DIRECT MANIPULATION

Direct manipulation adalah  Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer .

Karakteristik sistem manipulasi langsung:

– obyeknya nampak

– cepat, bisa dibalik-balik, aksi yang inkremental

– menggantikan syntaks sistem perintah (command entry) yang kompleks denganmanipulasi obyek secara langsung.

Penerapan Direct Manipulation

a.Kontrol Proses : suatu proses kegiatan yang ditampilkan pada layar komputer sehingga memudahkan operator dan memberikan kenyamanan dalam melakukan kegiatan.

b.Editor text : pengolahan data yang memberikan kemudahan kepada pengguna sehingga memberikan hasil cetakan seperti yang diharapkan pengguna.

c.Simulator : sistem miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu sistem dan dapat dipelajari sehingga memberikan informasi tentang pelaksanaan kegiatan.

d.Perancangan berbasis komputer : program aplikasi yang dapat melakukan perancangan suatu sistem.

Contoh – Contoh Sistem Direct Manipulation

1.  Command-line vs display editor vs word processors

  • Pada tahun 1980-an, mengedit teks dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi baris (command-line).
  • Dengan display editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang.
  • Awal tahun 1990-an, word processor yang bersifat WYSIWYG (What You See Is What You Get) diperkenalkan.

Beberapa Kelebihan WYSIWYG (What You See Is What You Get) Word Processor:

  • Menampilkan sehalaman penuh teks.
  • Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.
  • Menampilkan aksi kursor yang terlihat.
  • Menggunakan ikon berlabel.
  • Menampilkan hasil aksi segera.
  • Memberikan respons dan tampilan yang cepat.
WYSIWYG word processing editor : Microsoft Word 2007

ž2. Spreadsheet

yaitu lembar kerja yang menampilkan datA dan dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris.

Contoh: Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.

3.Video games

yaitu bidang aksi visual yang membangkitkan minat. Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung terlihat.

4.Spatial Data Management

yaitu representasi dalam bentuk peta, digunakan dalam sistem informasi geografis. Contohnya : Google Maps

Ikon adalah gambar atau simbol yang mewakili suatu konsep

žPedoman perancangan ikon:

  • Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal.
  • Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya.
  • Pertimbangkan ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian.
  • Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.
  • Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain
  • Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon.
  • Rancang animasi pergerakan ikon.
  • Tambahkan informasi rinci.

Keuntungan Penggunaan Dialog Berbasis Direct Manipulation. ž

  • Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata.
  • žMengurangi waktu pembelajaran.
  • žMemberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata.
  • Penampilan visual yang bagus.
  • Mudah dioperasikan.
  • Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung

Kerugian Penggunaan Dialog Berbasis Direct Manipulation

  • žMemerlukan program yang rumit dan berukuran besar.
  • Memerlukan tampilan grafis ber-kinerja tinggi.
  • Memerlukan piranti masukan seperti mouse, track ball.
  • Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *