DIRECT MANIPULATION

Direct manipulation adalah  Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer . Karakteristik sistem manipulasi langsung: – obyeknya nampak – cepat, bisa dibalik-balik, aksi yang inkremental – menggantikan syntaks sistem perintah (command entry) yang kompleks denganmanipulasi… Continue reading

Respon Time and Error Handling

Respon Time Waktu Tanggap ( Response Time) adalah waktu tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. Secara umum, pengguna menginginkan bahwa program aplikasinya dapat memberikan waktu tanggap yang sependek – pendeknya. Tetapi waktu tanggap yang baik memang tidak dapat ditentukan, karena ada beberapa aspek… Continue reading

NATURAL LANGUAGE & COMMAND LINE

Natural LanguageNatural Language atau Bahasa natural adalah bahasa yang umum digunakan oleh manusia untuk saling berkomunikasi. Bahasa natural dalam komputer digunakan untuk mempresentasikan suatu pesan menggunakan bahasa manusia untuk berkomunikasi dengan komputer. salah satu contoh Bahasa Natural yang ada pada komputer yaitu Chatbot. Aspek Utama Natural Language Syntax: menjelaskan bentuk… Continue reading

Pesan kesalahan dan Presentasi

Harapan saya adalah setelah membaca tulisan ini anda bisa mengetahui dan mempraktekkan…. Eiiitsss, salah! maksud saya adalah menghindari kesalahan-kesalahan. Pesan kesalahan Hal-hal yang perlu dihindari pada pembentukan pesan kesalahan : “Tekanan” (suara atau pesan) keras yang menyalahkan user Pesan terlalu  generik (contoh : WHAT?, SYNTAX ERROR) Pesan yang sulit dimengerti (contoh… Continue reading

Daya Guna Dalam IMK

A. Pengertian Daya Guna Menurut ISO daya guna adalah tingkat produk dapat digunakan yang ditetepkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunakan (ISO,1998).  Menurut ISO 1998, daya guna atribut terdiri dari : Efektifitas :  ketelitian dan kelengkapan dimana user mencapai tujuan. Efisiensi : sumber daya… Continue reading

Desain dalam IMK

Prinsip Design Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari… Continue reading

USER PROFILE

User Profile Tujuan akhir dari sistem interaktif adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektifvitas performansi user dalam pekerjaannya. Performansi didefinisikan sebagai waktu dan usaha untuk menyelesaikan tugas.  Designer Designer sering sering memfokuskan perancangan UI hanya pada satu fase.  Short command mengoptimalkan Response phase, tetapi menyebabkan Read-scan phase dan Think phase menjadi… Continue reading

Aspek-aspek Dalam IMK, Faktor Pendewasa IMK (HCI) dan Manusia

Aspek-aspek dalam IMK Use and Context of Computers (U) U1. Social Organization and Work : IMK dalam kegunaannya bagi manusia sebagai makhluk sosial dalam konteks kerja. U2. Application Areas: berkaitan dengan karakteristik dalam area aplikasi U3. Human-Machine Fit and Adaptation: Adaptasi dan kesesuaian antara manusia dengan mesin yang dibangun.  Human… Continue reading

Apa Itu Interaksi Manusia dan Komputer? (IMK)

Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif… Continue reading