negeri sunan gunung djati bandung
  15. Universitas padjadjaran bandung
  16. Universitas Pendidikan Indonesia
  17. Universitas siliwangi tasikmalaya
  18. Universitas singaperbangsa karawang

Dalam daftar diatas ada beberapa kampus yang menjadi terbaik dalam Universitas Negeri di Jawa Barat khususnya di bandung. Berikut ada ulasan kampus terbaik tersebut :

  1. Institut Teknologi Bandung

Institute teknologi bandung telah diresmikan pada tanggal 2 bulan Maret tahun 1959, dan berstatus sebagai perguruan tinggi negeri. Sampai tahun 2010, ITB udah punya empat program studi yang terakreditasi secara internasional dari salah satu lembaga akreditasi independen Amerika Serikat ABET. Menurut peringkat kepopuleran sebuah perguruan tinggi di dunia maya, ITB masih menjadi perguruan tinggi terpopuler di Indonesia. Hingga pertengahan Juli 2012, ITB menempati peringkat ke-13 di lingkup Asia, dan peringkat ke-82 di dunia.

  1. Universitas Padjadjaran

Pada tanggal 11 September 1957 Universitas Padjadjaran secara resmi didirikan lewat Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1957, dan telah diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 September 1957.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia

UPI adalah perguruan tinggi yang menganut sistem multikampus yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Universitas ini didirikan pada tanggal 20 bulan Oktober tahun 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Awalnya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), pada tanggal 1 Mei 1963 dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 1 tahun 1963, yang melebur FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) sebagai satu satunya lembaga pendidikan guru tingkat universitas. Dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan, IKIP Bandung diubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia lewat Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999 tertanggal 7 Oktober 1999.

  1. Telkom University

Telkom University berdiri pada tanggal 14 Agustus 2013 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013. Universitas Telkom merupakan sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang di selenggarakan oleh Yayasan Pendidikan dari Telkom, dan merupakan penggabungan dari empat Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

  1. Universitas islam negeri sunan gunung djati

Berdirinya Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tidak terlepas dari IAIN Sunan Gunung Djati Bandung karena UIN merupakan pengembangan dari IAIN SGD Bandung. IAIN SGD Bandung didirikan pada tanggal 8 Agustus 1968 M bertepatan dengan 10 Muharram 1388 H berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 56 Tahun 1968. Berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 57 Tahun 2005, tanggal 10 bulan Oktober tahun 2005, bertepatan dengan tanggal 6 Ramadhan 1426 H, IAIN berubah statusnya menjadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

  1. Polman bandung

Tahun 1976 pemerintah Indonesia dan pemerintah Konfederasi Swiss, yang dalam pelaksanaannya Pemerintah Indonesia diwakili oleh ITB dan Pemerintah Swiss diwakili Swisscontact membuat kerjasama bilateral dalam bidang pendidikan, yang diwujudkan dalam lembaga pendidikan politeknik di Indonesia. Hasil dari kerja sama inilah dibentuk sebuah politeknik yang diberi nama Politeknik Mekanik Swiss – ITB yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr.Sjarif Thajeb pada tanggal 24 Maret 1977. Politeknik Mekanik Swiss – ITB (PMS-ITB) bertransformasi menjadi Politeknik Manufaktur (POLMAN) sekarang.

  1. Politeknik negeri bandung

Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) adalah sebuah perguruan tinggi advokasi negeri yang terletak di Jl. Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Parongpong, Bandung Barat. Polban dahulunya bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung karena berada dalam naungan ITB, tapi sejak tahun 1999 menjadi institusi mandiri berpisah dari ITB dan namanya berubah menjadi Politeknik Negeri Bandung.