Buku Panduan Singkat Puasa Ramadhan dari niat waktu Sahur Sampai imsak Berbuka by pengacara perceraian balikpapan penajam samarinda

Artikel by pengacara perceraian hp/wa 08123453855 balikpapan penajam samarinda tentang Panduan Singkat Puasa Ramadhan dari niat waktu Sahur Sampai imsak Berbuka.

buku panduan lengkap berpuasa

buku panduan puasa lengkap

buku tentang puasa pdf

download buku tentang puasa

download materi puasa

buku panduan kegiatan ramadhan

amalan ramadhan pdf

buku seputar ramadhan

Kaum muslimin, tanpa terasa kita sudah berada di awal-awal ramadhan, bulan yang dilimpahi dengan kebaikan dan keberkahan dari Allah Azza Wajalla. Pada bulan suci ini, setan-setan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. 

Description: jika bulan ramadhan datang.png
bulan ramadhan dibuka pintu sorga

Makna dari ‘Suffidatis Syayathiin’ (dibelenggulahsetan-setan) adalah ‘Maradatus Syayathiin’ (setan-setan yang jahat). Adapun setan yang disebutkan dalam hadits :

Description: sesungguhnya setan mengalir.png
setn mengalir dalam darah

Maka setan tersebut adalah setan yang bertugas menggoda dan mengajak manusia kepada kejelekan, dan setan ini tidak terbelenggu.

Penjelasan Singkat Tata Cara Puasa Ramadhan dari Sahur Sampai Berbuka

1.Niat Puasa

Bagi seseorang yang hendak melaksanakan puasa wajib (puasa ramadhan, puasa qodha, dll), maka dia harus meniatkan untuk puasa di malam harinya, bahkan walaupun dia baru meniatkan sesaat sebelum adzan subuh di waktu sahur.  Hal ini telah ditegaskan dalam sebuah hadits, di mana beliau Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

Description: tidak ada puasa bagi yang tidak meniatkan di malam hari.png
niat puasa ramadhan

Tapi ingat, yang dimaksud dengan berniat di sini bukanlah melafazhkan niat. Sebab, niat bermakna maksud dan tempatnya hanyalah di dalam hati.

Para ulama menyebutkan terkait meniatkan puasa di malam hari, bahwa diperbolehkan bagi seseorang untuk saat berniat pertama kali untuk meniatkan sekaligus selama sebulan ramadhan. Jadi tidak harus meniatkannya secara tersendiri di malam hari untuk setiap hari di bulan ramadhan.

2.Makan Sahur

Disyariatkan bagi setiap muslim yang hendak berpuasa ramadhan untuk bersantap sahur. Sebab, disamping lebih memberikan kekuatan saat berpuasa di siang harinya, juga terdapat keberkahan di dalam sahur.

Description: maka bersahurlah kalian.png
makan sahur terdapat barokah

Jika tidak memiliki apapun untuk dijadikan sebagai hidangan sahur, maka sebaiknya tetap bersahur meskipun cuma minum seteguk air.

Description: bersahurlah kalian walau seteguk air.png
tidak sahur seteguk air

3.Waktu Menahan

Saat bersahur, kita bisa makan dan minum sampai adzan pertanda waktu sholat subuh berkumandang. Sebab, patokan waktu mulai menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa bukanlah waktu imsak, tapi masuknya waktu sholat subuh yang ditandai dengan adzan subuh.  Hal ini telah disebutkan dalam hadits Al-Bukhary (1918) dan Muslim (1092).

4.Berbuka Puasa

Saat mulai menahan diri dari berbagai pembatal puasa, hendaknya kita bersungguh-sungguh menjalani ibadah puasa dan tidak lupa memperbanyak ibadah dan ketaatan kepada Allah Azza Wajalla. Selain menahan diri dari pembatal-pembatal puasa, hendaknya kita juga menahan diri dari hal-hal yang sia-sia dan tidak berfaedah.

Waktu berbuka puasa di mulai saat matahari terbenam yang ditandai dengan berkumandangnya adzan maghrib. Jika bulatan matahari sudah terbenam semua, berarti waktu berbuka puasa sudah masuk. Jadi, meskipun di sekitar kita terlihat masih terang, tapi jika sudah bisa dipastikan semua bulatan matahari terbenam, disyariatkan untuk segera berbuka puasa. Sebab, mempercepat buka puasa dan mengakhirkan sahur merupakan penyebab kebaikan ummat ini.

Description: senantiasa kebaikan ketika menyegerakan sahur.png
hadits segera berbuka

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *